Perawatan Akar dan Saraf Gigi - Klinik Gigi SATU Dental

Apa Itu Perawatan Akar dan Saraf Gigi

Perawatan akar gigi atau root canal treatment adalah prosedur yang dilakukan untuk mengobati kerusakan yang terjadi pada rongga gigi seperti syaraf dan pulpa gigi yang teriritasi, gigi atau gusi yang mengalami peradangan, infeksi akibat pembusukan dari dalam gigi, tambalan yang kasar, hingga retakan pada gigi.

Perawatan syaraf gigi dilakukan ketika kerusakan gigi mencapai ruang pulpa gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah.

Ketika pulpa gigi mengalami infeksi atau terluka akibat karies yang dalam, retak pada gigi, atau cedera parah.

Manfaat Perawatan Akar dan Saraf Gigi

• Mengatasi infeksi gigi.
  • Mencegah kehilangan gigi.
  • Meredakan nyeri gigi.
  • Menghilangkan rasa sakit.
  • Mempertahankan fungsi gigi.
  • Mempertahankan gigi asli.
  • Memperbaiki gigi yang mengalami infeksi.
  • Mencegah penyebaran infeksi pada gigi.

Cara Kerja dan Prosedur

Pada tahap ini dokter akan mengecek dan melakukan rontgen paronamic untuk menilai tingkat kerusakan dan infeksi pada pulpa gigi.

Sebelum memulai perawatan, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk memastikan area sekitar gigi mati rasa.

Dokter gigi akan membuat lubang kecil di bagian atas gigi untuk mengakses ruang pulpa di dalamnya, lalu mengangkat jaringan pulpa yang terinfeksi atau terganggu.

Setelah jaringan pulpa diangkat, saluran akar gigi akan dibersihkan secara menyeluruh menggunakan alat khusus seperti limas endodontik dan larutan disinfektan.

Setelah pembersihan, saluran akar gigi akan dibentuk secara hati-hati menggunakan limas endodontik.

Setelah saluran akar dibentuk, dokter gigi akan mengisi saluran akar dengan bahan pengisi yang disebut bahan pengisi saluran akar.

Setelah saluran akar terisi, dokter gigi akan menutup akses yang dibuat sebelumnya dengan bahan pengisi sementara. Bahan pengisi ini akan digantikan dengan tambalan permanen pada kunjungan selanjutnya.

Kenapa Memilih Satu Dental

Perawatan saluran akar gigi melibatkan tindakan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit. Dengan teknologi dan peralatan yang lengkap membantu memberikan rasa aman dan nyaman kepada pasien selama prosedur.

Dokter Gigi Satu Dental

Patient Reviews