Klinik Gigi SATU Dental

beautiful-girl-sitting-dentist-s-office

Agar Tidak Banyak Karang Gigi Menumpuk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Fresh Gen, pastinya kamu pernah dong mengalami sariawan di bagian mulut, lidah, ataupun gusi? Dalam dunia medis, sariawan dikenal dengan nama stomatitis aftosa atau canker sore. Meskipun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, terkadang hal tersebut cukup mengganggu dan membuat mulut terasa tidak nyaman saat mengunyah. Bahkan kepercayaan diri pun bisa hilang dalam sekejap jika sariawan menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.

 

Lantas mengapa sariawan bisa muncul? Mulai dari kekurangan vitamin, tidak sengaja menggigit lidah, kurang menjaga kebersihan mulut, hingga stres menjadi beragam penyebabnya. Biasanya sariawan tidak langsung terasa, namun akan muncul gejala-gejala yang mengganggu aktivitas mulut, seperti menelan dengan rasa tidak nyaman dan ada sensasi terbakar pada lidah. Jika tidak segera ditangani, sariawan bisa saja bertambah banyak dan parah yang akan menyebabkan infeksi berat seperti selulitis. Ada beberapa cara mengatasi nyeri mengganggu sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan.

 

Sariawan yang mengganggu akan membuat kamu makan dengan tidak leluasa serta terus merasakan nyeri di bagian mulut. Setelah mengetahui penyebab sariawan, yuk lakukan hal ini untuk menghilangkan sariawan dengan cepat!

Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Sariawan yang mengganggu akan membuat kamu makan dengan tidak leluasa serta terus merasakan nyeri di bagian mulut. Setelah mengetahui penyebab sariawan, yuk lakukan hal ini untuk menghilangkan sariawan dengan cepat!

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Langkah awal pencegahan sariawan adalah menjaga kebersihan mulut. Penting untuk menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan lidah dengan tongue scraper. Kamu juga bisa menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan dehidrasi. Salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat adalah minum air putih secara rutin. Namun, jangan lupa untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol karena mulut akan kering dan sariawan pun muncul.

 

3. Mengurangi Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dan asam dapat mengganggu lapisan di dalam mulut sehingga bisa menyebabkan sariawan. Rasa pedas akan meningkatkan panas dalam tubuh dan kondisi mulut yang terlalu asam akan memperburuk sariawan. Jadi, agar sariawan cepat sembuh adalah dengan mengurangi makanan pedas dan asam yang berlebihan.

 

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Menghilangkan sariawan dengan cepat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Pada umumnya, sariawan disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B-12, seng, asam folat, dan zat besi. Beberapa buah dan sayuran yang memiliki kandungan tersebut, antara lain jeruk, asparagus, tomat, bayam, dan ubi.

 

5. Menghindari Makanan Manis

Selain menyikat gigi, menggunakan obat kumur dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau. Bahan aktif pada obat kumur membantu melawan serta mencegah pertumbuhan bakteri dan virus di mulut. Selain itu, obat kumur juga mampu mengurangi pembengkakan pada gusi. Pilihlah obat kumur antiseptik organik yang aman digunakan setiap hari.

Rekomendasi obat kumur

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari sariawan. Tiga Lab Mouthwash adalah obat kumur organik yang membantu menjaga kebersihan mulut dan mengurangi plak, serta kotoran di dalam mulut. Selain berfungsi sebagai obat kumur sariawan, Tiga Lab Mouthwash bekerja sebagai antivirus yang meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung bahan-bahan organik, seperti moringa dan propolis. Kamu juga bisa memilih tiga varian rasa agar nafas menjadi lebih segar, antara lain Peppermint, Lemon, dan Lemon Tea.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental