Klinik Gigi SATU Dental

Penyebab Akar Gigi Menjadi Busuk dan Cara Mengobatinya

Penyebab Akar Gigi Busuk dan Cara Mengobatinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pembusukan terjadi bukan hanya pada gigi saja, tetapi akar pada gigi juga bisa mengalami pembusukan. Akar gigi busuk disebabkan oleh beberapa hal dan bisa memicu kondisi yang buruk pada mulut jika tidak segera diberikan penanganan yang benar. Karena itu Satu Dental akan mengupas habis tentang penyebab, akibat, hingga cara mengobati akar gigi busuk.

Table of Contents

Penyebab Akar Gigi Busuk

Akar gigi bisa menjadi busuk bukan semata-mata tanpa alasan. Ada beberapa penyebab akar gigi busuk yang perlu diketahui supaya dapat melakukan pencegahan sejak dini. Berikut ini penyebabnya:

 

  • Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi memang sangat tidak bagus untuk kesehatan gigi hingga ke akarnya. Pasalnya, makanan dan minuman yang manis dapat mempercepat pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Sisa-sisa karbohidrat dari makanan akan digerogoti oleh bakteri dan berubah menjadi asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

 

Tidak berhenti sampai di situ, bakteri juga dapat menggerogoti hingga ke bagian dalam gigi, seperti akar hingga saraf gigi. Menghindari konsumsi makanan dan minuman dengan gula tinggi menjadi pilihan yang terbaik.

 

  • Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Membersihkan gigi dan mulut wajib dilakukan setiap pagi setelah makan sarapan, dan malam hari ketika hendak beristirahat. Menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi yang jika didiamkan dapat menjadi tempat bakteri bertumbuh dengan mudah.

 

Jika tidak membersihkan gigi setiap pagi dan malam, bakteri akan lebih mudah untuk berkembang dan menggerogoti gigi hingga berlubang dan parahnya membusuk sampai ke akar.

 

  • Gigi Berlubang

Akar gigi busuk biasanya juga diawali oleh gigi yang berlubang terlebih dahulu. Seharusnya ketika gigi mulai berlubang, penanganan perlu dilakukan agar lubangnya tidak semakin membesar hingga terkikis habis, dan menyisakan akarnya saja. Akar yang tersisa bisa mengalami infeksi hingga terjadi pembusukan.

 

  • Kurang Air Minum

Kondisi mulut yang kering karena kurangnya konsumsi air minum, bisa juga menjadi memicu pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang jadi lebih cepat, karena produksi air liur yang sedikit.

Akibat Akar Gigi yang Busuk

Akar gigi yang busuk bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal pada mulut dan gigi seperti di bawah ini.

 

  • Bau Mulut

Akar gigi busuk bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mulut, yang merupakan tanda bahwa infeksi sudah masuk ke tahapan yang lebih lanjut. Apabila bau mulut semakin parah, periksakanlah ke dokter untuk ditangani.

 

  • Abses

Bukan hanya kulit saja yang bisa terkena abses, namun bagian akar gigi yang busuk juga bisa menjadi penyebab munculnya abses dalam mulut. Abses tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, pembengkakan, dan juga kesulitan untuk menelan makanan.

 

  • Infeksi pada rahang dan kulit wajah

Jika sudah semakin parah, infeksi bisa menjalar ke rahang dan kulit wajah yang berkaitan dengan akar gigi yang membusuk.

Cara Mengobati Akar Gigi Busuk

Walaupun sudah membusuk, akar gigi masih bisa diberikan penanganan dan diobati agar infeksinya tidak semakin parah dan memperburuk kondisi mulut.

1. Menjaga Kebersihan Akar Gigi

1. Menjaga Kebersihan Akar Gigi

Bersihkan gigi terutama pada bagian akar yang membusuk dua kali sehari, untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa memperparah infeksi dan pembusukan. Pastikan menyikat gigi dengan benar, supaya bakteri dan sisa-sisa makanan terangkat.

2. Cabut Akar Gigi

2. Cabut Akar Gigi

Datang ke klinik gigi untuk cabut akar gigi busuk menjadi solusi paling tepat yang bisa dilakukan, supaya infeksi tidak menyebar sampai menyebabkan komplikasi dan permasalahan pada mulut yang berbahaya.

Klinik Gigi untuk Mengobati Akar Gigi yang Busuk

  • Klinik Gigi Satu Dental City Resort Cengkareng

Konsultasi terkait penanganan akar gigi yang busuk bisa dilakukan di klinik gigi Satu Dental yang beralamat di Jl. City Resort No.61, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Alam Sutera

Jika berada di daerah Tangerang, klinik gigi Satu Dental yang bisa dikunjungi berlokasi di Ruko Jalur Sutera Blok 30D No. 16, Alam Sutera, Tangerang.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Sawangan Depok

Bagi masyarakat Depok, klinik gigi Satu Dental berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Grand Galaxy Bekasi

Bagi yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya, klinik gigi Satu Dental yang bisa dikunjungi untuk mengobati akar gigi berlokasi di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147.



  • Klinik Gigi Satu Dental Kota Wisata Cibubur

Untuk yang ada di daerah Cibubur, klinik gigi Satu Dental tersedia di Ruko Oregon TCR 31, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968.


Akar gigi yang terlanjur busuk banyak memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu melakukan perawatan akar gigi juga penting untuk dilakukan, agar kesehatan mulut terjaga dengan baik. Jika akar gigi yang busuk sudah dicabut, rawatlah gigi dengan baik agar tidak terjadi hal yang sama. Rutin mendatangi klinik gigi setiap 6 bulan sekali dianjurkan untuk melakukan pengecekan dan perawatan gigi.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental