Klinik Gigi SATU Dental

Biaya Bleaching Gigi, Ketahui Harga Hingga Jenis Pengerjaannya!

Harga Bleaching Gigi, Pengertian, Prosedur dan Cara Menjaga Kualitasnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Warna gigi yang sebelumnya kuning bisa menjadi putih lagi dengan berbagai cara yang tersedia saat ini. Salah satunya adalah prosedur bleaching yang banyak direkomendasikan dokter gigi. Dari ulasan yang beredar, banyak orang yang merasa puas dengan bleaching.

Nah, jika perubahan warna gigi atau gigi kuning adalah masalahmu, tampaknya prosedur bleacing merupakan solusi tepat. Namun, supaya tidak kaget dan merasa over budgeting, sebaiknya ketahui terlebih dahulu besaran harga bleaching gigi. Beruntungnya, Satu Dental akan memberikan uraian lengkap terkait hal ini, ya!

Table of Contents

Apa itu Bleaching Gigi?

Sebelum membahas lebih lanjut harga bleaching gigi, penting bagi kamu untuk mengetahui arti bleaching gigi lebih jelas. Dilansir Dentasay, bleaching gigi adalah prosedur esetetika gigi dengan bantuan gel pemutih gigi untuk menghilangkan perubahan warna pada enamel gigi atau perubahan warna gigi akibat konsumsi kopi, teh, dan rokok secara intens.

 

Lebih lanjut, dilansir Health Harvard, terdapat teknologi bleaching terbaru yang disebut power bleaching. Teknologi ini menggunakan bantuan hidrogen peroksida yang sangat pekat sebagai zat pencerah. Menariknya, power bleaching ini bisa memberikan hasil hanya dalam satu sesi. Untuk ke

Prosedur Bleaching Gigi?

Pada dasarnya, terdapat tiga prosedur bleaching gigi. Beberapa di antaranya adalah in-office atau power bleaching, night-guard bleaching atau perawatan gigi di rumah dengan pengawasan dokter, dan penggunaan over the counter atau OTC, seperti melansir National Library of Medicine. 

 

Dari sini kamu tahu, jika prosedur bleaching gigi bisa dilakukan di klinik gigi dan di rumah. Terkait bleaching gigi tahan berapa lama, ini bisa awet mulai 6 bulan sampai 3 tahun. Lantas, prosedur manakah yang terbaik untukmu? Berikut penjelasan sebelum memutuskannya.In-office atau power bleaching

1. In-office atau Power Bleaching

Power bleaching menggunakan zat pemutih gigi konsentrasi tinggi (25-40% hidrogen peroksida). Di sini, dokter gigi yang akan melakukan prosedur ini. Dalam prosedur ini, gel pemutih dioleskan pada gigi setelah mendapat perlindungan jaringan lunak dengan rubber dam atau alternatif, dan peroksida. Selanjutnya ini akan diaktifkan dengan panas atau cahaya selama sekitar satu jam di klinik gigi 

 

Perawatan di klinik akan menghasilkan bleaching gigi yang signifikan setelah hanya satu perawatan. Meski begitu, prosedur lebih lanjut dari dokter tetap perlu diterapkan untuk memperoleh hasil maksimal.

2. Night-guard Bleaching

Pada dasarnya prosedur ini melibatkan penggunaan zat pemutih konsentrasi rendah (10–20% karbamid peroksida, yang setara dengan 3,5–6,5% hidrogen peroksida). Secara umum, direkomendasikan bahwa karbamid peroksida 10% digunakan 8 jam per hari, dan karbamid peroksida 15-20% digunakan 3-4 jam per hari. 

 

Perawatan ini dilakukan oleh pasien sendiri, tetapi harus diawasi oleh dokter gigi selama kunjungan kembali. Gel pemutih dioleskan ke gigi melalui pelindung mulut yang dibuat khusus yang dipakai pada malam hari selama minimal 2 minggu.

3. Over The Counter atau OTC

Prosedur bleaching yang terakhir adalah Over the counter atau OTC. Sebenarnya ini adalah produk pemutih yang dijual bebas dan semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

 

Produk ini terdiri dari zat pemutih konsentrasi rendah (3-6% hidrogen peroksida) yang diterapkan sendiri ke gigi melalui pelindung gusi, strip, atau format produk cat. Over the counter atau OTC juga tersedia sebagai pasta gigi pemutih, baki pra-fabrikasi, strip pemutih, dan pasta gigi, yang bisa digunakan dua kali sehari hingga 2 minggu.

 

Namun, terkait keamaan bahan pemutih ini masih sangat dipertanyakan keamanannya. Pasalnya, beberapa bahan-bahannya belum diatur oleh Food and Drug Administration.

Berapa Harga Bleaching Gigi?

Seperti yang kamu tahu, terdapat tiga prosedur bleaching yang bisa dipilih. Ketiganya tentu memiliki keunggulan tersendiri yang turut memengaruhi besaran harga bleaching-nya. Untuk detailnya, silak cek uraian harga bleaching gigi, seperti melansir Health Harvard.

  • In-office atau power bleaching. Teknik power bleaching, menggunakan bentuk hidrogen peroksida yang sangat pekat sebagai zat pencerah. Namun, pemutihan bersifat sementara. Gigi Anda akan menjadi gelap kembali dalam satu hingga tiga tahun, dan kamu mungkin perlu mengulangi prosedurnya. Adapun harganya bervariasi, mulai Rp1.000.000 sampai Rp5.000.000.

     

  • Night-guard bleaching. Nantinya, dokter gigi akan membuat sarana semacam corong yang telah disesuaikan untuk menampung bahan kimia pemutih (karbamid peroksida atau hidrogen peroksida). Selanjutnya, kamu akan diminta melakukan pemutihan di rumah dengan memasukkan bahan kimia ke dalam corong dan memakainya dengan durasi yang ditentukan. Biasanya sekitar 30 menit sampai beberapa jam setiap hari selama satu atau dua minggu. Prosedur ini umumnya ditawarkan mulai Rp2 .000.000 sampai Rp9.000.000.

     

  • Over the counter atau OTC. Kit ini bekerja dengan prinsip yang sama dengan produk profesional. Kamu dapat mengawalinya dengan berkumur dengan bahan mengandung acid, lalu oleskan gel hidrogen peroksida, dan terakhir lapisi gigi dengan pigmen pemutih. Strip atau kit pemutih gigi ini banyak dijual bebas seharga Rp225.000 sampai Rp600.000.

Cara Menjaga Kualitas Bleaching Gigi

Agar hasil bleaching-mu bertahan lebih lama, terdapat beberapa cara yang bisa kamu terapkan, seperti melansir Lincroft Village Dental. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Hindari makanan yang menodai gigi, seperti kopi, teh, ataupun anggur merah berlebih.
  • Sering-seringlah berkumur setelah mengonsumsi makanan tertentu, utamanya kopi, bluberi, anggur merah, dan makanan yang meninggalkan noda.
  • Kurangi frekuensi merokok karena dapat membuat kualitas bleaching gigi cepat menurun.
  • Gunakan pasta gigi dengan flouride untuk mempertahankan kilauan bleaching-mu.
  • Sering-seringlah melakukan touch up ke dokter gigi agar kualitas bleaching tetap terjaga

Prosedur bleaching gigi bisa menjadi investasi yang bisa memberikan manfaat jangka panjang untuk penampilan dan kepercayaan diri. Meskipun harga bleaching gigi masih banyak dipertimbanglan, tetapi hasilnya bisa sangat memuaskan. 

Dengan gigi yang tampak lebih putih dan cerah, kamu dijamin akan lebih merasa lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain dan memperlihatkan senyuman yang indah. Jika memungkinkan, sebaiknya lakukan treatment bleaching di klinik gigi terpercaya. Semoga ulasan dari Satu Dental di atas bermanfaat untukmu, ya!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental