Klinik Gigi SATU Dental

Berapa Biaya Tambal Gigi Berlubang? Segini Kisarannya

Berapa Biaya Tambal Gigi Berlubang? Prosedur dan Jenis Tambalan Gigi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Berapa biaya tambal gigi berlubang? Pertanyaan ini selalu jadi pertimbangan bagi beberapa orang yang ingin melakukan tambal gigi. Pasalnya, menurut masyarakat awam biaya perawatan gigi cukup menguras kantong. Padahal perawatan gigi sama krusialnya dengan treatment kesehatan lainnya. 

 

Sebagai gambaran, berikut ini Klinik Gigi SATU Dental uraikan kisaran biaya tambal gigi berlubang. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan biayanya. Selain biaya, diuraikan pula prosedur hingga jenis tambal gigi. Simak sampai habis!

Table of Contents

Apa Itu Tambal Gigi

Tambal gigi adalah prosedur perawatan gigi yang digunakan untuk memperbaiki dan memulihkan gigi yang rusak, biasanya akibat karies (gigi berlubang) atau trauma. 

 

Tujuan utama dari tambal gigi adalah untuk mengembalikan fungsi dan bentuk gigi serta mencegah kerusakan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa aspek penting dari prosedur tambal gigi:

Manfaat Tambal Gigi

Tambal gigi adalah prosedur penting dalam perawatan gigi yang membawa berbagai manfaat, terutama untuk memperbaiki dan memulihkan gigi yang rusak. Manfaat utama dari tambal gigi meliputi:

  • Memperbaiki Kerusakan Gigi
    Tambal gigi memperbaiki gigi yang rusak atau berlubang, mengembalikan fungsi normalnya. Ini memungkinkan pasien untuk kembali mengunyah dengan nyaman dan efektif.

 

  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut
    Dengan menutup area yang rusak atau berlubang, tambal gigi mencegah bakteri dan sisa makanan masuk lebih dalam ke dalam gigi, yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan infeksi.

 

  • Mengurangi Sensitivitas Gigi
    Gigi yang berlubang atau rusak seringkali sangat sensitif terhadap suhu (dingin atau panas) dan tekanan. Tambal gigi mengurangi sensitivitas ini, memberikan kenyamanan bagi pasien.

 

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
    Gigi yang tidak ditambal dapat menjadi sumber infeksi yang tidak hanya mempengaruhi gigi itu sendiri, tetapi juga bisa menyebar ke gusi dan tulang di sekitar gigi, serta bagian mulut lainnya.

 

  • Mempertahankan Struktur dan Bentuk Gigi
    Tambal gigi membantu mempertahankan struktur alami gigi yang rusak dengan mengisi ruang yang hilang, sehingga menjaga bentuk dan estetika gigi.

 

  • Mencegah Kehilangan Gigi
    Dengan mengobati gigi yang rusak atau berlubang, tambal gigi dapat mencegah situasi yang lebih serius yang mungkin memerlukan perawatan lebih invasif seperti ekstraksi gigi.

 

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Gigi yang rusak atau berlubang bisa memengaruhi penampilan seseorang dan kepercayaan diri mereka. Tambal gigi, terutama dengan bahan yang sesuai dengan warna gigi asli, dapat memperbaiki estetika gigi dan meningkatkan kepercayaan diri.


Mendukung Kesehatan Umum
Kesehatan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan sistemik, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Menjaga kesehatan gigi dengan tambal gigi bisa berkontribusi pada kesehatan keseluruhan yang lebih baik.

Jenis Tambal Gigi

Sebelum mengetahui biaya tambal gigi berlubang berapa, penting pula untuk memahami jenis tambalannya. Pasalnya, jenis tambal gigi yang dipilih akan memengaruhi keawetannya. Di samping itu, masing-masing jenis pun memiliki kekurangan, kelebihan, dan risiko. 

 

Menurut  Medical News Today, ada beberapa jenis tambal gigi yang umum digunakan, beberapa jenis tambal gigi tersebut adalah tambalan amalgam, tambalan komposit, tambalan ionomer kaca, tambalan emas, dan tambalan porsele.

 

1. Tambalan gigi amalgam.

 

Tambal amalgam terbuat dari campuran berbagai logam; bisa timah, tembaga, dan merkuri. Tambalan ini cocok untuk gigi geraham belakang karena cukup kuat dan tahan lama.

 

Walau demikian, penggunanya tidak disarankan mengonsumsi makanan keras karena dapat memengaruhi keawetannya. 

 

Baca Juga: Gigi Geraham Berlubang: Gejala, Penyebab, dan Penanganan

 

2. Tambalan gigi komposit

 

Jenis tambalan berikutnya adalah tambalan komposit. Material yang digunakan pada jenis tambalan ini terbuat dari campuran resin dan kaca. Oleh karena itu, warna tambalan dari komposit mirip seperti gigi asli. 

 

Sayangnya, tambalan ini harganya cukup mahal. Selain itu, ketahanannya hanya berkisar 5–10 tahun. Menambahkan dari The Food and Drug Administration (FDA), tambalan berbasis resin dapat menyusut seiring waktu sehingga bisa menyebabkan celah antara gigi dan tambalannya.

 

3. Tambalan gigi ionomer kaca.

 

Jenis tambalan berikutnya adalah tambalan ionomer kaca. Material tambalan ini dari akrilik dan kaca sehingga warnanya menyerupai gigi asli. 

 

Dilansir Medical News Today, tambalan ionomer kaca pun dapat melepaskan fluoride yang bisa membantu mencegah kerusakan gigi. Namun, jenis tambalan ini tidak sekuat resin komposit. Ketahannya pun hanya 5 tahunan.

 

4. Tambalan gigi emas.

 

Jenis tambalan berikutnya adalah tambalan emas. Walau warnanya mencolok, jenis tambalan ini cukup banyak diminati. Pasalnya, material ini lebih tahan lama dibandingkan jenis tambalan lainnya. Ketahanannya bahkan bisa 20 tahun atau lebih. 

 

Sayangnya, jika dibandingkan jenis lainnya, tambalan emas lebih mahal. Selain itu, prosedur pemasangannya mungkin memakan waktu. Diperlukan setidaknya dua kali kunjungi untuk menerapkan tambalannya.

 

5. Tambalan gigi porselen.

Jenis tambalan yang terakhir adalah tambalan porselen. Dilansir dari Healthline, jenis tambalan porselen adalah jenis tambalan yang kini juga mulai populer.

 

Tambalan ini terbuat dari porselen yang warnanya dapat disesuaikan dengan gigi asli sehingga terlihat lebih natural. Terkait ketahanannya, tambalan porselen cenderung lebih awet dibandingkan resin. Tambalan ini bisa bertahan hingga 15 tahun. Namun, harganya pun tentu lebih mahal.

Prosedur Tambal Gigi

Setelah memahami jenis tambalannya, penting pula untuk tahu prosedur tambal gigi. Dengan demikian, kamu dapat memahami besaran harga tambal gigi permanen yang dibebankan.

 

Dilansir Webmd, pada dasarnya prosedur tambal gigi tiap pasien bisa berbeda. Hal ini tergantung pada jenis tambalan serta lokasi gigi yang berlubang. Kendati demikian, dokter gigi di klinik maupun rumah sakit umumnya akan melakukan hal berikut:

 

  • Dokter gigi akan menyuntikkan bius lokal di gusi sekitar gigi yang akan ditambal untuk membuatnya mati rasa
  • Dengan menggunakan bor atau alat lainnya, dokter lalu membersihkan lubang pada gigi yang mulai mengalami pembusukan
  • Selanjutnya, dokter akan mengecek bagian tersebut untuk melihat apakah pembusukannya sudah bersih atau belum
  • Jika sudah, dokter lalu menyiapkan ruang untuk tambalan dengan membersihkan rongganya dari kotoran dan bakteri
  • Apabila semua sudah aman, dokter pun akan mulai memasang isian tambalan. Bisa dari material resin, amalgam, maupun emas
  • Umumnya, setelah tambalan masuk, dokter gigi akan memoles dan merapikannya
  • Beberapa langkah tambahan mungkin diperlukan, seperti menyinari isian tambalan agar cepat mengeras
  • Tahap akhir, dokter akan melakukan pengecekan untuk apakah tambalan perlu dipoles lagi atau cukup.

Biaya Tambal Gigi Berlubang

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya tambal gigi berlubang bisa berbeda tergantung pada banyak faktor. Di luar faktor yang disebutkan di atas (jenis tambalan dan lokasi gigi berlubang), tempat melakukan perawatannya pun memengaruhi harganya. 

 

Dilansir banyak sumber, berikut biaya tambal gigi berlubang di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit.

1. Biaya Tambal Gigi Berlubang di Puskesmas

Harga tambal gigi berlubang di puskesmas bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan klinik gigi maupun rumah sakit. Biaya tambal gigi di puerksesmas berkisar Rp30.000 per gigi. 

 

Adapun biaya tambal gigi permanen di puskesmas umumnya mencapai Rp100.000 per gigi. Kendati demikian, harga ini pun bisa berbeda di setiap daerah.

2. Biaya Tambal Gigi Berlubang di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya tambal gigi berlubang di rumah sakit maupun klinik bisa jadi mirip. Namun, lagi-lagi, besaran pastinya tergantung pada tingkat keparahan serta jenis tambalan yang digunakan. 

 

Di luar itu, apabila melakukan tambal gigi di klinik maupun rumah sakit, umumnya dokter pun menyarankan pasien untuk melakukan rontgen. Jika demikian, maka pasien perlu mengeluarkan biaya lebih. 

Adapun biaya tambal gigi permanen di klinik maupun rumah sakit umumnya sekitar Rp200.000 hingga Rp800.000. Sementara itu, harga tambal gigi estetik mulai Rp900.000. 

 

Jika kondisi gigi pasien cukup parah, dokter akan merekomendasikan untuk menggunakan bahan yang lebih mahal. Pada kasus ini, biaya tambal gigi kurang lebih Rp700.000 hingga Rp1.000.000 untuk satu gigi.

3. Biaya Tambal Gigi Berlubang Gratis dengan BPJS

Apabila kamu terdaftar sebagai anggota BPJS, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya, biaya tambal gigi berlubang anak maupun orang dewasa gratis. 

 

Hal ini sesuai pada panduan praktis pelayanan gigi dan prothesa bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan. Adapun jenis tambalan yang dijamin yaitu bahan resin komposit dan ionomer kaca. 

 

Layanan ini bisa diperoleh di faskes I seperti puskesmas, klinik, maupun praktik dokter gigi. Namun, jika faskes I merasa kasus atau masalah gigi berlubang pasien terlalu rumit, maka akan dirujuk ke rumah sakit maupun klinik gigi yang lebih besar. 

 

Sayangnya, perlu diketahui bahwa tidak semua tambal gigi dijamin oleh BPJS. Apabila kamu melakukan tambal gigi berlubang untuk perawatan estetika, maka BPJS tidak menjaminnya.

 

Sekali lagi, besaran biaya tambal gigi berlubang bisa berbeda tergantung pada keparahan hingga jenis tambalannya. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dulu kepada dokter guna mengetahui perawatan yang tepat. Terkait hal itu, kamu bisa mengunjungi SATU Dental, lalu membuat janji temu kepada dokter, ya. Semoga ulasan ini membantu!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental