Klinik Gigi SATU Dental

Biaya Veneer Gigi Paling Umum di Indonesia, Cek Sebelum Treatment!

Biaya Veneer Gigi Paling Umum di Indonesia, Cek Sebelum Treatment!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Penggunaan veneer gigi dikenal sebagai solusi untuk meningkatkan penampilan gigi yang rusak, berlubang, atau memiliki cacat estetik. Tidak jarang, para influencer hingga artis melakukan treatment satu ini untuk menunjang estetika.

 

Namun, sebelum membuat jadwal penanganannya, penting bagi kamu memahami bahwa biaya veneer gigi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Berikut SATU Dental akan menginformasikan akurasi biayanya, ya!

Table of Contents

Apa Itu Veneer Gigi?

Jika kamu belum tahu, veneer gigi adalah lapisan yang dipasang pada bagian depan gigi. Dilansir my.clevelandclinic, para ahli gigi menggunakan material berkualitas tinggi, seperti komposit atau porselen yang memiliki warna meyerupai gigi untuk membuatnya.

 

Lebih lanjut, veneer gigi berfungsi secara kosmetik. Produk ini mampu menyembunyikan berbagai masalah estetika pada gigi, seperti kerusakan, retak, celah, perubahan warna gigi, dan berbagai masalah lainnya. Dengan veener gigi, senyuman kamu akan jauh lebih menawan.

Jenis-jenis Veneer Gigi

Banyak jenis veener gigi yang dapat kamu pilih. Namun, ketersediaannya di setiap klinik akan berbeda. Jadi, sebelum masuk dan melakukan penanganan veneer, kamu perlu tahu jenis veener gigi, seperti melansir cosmeticdentistahwatukee.

1. Veneer Porselen

Veneer porselen merupakan metode restorasi gigi yang tampak paling natural dari semua jenisnya. Jenis veener gigi ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah kosmetik, seperti meluruskan gigi yang bengkok, memperbaiki kerusakan kosmetik kecil seperti celah, dan mengembalikan gigi yang berubah warna atau bercak.

2. Veneer Resin

Bila pengin veneer gigi yang lebih tahan lama, kamu bisa memilih veneer resin. Penanganan jenis veneer gigi ini pun tidak memerlukan persiapan yang sebanyak veneer porselen. Walau begitu, hasilnya sangat mirip dengan gigi asli.

3. Veneer Komposit

Ketika tampilan gigi telah rapi silakan memilih veneer komposit. Ini adalah cangkang tipIs dari resin komposit berwarna gigi atau porselen transparan yang dibuat sesuai tampilan gigi. Veneer komposit dapat memperbaiki bentuk hingga warna secara keseluruhan.

4. Veneer Zirkonia

Veneer zirkonia adalah solusi terbaik jika gigi kamu mengalami kerusakan parah yang tidak dapat diperbaiki dengan veneer porselen atau komposit. 

 

Terbuat dari bahan keramik yang kuat, veneer zirkonia dapat menggantikan gigi yang mengalami pembusukan, retak, atau rapuh yang parah. Veneer zirkonia ini pun tahan lama.

5. Veneer lumineer

Kamu tengah sibuk mencari solusi senyum yang lebih baik? Veneer lumineer adalah pilihan tepat. Veneer gigi ini tampak sederhana karena menggunakan lapisan tipis sehingga terlihat lebih alami. 

 

Produk ini disarankan untuk kamu yang resesi gingiva, karena jaringan gusi di sekitar gigi dapat dipertahankan dengan lebih baik saat menerima perawatan ini.

Biaya Veneer Gigi

Besaran biaya veneer gigi, utamanya di Indonesia didasarkan pada jenis veneer serta klinik yang kamu kunjungi. Namun secara umum, harga veneer 1 gigi adalah sekitar Rp1,5 juta-Rp5 jutaan, seperti melansir mymeditravel.co.

 

Sekali lagi, sebelum melakukan treatment-nya pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokternya. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penanganan, mengingat banyaknya informasi yang belum valid di media sosial. Jadi, jangan asal memilih jenis veneer gigi, ya!

Manfaat Veneer Gigi

Poin manfaat veneer gigi ini cocok untuk kamu yang masih maju-mundur untuk melakukan veneer gigi. Selain memperbaiki penampilan gigi dan memberikan senyum menawan, veneer gigi juga banyak digunakan untuk keperluan kosmetik, seperti melansir Healthline. Berikut beberapa di antaranya i 

  • Menyembunyikan gigi yang patah atau terkelupas
  • Menyembunyikan perubahan warna atau pewarnaan tidak merata
  • Menyembunyikan celah pada gigi.
  • Menyamarkan ukuran gigi lebih kecil dari rata-rata
  • Mengatasi gigi runcing atau berbentuk tidak biasa

Cara Merawat Veneer Gigi

Berbeda dengan prosedur gigi lainnya, proses pemulihan setelah pemasangan veneer tidak memakan waktu lama. Setelah veneer dipasang dan efek anestesi hilang, kamu bisa langsung makan dan mengunyah seperti biasa.

Namun, perlu diingat setelah obat bius habis, hindari mengunyah pipi atau lidah kamu, ya.

 

Dalam beberapa kasus, efek samping veneer gigi sering kali muncul. Salah satunya adalah timbulnya bintik kasar. Bintik-bintik kasar ini biasanya disebabkan oleh sisa bahan yang menempel pada veneer. Namun, ini akan hilang setelah beberapa hari makan dan menyikat gigi secara normal. 

 

Dilansir Healthline, veneer dapat berumur mulai dari lima tahun, tergantung jenis yang dipilih. Kendati demikian, kamu tetap harus mengetahui cara merawat veneer gigi agar lebih awet.

  • Jangan mengunyah benda keras seperti pena, es, atau kuku tangan.
  • Jangan gunakan gigi untuk membuka kemasan.
  • Hindari mengunyah dengan gigi depan kamu. Gigit makanan yang lebih keras dengan gigi belakang.
  • Ketika kamu menggemeretakkan atau mengatupkan gigi di malam hari, gunakan splint atau retainer untuk melindungi veneer gigi kamu.
  • Gunakan pelindung mulut ketika kamu berolahraga.

Apakah Veneer Dapat Merusak Gigi?

Veneer tidak akan merusak gigi kamu secara aktif. Namun, perlu diingat bahwa gigi alami di bawah veneer masih rentan terhadap pembusukan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan gigi dengan rajin menyikat gigi sangat penting. 

 

Selain itu, rutin mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan dan pembersihan gigi secara teratur juga merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mencegah masalah lebih lanjut.

 

Biaya veneer gigi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, sepert jenis bahan yang digunakan, kompleksitas perawatan, dan lokasi praktik dokter gigi. 

 

Meskipun veneer gigi mungkin memerlukan investasi awal yang signifikan, penting untuk diingat bahwa mereka dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam meningkatkan penampilan gigi dan meningkatkan kepercayaan diri. Untuk konsultasi lebih lanjut, silakan kunjungi dokter gigi favoritmu.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental