Klinik Gigi SATU Dental

Fungsi Gigi dan Jenis Gigi

Fungsi Gigi dan Jenis Gigi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi adalah bagian tubuh yang cukup penting dan memiliki bagian dalam sistem pencernaan manusia. Tanpa adanya gigi, seseorang akan kesulitan menghaluskan makanan untuk masuk ke perut, bahkan bisa mempengaruhinya dalam berbicara.

 

Memainkan peran yang sangat besar dalam keseharian, kebanyakan manusia memiliki 32 gigi, namun ada juga yang lebih banyak maupun lebih sedikit. Meskipun lebih mirip tulang, gigi sebenarnya adalah organ ektodermal, yang termasuk di antaranya rambut, kulit, dan kelenjar keringat.

 

Penting untuk mengetahui apa itu gigi, beserta fungsi gigi dan jenisnya. Oleh sebab itu, pastikan kamu membaca penjelasan dan informasi menyeluruh tentang gigi dari Satu Dental berikut ini ya.

Table of Contents

Apa Itu Gigi

Gigi adalah alat mengunyah dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Dalam rongga mulut, terdapat beberapa jenis gigi yang tersusun dengan fungsinya masing-masing. Semua jenis gigi ini bekerja sama dengan organ lidah untuk mengolah dan mencerna makanan sebelum masuk ke tenggorokan. Dengan demikian, keberadaan gigi di dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi-fungsi penting ini.

 

Dikarenakan gigi memiliki bagian penting dalam keberlangsungan hidup, penting untukmu memperhatikan kebersihan dan kesehatannya sejak dini, bahkan sebelum gigi tumbuh sempurna. Penting juga untukmu mengetahui seperti apa jenis dan fungsinya, agar bisa lebih maksimal dalam hal perawatannya.

Jenis Gigi

Jenis Gigi

Masing-masing gigi memiliki peran dan fungsinya sesuai jenis. Ada empat jenis gigi dalam struktur gigi manusia yang berkontribusi saat berbicara, makan, maupun minum, di antaranya:

  • Gigi seri adalah gigi yang paling terlihat di mulut manusia. Setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa, memiliki delapan gigi seri, yaitu empat di rahang atas dan empat di rahang bawah. Ini termasuk dua gigi depan dan dua gigi di kedua sisi mereka. Gigi seri memiliki tepi yang tajam, memungkinkan seseorang untuk efisien dalam pemotongan makanan ketika  menggigit.

     

  • Gigi taring adalah gigi yang tajam dan runcing, yang terletak di sebelah gigi seri dan menyerupai taring. Setiap orang memiliki empat gigi taring, dan biasanya anak-anak mendapatkan gigi taring permanen pertama mereka antara usia 9 hingga 12 tahun. Gigi taring bagian bawah biasanya muncul sedikit sebelum gigi taring bagian atas.

     

  • Gigi premolar, yang juga dikenal sebagai gigi bikuspid, memiliki ukuran lebih besar daripada gigi seri dan taring. Orang dewasa memiliki delapan gigi premolar, dengan premolar pertama dan kedua terletak di sebelah gigi taring. Gigi premolar tidak hadir pada anak-anak kecil dan pertama kali muncul sebagai gigi permanen sekitar usia 10 hingga 12 tahun.

     

  • Gigi geraham adalah gigi terbesar di dalam rongga mulut kita. Orang dewasa memiliki 12 gigi geraham permanen, dengan enam di rahang atas dan enam di rahang bawah. Sementara itu, anak-anak memiliki delapan gigi geraham susu. Gigi geraham terakhir yang tumbuh adalah gigi bungsu, juga dikenal sebagai gigi geraham ketiga, biasanya muncul antara usia 17 hingga 21 tahun. Gigi ini berada di ujung deretan gigi, di sudut belakang rahang, dan kadang-kadang tidak tumbuh pada beberapa individu atau tetap tersembunyi dalam tulang dan tidak pernah muncul di

Fungsi Gigi

Fungsi Gigi

Fungsi gigi dibedakan berdasarkan jenisnya. Masing-masing gigi tentu memiliki perannya tersendiri dalam struktur mulut. Mulai dari menggigit hingga menghancurkan makanan sebelum ditelan dan lanjut ke pencernaan. Nah, berikut ini fungsi gigi yang perlu kamu ketahui.

1. Fungsi Gigi seri

Gigi seri berfungsi sebagai alat untuk menggigit makanan dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil yang lebih mudah diolah oleh pencernaan. Gigi yang paling kelihatan, gigi seri cenderung lebih mudah dibersihkan dibanding jenis gigi yang lain.

2. Fungsi Gigi Taring

Gigi taring memiliki fungsi utama untuk merobek makanan, seperti daging atau sayuran yang lebih keras. Biasanya memiliki ujung yang tajam, tidak heran kalau gigi taring ini merupakan gigi yang lebih mudah dikenali.

3. Fungsi Gigi Premolar (Bikuspid)

Gigi premolar memiliki tonjolan-tonjolan yang membantu dalam mengunyah dan menggiling makanan. Letak gigi premolar ini ada di antara gigi taring dan gigi geraham, yang memiliki peran yang juga penting dalam struktur gigi manusia.

4. Fungsi Gigi Geraham

Gigi geraham memiliki permukaan yang luas dan rata dengan tonjolan-tonjolan yang memungkinkan seseorang untuk mengunyah dan menggiling makanan secara efisien. Sekitar 90 persen aktivitas mengunyah terjadi di gigi geraham. Lebih sulit dibersihkan karena posisinya yang ada di belakang, untuk memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut kamu dianjurkan untuk scaling gigi atau pembersihan karang gigi secara rutin.

 

Itulah tadi informasi lengkap mengenai fungsi gigi, jenis dan pengertian tentang gigi itu sendiri. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut dengan mengunjungi klinik gigi minimal dua kali dalam setahun, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental