Klinik Gigi SATU Dental

7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pernahkah kamu mengalami gusi berdarah saat sikat gigi? Gusi berdarah saat menyikat gigi adalah masalah kesehatan mulut yang umum terjadi dan bisa menjadi tanda adanya gangguan pada gusi.

 

Kondisi ini tidak boleh juga kamu anggap remeh atau kamu abaikan, dan ada beberapa penyebab gusi berdarah saat sikat gigi serta tentu saja ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dengan tepat untuk mengatasinya.

 

Pada kesempatan kali ini SATU Dental akan membahas beberapa penyebab paling umum gusi berdarah ketika menyikat gigi dan beberapa panduan untuk mengatasi masalah tersebut. Simak selengkapnya ya.

7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi

Berikut ini adalah beberapa penyebab gusi berdarah saat menyikat gigi yang perlu kamu ketahui.

1. Gingivitis

Penyebab gusi berdarah saat menyikat gigi yang pertama adalah terjadinya peradangan gusi atau gingivitis. Gingivitis atau peradangan pada gusi ini disebabkan oleh akumulasi plak pada gigi.

 

Plak adalah lapisan yang terbentuk dari bakteri dan sisa makanan dengan warna kuning kecoklatan. Jika plak tidak dibersihkan secara teratur melalui menyikat gigi dan membersihkan antar gigi, bakteri dalam plak dapat menyebabkan peradangan pada gusi. 

 

Ini adalah penyebab umum gusi berdarah saat menyikat gigi. Untuk mencegah gingivitis, penting untuk menyikat gigi secara teratur dan membersihkan sela-sela gigi dengan benar.

2. Karang Gigi (Tartar)

Penyebab gusi berdarah saat menyikat gigi yang kedua adalah karena adanya karang gigi atau disebut juga dengan tartar. Karang gigi, juga dikenal sebagai tartar, adalah plak yang mengeras dan menempel pada gigi. 

 

Meskipun menyikat gigi secara rutin dapat menghilangkan plak, karang gigi lebih sulit untuk dihilangkan dan memerlukan bantuan profesional dari dokter gigi terbaik

 

Karang gigi yang tidak dihilangkan dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan menyebabkan gusi berdarah. Oleh karena itu, periksa rutin ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi sangat penting.

3. Merokok

Penyebab gusi berdarah saat menyikat gigi yang ketiga dari SATU Dental adalah akibat gaya hidup atau kebiasaan merokok.

 

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan masalah pada gusi, termasuk gingivitis dan periodontitis. 

 

Jika gingivitis adalah masalah gusi akibat plak yang pada gigi, periodontits adalah masalah gusi pada jaringan gusi dan tulang peyangga gigi.

 

Nikotin dalam rokok juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri pada gusi. 

 

Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan gusi berdarah saat menyikat gigi. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk meningkatkan kesehatan gusi dan mencegah masalah lebih lanjut.

4. Sikat Gigi yang Tidak Tepat

Cara menyikat gigi yang adalah dengan tidak menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras, karena dapat menyebabkan luka pada gusi dan menyebabkan perdarahan. 

 

Sikat gigi yang terlalu keras juga dapat menyebabkan ausnya lapisan pelindung gusi, sehingga gusi lebih rentan terhadap infeksi. 

 

Gunakan sikat gigi yang lembut dengan gerakan melingkar yang lembut untuk mencegah luka pada gusi.

5. Defisiensi Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam kesehatan gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi menjadi sensitif dan rentan terhadap perdarahan. 

 

Pastikan asupan vitamin C dalam diet kamu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin ini.

6. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ternyata juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Perubahan hormon ini adalah perubahan pada hormon estrogen dan pada hormon progesteron yang terjadi pada masa puber, menstruasi dan kehamilan. Pada masa-masa tersebut, aliran darah ke gusi menjadi meningkat, sehingga gusi menjadi lebih rentan untuk berdarah. 

 

Selain itu juga, perubahan hormon pada masa kehamilan dapat melemahkan sistem imun, dan hal ini dapat mengakibatkan sakit gigi dan infeksi gusi, terutama pada masa trimester pertama.

7. Penyebab Lainnya

Gusi berdarah saat menyikat gigi juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, gangguan darah, atau masalah pembekuan darah. 

 

Jika kamu mengalami gusi berdarah secara terus-menerus dan tidak dapat diatasi dengan perubahan pola menyikat gigi, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk evaluasi lebih lanjut.

Tips Mencegah Gusi Berdarah

Untuk mencegah gusi menjadi berdarah, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan, berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

 

  1. Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  2. Gunakan benang gigi atau tusuk gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dan menghilangkan plak.
  3. Hindari menyikat gigi terlalu keras, gunakan sikat gigi yang lembut, dan lakukan gerakan melingkar yang lembut.
  4. Mengkonsumsi air putih dengan cukup, yaitu minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.
  5. Menghindari makan makanan atau minum minuman manis, dan makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. 
  6. Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok untuk meningkatkan kesehatan gusi dan mulut secara keseluruhan.
  7. Pastikan asupan vitamin C yang cukup dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.
  8. Periksakan rutin ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan memeriksa kesehatan gusi secara menyeluruh.

 

Gusi berdarah saat menyikat gigi bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada gusi dan mulut. 

 

Beberapa penyebab umumnya meliputi gingivitis, karang gigi, merokok, sikat gigi yang tidak tepat, defisiensi vitamin C, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk menjaga kebersihan mulut yang baik, menghindari kebiasaan merokok, dan memperhatikan asupan vitamin C. 

 

Jika masalah gusi berdarah berlanjut atau menjadi lebih parah, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk evaluasi lebih lanjut dan pengobatan yang tepat.

 

Semoga informasi tentang gusi berdarah saat menyikat gigi dari SATU Dental kali ini bermanfaat untuk kamu ya.

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental