Klinik Gigi SATU Dental

Draft Week 4 - Kapan Gigi Susu Tanggal_

Kapan Gigi Susu Tanggal? Ini Pengertian dan Cara Merawatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Masa tumbuh kembang anak merupakan momen berharga yang sayang untuk dilewatkan. Tak terkecuali pada fase pertumbuhan gigi si kecil. Kamu mungkin familiar dengan istilah gigi susu yang umumnya tumbuh pada masa kanak-kanak. Namun, tak jarang pula orang tua yang masih asing dengan pertumbuhan gigi susu pada anak.

 

Tenang saja, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa hal terkait kesehatan gigi anak yang mungkin menjadi pertanyaan bagi para orang tua, seperti kapan gigi susu tumbuh dan tanggal, berapa jumlahnya, hingga bagaimana cara merawatnya. Simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Gigi Susu?

Gigi susu atau gigi primer merupakan sekumpulan gigi yang tumbuh pertama kali pada anak sebelum nantinya digantikan oleh gigi tetap atau gigi permanen pada usia dewasa. Gigi susu mulai terbentuk saat proses kehamilan, kemudian akan tumbuh pertama kali pada usia 5-8 bulan setelah kelahiran.

 

Biasanya, terdapat 20 gigi susu yang terdiri dari 10 gigi atas dan 10 gigi bawah, sebagian besarnya akan tumbuh pada saat anak berusia sekitar 2,5 tahun. Gigi susu biasanya muncul dengan urutan sebagai berikut:

 

  1. Empat gigi depan dan gigi seri tengah adalah gigi yang pertama kali tumbuh (dua di masing-masing rahang atas dan bawah) dan mulai muncul pada usia enam bulan setelah lahir.
  2. Dua gigi seri lateral di rahang atas dan bawah tumbuh bersamaan dengan gigi seri tengah dan pada saat anak mencapai usia 15 bulan, biasanya berjumlah satu set lengkap delapan gigi seri yang berfungsi untuk menggigit atau memotong.
  3. Gigi geraham pertama akan muncul, yang membantu bayi menggiling makanan. Dua gigi geraham pertama di setiap rahang muncul dan diposisikan satu jarak dari gigi seri untuk memberikan ruang bagi gigi taring untuk tumbuh di antaranya. Gigi geraham pertama seharusnya sudah tumbuh sekitar usia 19 bulan.
  4. Gigi taring atau gigi geraham menyusul, dengan dua gigi biasanya muncul di setiap rahang pada usia 23 bulan. Gigi ini digunakan untuk merobek dan memungkinkan bayi untuk mengelola makanan yang lebih bertekstur.
  5. Gigi geraham kedua muncul, dua di rahang atas dan dua di rahang bawah, dan melengkapi rangkaian 20 gigi susu pada sekitar usia 27 bulan.


Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Fungsi Gigi Susu

Gigi susu memiliki banyak fungsi yang dapat menstimulasi tumbuh dan kembang anak secara keseluruhan. Adapun fungsi gigi susu di antaranya adalah:

1. Membantu Kelancaran Pertumbuhan Gigi Permanen

Sebaiknya, gigi susu dipertahankan selama mungkin sampai tiba waktunya untuk tanggal sendiri, agar dapat ruang kepada gigi permanen yang akan tumbuh di bawahnya.

2. Membantu Proses Pengunyahan pada Anak

Keberadaan gigi susu dapat membantu proses pengunyahan, sehingga kebutuhan akan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dalam masa tumbuh kembangnya.

3. Berpengaruh pada Perkembangan Wajah dan Otot Rahang

Gigi susu yang dirawat dengan baik akan membantu merangsang perkembangan rahang pada anak.

Apa Perbedaan Gigi Susu dengan Gigi Permanen?

Perbedaan antara gigi susu dan gigi permanen meliputi:

 

  1. Enamel. Enamel merupakan permukaan luar yang keras yang melindungi gigi dari pembusukan. Enamel pada gigi susu biasanya lebih tipis dari gigi permanen
  2. Warna. Gigi susu sering terlihat lebih putih, hal ini disebabkan oleh email yang lebih tipis.
  3. Ukuran. Gigi susu biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gigi permanen orang dewasa.
  4. Bentuk. Gigi permanen depan seringkali memiliki tonjolan yang cenderung hilang seiring berjalannya waktu.
  5. Akar. Akar gigi susu lebih pendek dan lebih tipis karena dirancang untuk tanggal.

Baca Juga: Mengenal Gigi Taring: Pengertian, Fungsi, dan Cara Merawat Gigi Taring

Kapan Gigi Susu Tanggal?

Orang tua dapat memperkirakan kapan anak akan mulai kehilangan gigi sulungnya, yaitu sekitar usia 6 tahun. Gigi yang pertama kali tanggal biasanya adalah gigi yang pertama kali tumbuh, yaitu gigi seri tengah. Jika semua berjalan lancar, seluruh gigi susu akan tanggal satu persatu. 

 

Orang dewasa memiliki gigi tetap dengan jumlah lebih banyak daripada gigi susu pada anak-anak. Anak akan kehilangan sebanyak 20 gigi susu, dan akan tumbuh sebanyak 32 gigi permanen ketika dewasa. Dengan catatan, gigi bungsu juga tumbuh dengan lengkap. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi anak dengan menyikat gigi secara teratur dan menjaga asupan makanannya.

 

Lalu apakah gigi geraham susu akan tanggal juga? Pada beberapa kasus langka, gigi susu bisa bertahan jika gigi tetap yang seharusnya menggantikannya memang tidak ada. Kondisi ini disebut agenesis gigi. Biasanya terjadi pada gigi geraham bungsu, anomali ini jarang terjadi pada gigi yang lain. Namun jangan khawatir, fenomena ini tidak berbahaya dan biasanya didiagnosa pada usia ketika gigi susu seharusnya tanggal.


Baca Juga: Gigi Goyang: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Gigi Goyang

Cara Merawat Gigi Susu

Meskipun bersifat sementara, gigi susu tetap harus dijaga agar bebas dari kerusakan gigi dan memerlukan perawatan gigi anak yang baik dan benar. Cara untuk mencegah kerusakan gigi susu mirip dengan cara mencegah kerusakan gigi orang dewasa, termasuk menjaga kebersihan mulut yang baik dan tidak membiarkan bayi atau anak tertidur dengan botol yang berisi susu formula, jus buah, atau cairan manis.

 

Gigi susu yang sehat membantu anak untuk makan, mengunyah, dan berbicara secara normal. Sementara gigi yang rusak dapat menghambat kemampuan anak untuk makan secara normal, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, gigi susu yang membusuk dapat menyebabkan infeksi yang dapat merusak gigi permanen yang tumbuh di bawahnya.

 

Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan perawatan gigi anak dengan baik, agar tumbuh kembang giginya berjalan dengan lancar dan sehat. Tak perlu ragu untuk mengajak anak ke dokter gigi, kunjungan dokter gigi pertama direkomendasikan pada usia 12 bulan atau dalam enam bulan sejak gigi pertama tumbuh. Kunjungan ini dapat meliputi pemeriksaan gigi, rahang, gusi, dan jaringan lain yang berkaitan dengan kesehatan gigi anak.

 

Untuk memastikan gigi anak selalu sehat, jangan lupa rutin periksa ke dokter gigi, ya! Klinik Gigi SATU Dental memiliki dokter gigi spesialis anak yang bisa menangani gigi si kecil dengan menyeluruh. Pastikan kamu melakukan perawatan gigi anak bersama dokter gigi terpercaya di SATU Dental. Ada promo spesial juga, lho. Yuk, periksa gigi!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental