Klinik Gigi SATU Dental

Bleaching Gigi: Pengertian, Manfaat, dan Kapan Diperlukan

Bleaching Gigi: Pengertian, Manfaat, dan Kapan Diperlukan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Dari berbagai perawatan gigi yang ada, bleaching gigi merupakan salah satu metode perawatan yang diminati guna meningkatkan kepercayaan diri. Berbeda dengan teeth whitening yang merupakan praktik menghilangkan noda di permukaan gigi, bleaching gigi menggunakan bahan kimia untuk mencerahkan warna enamel gigi. 

 

Teknik bleaching ini juga lebih maju dari proses pemutihan gigi (teeth whitening) pada umumnya. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu bleaching gigi, manfaat dan prosedurnya, simak artikel SATU Dental berikut ini.

Table of Contents

Apa itu Bleaching Gigi?

Bleaching gigi, juga dikenal sebagai dental bleaching, adalah metode perawatan gigi yang bertujuan untuk memutihkan gigi dan membuatnya tampak lebih putih dan cerah. Proses ini melibatkan penggunaan bahan aktif, terutama hidrogen peroksida dan karbamid peroksida, yang bekerja untuk menghilangkan noda dan perubahan warna pada gigi. 

 

Ada berbagai teknik dan protokol aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan bleaching gigi, termasuk perawatan di klinik dokter gigi atau menggunakan produk pemutih gigi di rumah. 


Menurut News Medical, pada prosedurnya dokter gigi membuat cetakan gigi yang digunakan untuk membuat baki yang pas dengan gigi lalu diisi dengan gel pemutih. Gel tersebut dioleskan dalam jangka waktu tertentu, yang bervariasi tergantung seberapa parah perubahan warna dan seberapa putih gigi yang diinginkan.

Manfaat Bleaching Gigi

Bleaching gigi juga juga pastinya memiliki berbagai faedah yang membuatnya cukup populer, beberapa manfaat dari bleaching gigi adalah sebagai berikut:

1. Perawatan Gigi Profesional yang Menghemat Waktu

1. Perawatan Gigi Profesional yang Menghemat Waktu

Metode tradisional seperti menyikat gigi secara teratur dan menggunakan produk pemutih gigi yang dijual bebas membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan hasilnya. Dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Sementara proses bleaching gigi yang dilakukan di dokter hanya memakan waktu beberapa jam saja. Efisiensi waktu ini jelas menjadi salah satu manfaat yang bisa dengan cepat dirasakan.

2. Efek Pemutihan Gigi yang Bisa Bertahan sampai Empat Tahun

Bleaching gigi yang dilakukan dengan perawatan khusus bisa bertahan sampai 4 tahun. Dengan prosedur yang singkat dan efek yang tahan hingga tahunan ini menjadi daya tarik perawatan bleaching gigi. Meski bukan perawatan gigi yang hasilnya permanen, seseorang yang melakukan bleaching gigi bisa melakukan berbagai tindakan preventif yang bisa mempengaruhi ketahanan dari bleaching gigi ini sendiri.

3. Membantu Membunuh Bakteri

Perawatan ini pada dasarnya menghilangkan noda pada lapisan luar gigi. Bleaching gigi juga menghilangkan bakteri berbahaya, plak, dan penumpukan karang gigi. Seseorang yang melakukan perawatan bleaching gigi ini akan lebih aman dari penyakit gusi dan kerusakan gigi, serta meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan, melansir Lambton Family Dental.

4. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memiliki gigi yang menguning seringkali berdampak negatif pada kepercayaan diri seseorang. Bahkan, masalah gigi kuning ini cenderung membuat orang menolak untuk tersenyum lebar terutama di depan umum. Inilah mengapa bleaching gigi dapat mengubah itu semua. Setelah perawatan pemutihan professional gigi ini dilakukan, otomatis rasa percaya diri seseorang akan meningkat secara signifikan.

5. Meningkatkan Penampilan dan Meninggalkan Kesan Baik ke Orang Lain

Gigi yang menguning seringkali merupakan tanda kebersihan mulut yang buruk, yang mempengaruhi persepsi publik terhadap seseorang. Makanya, memiliki gigi yang lebih putih dapat meningkatkan kesan yang lebih baik dan memiliki dampak besar terhadap interaksi sosial seseorang.

Kapan Diperlukan Bleaching Gigi?

Kapan diperlukan Bleaching Gigi?

Seseorang perlu mempertimbangkan untuk melakukan bleaching gigi ketika menyadari gigi mulai menguning dan terganggu dengan hal tersebut.

 

Kesehatan dan kebersihan gigi berhubungan erat dengan kepercayaan diri dan impresi, itu sebabnya penting untuk meningkatkan kualitas senyum menjadi lebih baik.

Untuk mempertahankan hasil bleaching gigi lebih lama, harus ada beberapa perubahan kebiasaan yang harus dilakukan, yaitu:

  • Membatasi atau mengurangi penggunaan tembakau termasuk merokok
  • Membatasi atau menghindari makanan dan minuman yang menodai gigi, seperti kopi atau anggur merah
  • Mengurangi risiko trauma mulut yang dapat meningkatkan noda di gigi

Sementara untuk berapa lama bleaching gigi ini bertahan tergantung pada beberapa faktor seperti warna gigi asli, frekuensi perawatan, gaya hidup, dan gel pemutih yang digunakan, melansir Healthline.

 

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu bleaching gigi, manfaat, prosedur, serta apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan efek pemutihan gigi. Untuk mendapatkan perawatan bleaching gigi dengan harga terjangkau, kamu bisa mulai membuat janji temu untuk melakukan pemeriksaan gigimu.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental