Klinik Gigi SATU Dental

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Saat seseorang mengalami masalah pada gigi bungsunya, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan operasi gigi bungsu. Operasi gigi bungsu merupakan prosedur bedah yang umum dilakukan untuk mengatasi masalah gigi bungsu yang bermasalah atau terimpaksi.

 

Setelah mengetahui bahwa sakit pada gigi bungsu lebih baik dilakukan tindakan operasi, pastinya banyak pertanyaan yang muncul seperti bagaimana prosedur operasinya? Berapa biaya operasi gigi bungsu di klinik gigi dan rumah sakit? Dan segala pertanyaan lainnya.


Klinik Gigi SATU Dental akan memberikan penjelasan mengenai operasi gigi bungsu dan juga berapa biaya operasi gigi bungsu di klinik gigi dan rumah sakit. Temukan banyak informasi tentang biaya operasi gigi bungsu di sini.

Table of Contents

Apa Itu Gigi Bungsu

Gigi bungsu, atau wisdom tooth, dan juga dikenal sebagai gigi ketiga, adalah gigi terakhir yang tumbuh pada rahang belakang dalam setiap barisan gigi manusia. Biasanya, setiap individu memiliki empat gigi bungsu, dua di rahang atas (gigi bungsu atas) dan dua di rahang bawah (gigi bungsu bawah). Gigi bungsu biasanya mulai tumbuh pada usia remaja akhir atau awal dewasa, yaitu antara usia 17 hingga 25 tahun.

 

Gigi bungsu disebut “bungsu” karena gigi-gigi tersebut tumbuh paling akhir setelah gigi susu dan gigi tetap lainnya sudah tumbuh dengan sempurna. Namun, tidak semua orang memiliki gigi bungsu yang tumbuh sepenuhnya. Beberapa individu mungkin tidak memiliki gigi bungsu sama sekali, sementara yang lain hanya mengalami pertumbuhan sebagian atau gigi bungsu yang terimpaksi.

 

Ketika gigi bungsu tumbuh dengan normal, memiliki ruang yang cukup dalam rahang untuk pertumbuhannya, dan berada dalam posisi yang tepat, mereka dapat berfungsi seperti gigi lainnya dalam mengunyah makanan. Namun, sering kali gigi bungsu dapat menyebabkan masalah dan memerlukan perawatan atau operasi gigi bungsu.

Kapan Perlu Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Kapan Perlu Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Operasi pada gigi geraham bungsu diperlukan apabila ada gigi bungsu yang mengalami impaksi. Impaksi gigi bungsu terjadi ketika gigi tersebut tumbuh dengan posisi yang miring, karena gusi di rahang tidak memiliki cukup ruang untuk menampungnya. Beberapa kriteria yang menandakan pertumbuhan gigi bungsu yang termasuk impaksi adalah:

 

  • Tumbuh ke arah gigi geraham di sebelahnya.
  • Tumbuh ke belakang mulut.
  • Tumbuh hanya sebagian karena ruang tumbuh gigi tidak mencukupi.
  • Tertanam di dalam tulang rahang.

 

Gigi bungsu yang mengalami impaksi dapat menyebabkan berbagai masalah di dalam rongga mulut apabila tidak segera ditangani. Berikut adalah gejala yang umumnya muncul dan menjadi tanda bahwa Anda perlu menjalani operasi gigi bungsu:

 

  • Muncul rasa sakit dan nyeri di area gigi bungsu.
  • Bengkak di area gusi, bahkan dapat meluas hingga ke pipi.
  • Infeksi pada gusi.
  • Kemunculan kista atau tumor di sekitar gigi geraham bungsu.
  • Makanan mudah tersangkut di belakang gigi geraham bungsu.
  • Adanya kerusakan pada gigi atau tulang di sekitar gigi geraham bungsu.
  • Gusi di sekitar gigi bungsu rentan berdarah.
  • Kemunculan nanah dari area impaksi.
  • Gigi geraham bungsu mengalami karies atau pembusukan.

 

Saat gigi bungsu terasa tidak nyaman, diisarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan apakah perlu atau tidak melakukan operasi pencabutan gigi geraham bungsu.

Biaya Operasi Gigi Bungsu

Setelah mengetahui mengenai operasi gigi bungsu, tentu saja Anda ingin mengetahui perkiraan biaya yang diperlukan, serta perbedaan biaya operasi gigi bungsu antara klinik gigi dan rumah sakit. Berikut adalah informasi mengenai biaya tersebut.

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Klinik Gigi

Biaya operasi gigi bungsu di klinik gigi dapat beragam tergantung pada pilihan klinik dan kebutuhan pasien. Kisaran harga operasi gigi bungsu di klinik gigi adalah mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per gigi.

 

Perlu diperhatikan bahwa harga tersebut belum mencakup biaya tambahan lain, seperti biaya konsultasi, biaya obat-obatan, biaya rontgen, dan biaya rawat inap. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan sekitar 20-30 persen dari perkiraan biaya sebagai pengeluaran tambahan yang tidak terduga.

 

Ketika memilih klinik gigi untuk operasi gigi bungsu, penting untuk mempertimbangkan kredibilitas layanan dan kebersihan setiap klinik.

 

Ada berbagai cabang Klinik Gigi SATU Dental yang tersebar di berbagai lokasi seperti Jakarta, Depok, Bogor, dan Bekasi.

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Rumah Sakit

Biaya operasi gigi bungsu di rumah sakit tidak jauh beda dengan biaya operasi gigi bungsu di klinik gigi. Kisaran harga operasi gigi bungsu di rumah sakit juga dimulai dari Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per gigi.

 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menyediakan biaya yang lebih ekonomis. Namun, setiap fasilitas layanan kesehatan memiliki perbedaan dalam fasilitas yang mereka tawarkan. Kisaran harga pencabutan gigi bungsu di fasilitas kesehatan di RSUD berkisar antara Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- per gigi.

 

Namun, perlu diingat bahwa biaya diatas tidak termasuk biaya konsultasi.

Apakah Operasi Gigi Bungsu Tercover BPJS?

BPJS bertanggung jawab atas biaya perawatan yang bersifat mendesak atau penting. Dalam hal perawatan gigi, BPJS mencakup berbagai jenis layanan termasuk pencabutan gigi.

 

Prosedur pencabutan gigi bungsu termasuk dalam prosedur perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS. Tentu saja, seperti layanan BPJS lainnya, Anda perlu mengikuti prosedur yang berlaku.

 

Namun,juga ada kemungkinan bahwa beberapa perawatan atau obat tidak ditanggung oleh BPJS, sehingga Anda harus membayar biaya yang tersisa sendiri. Selain BPJS, Anda juga dapat mengandalkan asuransi untuk menanggung biaya operasi gigi bungsu yang umumnya cukup besar.

Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Kapan Perlu Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Setelah mengetahui berapa biaya operasi gigi bungsu, kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana prosedur operasi gigi bungsu ini dilakukan. Prosedur operasi gigi bungsu melibatkan beberapa tahap. Berikut adalah uraian dan penjelasan mengenai setiap tahapnya:

 

1. Pemeriksaan Awal

 

Sebelum melakukan operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi Anda untuk memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan cukup sehat untuk menjalani operasi. Dokter juga akan mencatat riwayat penyakit yang Anda miliki. Setelah semua tahap pemeriksaan awal selesai, langkah selanjutnya adalah pembiusan atau memberikan anestesi sebelum prosedur operasi dimulai.

 

2. Pembiusan

 

Setelah melakukan pemeriksaan awal, dokter akan memulai proses pembiusan agar Anda tidak merasakan sakit selama operasi. Terdapat beberapa metode bius yang dapat dilakukan, antara lain:

 

  • Bius lokal membuat area sekitar gigi geraham bungsu yang akan dioperasi terasa kebas. Anda tetap akan tetap sadar selama operasi, namun tidak akan merasakan sakit atau ngilu.
  • Bius sedasi mengurangi tingkat kesadaran Anda, tetapi tidak membuat Anda sepenuhnya tidak sadar. Anda tidak akan merasakan sakit atau ngilu selama operasi. Bius sedasi sering kali dikombinasikan dengan bius lokal. Bius sedasi diberikan melalui infus yang dimasukkan ke dalam lengan.
  • Bius total mungkin disarankan dalam kasus operasi gigi bungsu tertentu. Dalam bius total, Anda akan sepenuhnya tidak sadar selama operasi. Selama prosedur, dokter gigi dan perawat akan memantau obat bius yang diberikan, pernapasan, tekanan darah, cairan tubuh, dan suhu tubuh Anda. Bius total dapat diberikan melalui infus, inhalasi obat bius, atau kombinasi keduanya.

Dokter akan menentukan metode bius yang paling sesuai untuk kasus Anda.

 

3. Operasi Gigi Bungsu

 

Setelah pembiusan dilakukan, dokter gigi atau ahli bedah mulut akan memulai prosedur dengan membuat sayatan pada gusi untuk memperluas akses dalam mengeluarkan gigi bungsu. Jika diperlukan, dokter gigi juga dapat melakukan pengurangan tulang pendukung gigi (tulang alveolar). Setelah itu, proses pengeluaran gigi akan dimulai.

 

Setelah gigi bungsu berhasil dikeluarkan, dokter gigi akan membersihkan area bekas pencabutan dan, jika diperlukan, akan menjahitnya. Terakhir, dokter akan menempatkan lipatan kain kasa di area bekas pencabutan yang dapat Anda gigit untuk membantu menghentikan perdarahan.

Proses Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Proses pemulihan pasca operasi gigi bungsu bisa berbeda-beda untuk setiap individu, tergantung pada kompleksitas operasi dan kondisi kesehatan secara umum. Namun, biasanya diperlukan sekitar dua minggu agar gigi pulih sepenuhnya.

Berikut adalah proses pemulihan pasca operasi gigi bungsu pada umumnya:

 

  • Pada hari pertama, darah akan membeku di area operasi.
  • Pada hari ke-2 hingga hari ke-3, pembengkakan pada mulut dan pipi mulai membaik.
  • Pada hari ke-7, dilakukan pemeriksaan untuk memeriksa kondisi bekas operasi.
  • Pada hari ke-7 hingga hari ke-10, rahang yang kaku dan nyeri mulai pulih.
  • Pada hari ke-14, biasanya keluhan terkait luka pasca-operasi sudah sembuh.

Namun, proses penyembuhan ini tidak bersifat mutlak. Setiap individu memiliki waktu pemulihan yang berbeda tergantung pada tingkat keparahan impaksi gigi atau luka pasca operasi.

 

Jika terjadi infeksi pada luka atau masalah dengan proses penggumpalan darah, waktu pemulihan bisa lebih lama.

Tips Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam pemulihan pasca operasi gigi bungsu:

 

  • Istirahat yang cukup. Setelah operasi, penting untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih. Istirahat yang cukup membantu proses penyembuhan dan mengurangi risiko komplikasi.
  • Konsumsi makanan lembut. Pilih makanan yang lembut dan mudah dikunyah untuk beberapa hari setelah operasi. Hindari makanan keras, panas, atau berminyak yang dapat menyebabkan iritasi pada area operasi.
  • Gunakan kantung es untuk kompres. Mengompres area yang bengkak dengan kantung es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Letakkan kantung es di luar pipi selama 15-20 menit, lalu beri jeda selama beberapa menit sebelum mengompres lagi.
  • Perawatan mulut yang baik. Ikuti instruksi dokter gigi tentang perawatan mulut pasca operasi. Biasanya, ini melibatkan cara menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara hati-hati, dan menghindari menggosok area operasi.
  • Konsumsi obat sesuai petunjuk. Jika dokter gigi meresepkan obat pereda nyeri atau antibiotik, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai petunjuk. Jangan menghentikan penggunaan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Hindari merokok atau minum alkohol. Rokok dan alkohol dapat mengganggu proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi. Hindari merokok dan minum alkohol selama periode pemulihan.
  • Jaga kebersihan mulut. Meskipun Anda harus menghindari menyikat area operasi, tetaplah menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi di area yang tidak terpengaruh operasi dengan mengikuti cara yang direkomendasikan oleh dokter gigi.
  • Jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi. Jika Anda mengalami nyeri yang berkepanjangan, perdarahan yang tidak terkontrol, atau adanya tanda-tanda infeksi seperti pembengkakan yang parah, demam, atau bau busuk dari mulut, segeralah hubungi dokter gigi Anda.

 

Penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta menghindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatannya. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi guna mendapatkan nasihat mengenai kesehatan mulut dan gigi, serta melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikianlah informasi yang telah kami sampaikan mengenai biaya operasi gigi bungsu di klinik gigi dan rumah sakit. Kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau spesialis bedah mulut untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai biaya operasi gigi bungsu dan memilih opsi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental