Klinik Gigi SATU Dental

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi berlubang bisa jadi masalah mulut yang menyebalkan jika sudah menimbulkan bau. Pastinya mempengaruhi kepercayaan diri apalagi ketika berbicara dengan orang lain, bau mulut karena gigi berlubang harus ditangani dengan tepat untuk menghilangkan sakit maupun baunya. Itu sebabnya, penting untukmu lebih peka terhadap kesehatan dan kebersihan gigi sekaligus memilih klinik gigi yang tepat dalam melakukan perawatan.

 

Nah, berikut ini cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang beserta penyebab, dan rekomendasi klinik gigi terpercaya yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu membaca informasi dan penjelasan lengkap dari Klinik Gigi SATU Dental berikut ini, ya.

Table of Contents

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang adalah karena akumulasi plak yang menempel pada permukaan gigi. Plak ini biasanya berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung pati dan gula. Jika tidak dibersihkan secara teratur, plak akan diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut.

 

Dampaknya, asam ini secara perlahan akan mengikis lapisan terluar gigi yang disebut enamel. Seiring berjalannya waktu, proses ini dapat menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi. Jika kondisi ini terus dibiarkan, asam dan bakteri akan terus merusak gigi hingga mencapai bagian dalam yang disebut pulpa gigi.

 

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang meliputi:

 

  • Usia: Enamel gigi secara alami akan menjadi lebih tipis seiring dengan pertambahan usia, terutama karena produksi air liur yang berkurang.
  • Konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.
  • Sikat gigi yang jarang dilakukan, terutama setelah makan.
  • Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia.
  • Kondisi mulut kering dan penyakit refluks asam lambung (GERD).
  • Konsumsi produk herbal atau suplemen yang mengandung gula atau pemanis buatan secara rutin.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Kebanyakan kasus bau mulut berasal dari masalah pada mulut dan gigi, sehingga penanganannya harus dimulai dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi dulu. Berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa langsung kamu coba.

1. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi Secara Teratur

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang pertama tentunya adalah dengan menjaga kebersihan mulu dan gigi kamu secara teratur, untuk melakukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

 

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan benang gigi.
  • Gunakan sikat gigi dengan ujung kecil atau sikat gigi elektrik untuk membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau.
  • Pilih pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi berlubang.
  • Berkumur dengan larutan kumur antiseptik setelah menyikat gigi.
  • Bersihkan permukaan lidah untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan sel-sel mati.

2. Rutin Berkunjung ke Dokter Gigi

Minimal dua kali dalam setahun atau selama enam bulan sekali, kamu perlu mengunjungi dokter gigi.

 

Pemeriksaan di dokter gigi ini  penting untuk menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh dan mendeteksi masalah gigi serta penyakit mulut lainnya.

3. Mengkonsumsi Air yang Cukup

Cara menghilangkan bau mulu karena gigi berlubang yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air yang cukup.

 

Air dapat menjaga mulut tetap lembab dan membersihkannya dari bakteri dan kotoran. Hindari minuman manis yang mengandung gula, soda, atau minuman berperisa. Konsumsi air yang cukup ini juga bisa membantu mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang.

4. Gunakan Mouthwash atau Obat Kumur Antibakteri

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang berikutnya dan bisa kamu langsung coba adalah dengan menggunakan mouthwash atau obat kumur anti bakteri.

 

Perihal bau mulut ini bukan hanya harus ditangani dari dalam tapi juga dari luar mulut. Dengan menggunakan produk pembersih mulut atau obat kumur, dapat membantu mengendalikan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri serta plak.

5. Kurangi Konsumsi Kopi

Mengurangi konsumsi kopi juga termasuk salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, dan cara ini sangat dianjurkan terutama jika gigi cenderung berubah warna akibat kopi.

 

Kandungan sulfur dalam kopi dapat menyebabkan bau mulut, dan kafein dapat membuat mulut menjadi kering.

6. Hindari Mengkonsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Menghindari alkohol secara berlebihan bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh, tapi juga termasuk salah satu cara menghilangkan bau mulu karena gigi berlubang

 

Perlu kamu ketahui, alkohol  dapat meningkatkan konsentrasi bakteri penyebab bau mulut dan menyebabkan masalah pada gigi dan gusi.

7. Konsumsi Buah seperti Apel

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang terakhir dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini adalah rutin mengkonsumsi buah seperti bauh apel.

 

Mengkonsumsi buah apel dapat membantu menetralkan bau mulut dan meningkatkan produksi air liur untuk melawan bau mulut. 

 

Penting untuk mengatasi bau mulut karena gigi berlubang sejak dini, karena jika tidak diobati, kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan mulut yang lebih serius seperti penyakit gusi atau infeksi. Jika bau mulut terus berlanjut meskipun telah mengikuti langkah-langkah di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Dalam hal perawatan gigi berlubang ini, bisa jadi kamu butuh melakukan pencabutan, atau penambalan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kamu butuh menemukan klinik gigi yang memiliki kredibilitas dalam proses penanganan gigi berlubang. Berikut ini rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu datangi:

 

 

Selain dari daftar cabang klinik gigi di atas, Satu Dental juga menyediakan berbagai cabang lainnya di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Cibubur.

 

Itulah informasi lengkap mengenai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, beserta penyebab dan rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan gigi dan melakukan periksa rutin ke dokter setidaknya dua kali dalam setahun, ya.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental