Klinik Gigi SATU Dental

6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit dengan Mudah

6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Salah satu masalah kesehatan gigi yang paling sering terjadi dan cukup bisa mengganggu aktivitas seseorang adalah sakit gigi. Ketika hal tersebut terjadi, maka ada beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang bisa langsung kamu coba untuk meredakan rasa sakit tersebut. 

 

Sakit gigi bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah kesehatan gigi dan gusi pada mulut kamu yang harus segera kamu periksa keadaannya di klinik gigi terbaik yang kamu percayakan, terutama jika intensitasnya semakin sering terjadi.

 

Namun jika sakit gigi terjadi, maka ada beberapa langkah efektif yang bisa segera kamu lakukan untuk meredakan rasa sakit akibat sakit gigi dan bisa segera langsung kamu lakukan, sebelum nantinya kamu pergi memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan gusi kamu. 

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dari Klinik Gigi SATU Dental yang bisa kamu coba.

Table of Contents

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dari Klinik Gigi Satu Dental yang pertama adalah berkumur dengan air garam.

 

Buatlah campuran setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu aduk hingga rata atau garam larut dengan sempurna dalam air.

 

Kemudian kumur-kumur dengan campuran air tersebut selama 30 detik, lalu buang air kumur, pastikan kamu tidak menelan air kumur tersebut ya. 

 

Campuran air hangat dan garam tersebut akan membantu meredakan peradangan pada gigi dan gusi kamu.

2. Menggunakan Minyak Cengkeh

Dilansir dari situs Cleveland Clinic, cara menghilangkan sakit dalam 5 menit juga bisa dilakukan dengan minyak cengkeh.

 

Cara menggunakan minyak cengkeh untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan cara teteskan minyak cengkeh pada kapas, atau kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun, lalu oleskan pada area gigi atau gusi yang sakit, atau kamu juga bisa menggigit kapas tersebut.

 

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mencampurkan setetes minyak cengkeh dengan air, lalu kumur dengan air tersebut, atau kamu juga membasahi kapas dengan campuran tersebut, lalu oles atau gigit kapas tersebut pada area gigi atau gusi yang sakit.

 

Minyak cengkeh bisa meredakan rasa sakit gigi kamu karena sakit gigi memiliki kandungan eugenol, yang memiliki peran sebagai antibakteri, antiradang dan pereda nyeri, sehingga membantu menghilangkan rasa sakit gigi kamu.

3. Kompres dengan Es untuk Mengurangi Pembengkakan

Sakit gigi juga biasanya bisa menyebabkan area pipi kamu menjadi bengkak atau terasa sakit ketika tersentuh.Karena hal tersebut, maka kamu bisa meredakannya dengan kompres es untuk mengurangi pembengkakan.

 

Bungkuslah beberapa keping es batu dengan sebuah handuk kecil, lalu tempelkan pada area yang mengalami pembengkakan selama 15 sampai 20 menit.

 

Setelah sakit gigi hilang dan kamu merasa lebih baik, maka kamu harus segera pergi ke klinik gigi terdekat untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi kamu, karena bisa jadi ada masalah pada syaraf gigi kamu, sehingga kamu perlu melakukan pemeriksaan saraf gigi dengan lebih menyeluruh sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

4. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih

Salah satu bahan yang paling mudah untuk didapatkan untuk meredakan sakit gigi dalam 5 menit dan biasanya pasti ada di rumah kamu adalah bawang putih.

 

Bawang putih memiliki kandungan allicin antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan meredakan rasa sakit gigi kamu. Selain itu juga, bawang putih memiliki senyawa allicin yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi pada area gigi yang sakit.

 

Cara menggunakan bawang putih untuk meredakan sakit gigi kamu bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Caranya adalah seperti dengan mengupas bawang putih, memotongnya menjadi dua, lalu meletakkannya pada area gigi yang sakit, atau kamu juga bisa mengunyahnya secara langsung selama beberapa menit.

 

Kamu juga bisa menghaluskan satu siung bawang putih lalu oleskan bawang putih tersebut pada area gigi yang sakit.

5. Menggunakan Kantung Teh Peppermint

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit berikutnya dari Klinik Gigi SATU Dental adalah dengan menggunakan kantung teh peppermint.

 

Peppermint memiliki senyawa menthol yang dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan, serta dapat memberikan efek dingin untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi yang kamu rasakan.

 

Untuk menggunakan kantung teh peppermint ini, caranya adalah masukan teh tersebut ke dalam secangkir air mendidih, lalu biarkan campuran teh tersebut larut. Setelahnya, kamu dapat menggunakan air tersebut untuk berkumur selama 30 detik.

6. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Cara meredakan sakit gigi dalam 5 menit terakhir dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini adalah menggunakan obat pereda nyeri yang biasanya bisa kamu dapatkan dengan mudah karena dijual bebas tanpa resep dokter di apotek terdekat.

 

Meskipun dijual bebas, pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan pada kemasan dengan teliti sebelum menggunakannya. Sebelum membelinya, kamu juga bisa bertanya kepada petugas apotek yang bertugas tentang obat pereda nyeri yang akan kamu beli tersebut.

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter Gigi?

Setelah mengetahui beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, setelah kondisi kamu lebih baik, kamu juga perlu menyimak informasi berikut ini, yaitu kapan kamu harus melakukan konsultasi ke dokter gigi.

 

Meskipun sakit gigi tidak langsung mengancam nyawa seseorang, namun kamu sebaiknya jangan menyepelekan masalah kesehatan ini.

 

Jika kamu merasakan sakit gigi dengan intensitas selama beberapa kali, terlebih jika dirasakan dua kali dalam sehari, atau disertai dengan demam, rasa sakit yang sangat ketika membuka mulut, sesak napas, warna yang tidak biasa pada gusi, atau keluarnya carian tak sedap dari mulut, maka kamu haruslah segera pergi ke klinik gigi terdekat.

 

Ketika di klinik gigi, klinik gigi terbaik akan memeriksakan penyebab gigi kamu bisa sakit, dan memberikan perawatan gigi menyeluruh tergantung dari masalah kesehatan gigi yang kamu alami seperti penambalan gigi, perawatan akar gigi dan saraf gigi, atau perawatan lainnya.

 

Itulah beberapa informasi penting yang harus kamu ketahui tentang cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini. 

 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi kamu agar sakit gigi ini tidak terjadi pada mulut kamu. Semoga informasi dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini bermanfaat untuk kamu.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental