Klinik Gigi SATU Dental

Cataflam: Manfaat, Dosis, Cara Pakai dan Efek Samping

Obat Sakit Gigi Cataflam: Manfaat, Dosis, Cara Pakai dan Efek Samping

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Bagi sebagian orang, cataflam mungkin sudah tidak asing lagi dan menjadi salah satu obat pilihan ketika sakit gigi. Namun, tidak banyak yang benar-benar mengetahui tentang apa itu cataflam dan bagaimana fungsi serta efek sampingnya. Faktanya, obat ini bukan hanya berfungsi untuk meredakan sakit gigi namun ada pula yang lain.

 

Itu sebabnya, kamu butuh mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu cataflam, dan manfaat, dosis, serta cara pakai dan efek sampingnya. Simak informasi dan penjelasan lengkap tersebut di artikel Satu Dental berikut ini ya.

Table of Contents

Apa Itu Gigi

Gigi adalah alat mengunyah dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Dalam rongga mulut, terdapat beberapa jenis gigi yang tersusun dengan fungsinya masing-masing. Semua jenis gigi ini bekerja sama dengan organ lidah untuk mengolah dan mencerna makanan sebelum masuk ke tenggorokan. Dengan demikian, keberadaan gigi di dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi-fungsi penting ini.

 

Dikarenakan gigi memiliki bagian penting dalam keberlangsungan hidup, penting untukmu memperhatikan kebersihan dan kesehatannya sejak dini, bahkan sebelum gigi tumbuh sempurna. Penting juga untukmu mengetahui seperti apa jenis dan fungsinya, agar bisa lebih maksimal dalam hal perawatannya.

Apa Itu Cataflam

Dilansir Alodokter, Cataflam merupakan sejenis obat yang memiliki manfaat penting dalam meredakan gejala nyeri serta peradangan yang berkaitan dengan kondisi seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan spondilitis ankilosis. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, migrain, atau rasa nyeri pasca operasi.

 

Dalam komposisinya, cataflam mengandung bahan aktif yang disebut diclofenac. Mekanisme kerja obat ini terletak pada kemampuannya menghambat aktivitas enzim cyclooxygenase (COX) dalam tubuh. COX berperan dalam produksi prostaglandin, yang merupakan senyawa yang memicu nyeri dan peradangan. Dengan mengurangi produksi prostaglandin, cataflam dapat membantu mengurangi gejala nyeri dan peradangan yang muncul pada berbagai kondisi medis yang telah disebutkan sebelumnya.

Manfaat Cataflam

Manfaat Cataflam

Sebelum mengkonsumsi obat ini, ada baiknya kamu mengetahui tentang manfaat dari cataflam di bawah ini.

1. Manfaat Cataflam sebagai Antinyeri

Cataflam adalah merek obat yang mengandung bahan aktif bernama kalium diclofenac dan termasuk dalam kategori obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

 

Sebagai obat antiinflamasi, kalium diclofenac berfungsi dengan cara menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin adalah zat yang bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri dan peradangan. Oleh karena itu, Cataflam digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang berkisar dari ringan hingga sedang. Dengan mengurangi produksi prostaglandin, obat ini membantu secara bertahap mengurangi rasa nyeri yang  dialami.

2. Manfaat Cataflam untuk Sakit Gigi

Cataflam memiliki manfaat dalam meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi, termasuk rasa nyut-nyutan. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat aktivitas zat kimia dalam tubuh yang disebut enzim siklooksigenase (COX).

 

Enzim ini memiliki peran penting dalam menghasilkan zat kimia yang disebut prostaglandin. Prostaglandin dihasilkan oleh jaringan atau bagian tubuh yang mengalami cedera atau kerusakan, dan ini yang akhirnya menyebabkan timbulnya rasa sakit dan peradangan. Dengan menghambat COX, Cataflam membantu mengurangi produksi prostaglandin, sehingga meredakan rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan sakit gigi.

Cara Pakai Cataflam

Untuk mengkonsumsi obat ini, baca petunjuk pada kemasan atau ikuti saran dari dokter tentang cara menggunakan Cataflam. Cataflam tablet sebaiknya diminum sebelum makan, tetapi jika kamu khawatir tentang lambung, obat ini bisa diminum setelah makan. Telan tablet secara utuh dengan segelas air, jangan kunyah, belah, atau hancurkan.

  • Cataflam tablet dispersible juga bisa diminum sebelum atau setelah makan, dan kamu bisa melarutkannya dalam sedikit air sebelum menelannya. 
  • Cataflam Fast harus diencerkan dalam segelas air dan diaduk sebelum diminum.
  • Cataflam Drop dapat diminum sebelum atau setelah makan dengan bantuan pipet tetes, dan selalu minum dengan segelas air.

Disarankan untuk mengkonsumsi cataflam pada waktu yang sama setiap hari. Jika kamu lupa minum cataflam, minumlah segera jika waktu minum obat berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis jika sudah terlalu dekat dengan waktu minum berikutnya.

Efek Samping Cataflam

Efek Samping Cataflam

Meski dijual di pasaran, faktanya tidak semua orang bisa menggunakan cataflam. Apalagi untuk seseorang dengan penyakit jantung atau stroke, cataflam tidak boleh digunakan karena akan meningkatkan resiko penyakit tersebut. Selain itu cataflam juga tidak boleh diminum untuk penderita asma, radang usus, gangguan ginjal atau hati, hamil dan menyusui, gangguan pembekuan darah, dan alergi.

 

Efek samping yang mungkin termasuk masalah pencernaan seperti mulas, sembelit, kembung, atau bahkan pendarahan lambung. Untuk mengurangi risiko ini, gunakan cataflam dengan dosis rendah selama waktu yang sesingkat mungkin. Selalu patuhi dosis dan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dari dokter Anda. Hindari penggunaan berlebihan tanpa konsultasi medis.

 

Itulah tadi informasi lengkap mengenai cataflam, mulai dari pengertian, manfaat, cara pakai, hingga efek sampingnya. Ketika kamu mengalami sakit gigi, penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan lainnya sebelum mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. Agar lebih aman, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk menghindari penyakit yang lebih serius di kemudian hari.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental