Klinik Gigi SATU Dental

Obat Kalmethasone: Manfaat, Aturan Pakai dan Efek Samping

Obat Kalmethasone: Manfaat, Aturan Pakai dan Efek Samping

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pernahkah kamu mendapatkan resep obat Kalmethasone? Obat Kalmethasone adalah jenis obat steroid yang memiliki banyak fungsi. Biasanya obat Kalmethasone diberikan oleh dokter gigi untuk meredakan sakit gigi. Sakit gigi yang disebabkan karena peradangan dan mengakibatkan rasa nyeri biasa diberikan resep obat Kalmethasone. Obat Kalmethasone diberikan pada seseorang yang sedang mengalami peradangan, baik yang disebabkan oleh radang maupun reaksi alergi.

 

Obat Kalmethasone mengandung 0,5 mg dexamethasone dalam setiap tabletnya. Dexamethasone bekerja dengan menghambat respons berlebihan dari sistem imun tubuh. Akibatnya, perdagangan berupa bengkak dan nyeri dapat mereda. Obat ini merupakan obat keras yang tidak dapat dibeli dengan bebas tanpa resep dokter.

Table of Contents

Manfaat Obat Kalmethasone

Obat Kalmethasone memiliki manfaat utama untuk mengatasi alergi dan peradangan. Obat ini biasa diresepkan oleh dokter gigi untuk mengatasi rasa sakit akibat gangguan pada gigi. Seperti, peradangan dan pembengkakan pada gusi. Selain itu, kondisi lainnya saat diperlukan obat Kalmethasone, yaitu:

 

  • Mengatasi reaksi alergi
  • Mengatasi gangguan pernapasan
  •  Mengatasi radang sendi
  • Mengatasi Psoriasis
  • Mengatasi kolitis ulserativa

Obat Kalmethasone dapat digunakan juga untuk mengatasi gangguan sel darah, masalah endokrin, dan mengatasi peradangan pada bagian tubuh, seperti mata dan gigi. Obat ini juga terkadang diberikan dalam bentuk cairan infus supaya lebih mudah masuk melalui pembuluh darah. Untuk dapat membeli obat Kalmethasone, kamu memerlukan resep dokter karena obat ini merupakan salah satu obat keras.

 

Baca Juga: Perbedaan Scaling Dengan Dental Spa

Aturan pakai dan dosis obat

Bagaimana cara menggunakan Obat Kalmethasone? Pastikan kamu mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Pada kasus radang untuk gigi dan mulut, dokter gigi akan menyesuaikan jenis obat beserta dosisnya sesuai dengan diagnosa yang kamu alami. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat keras yang satu ini.

 

Obat Kalmethasone bisa diberikan dalam bentuk suntikan atau infus, maupun obat minum. Simak aturan pakai dan dosis pemakaiannya berikut ini!

 

1. Infus atau suntik

Umumnya, orang dewasa diberikan dosis 4-12 mg setiap hari. Sehingga dalam satu bulan, dosis yang dikonsumsi sejumlah 30 mg. Biasanya penggunaan dosis ini untuk perawatan penyakit akut. Diskusikan dengan dokter yang menangani untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai diagnosa penyakit yang dialami.

 

2. Obat Minum

Selain dalam bentuk infus, umumnya obat Kalmethasone diberikan sebagai obat minum. Obat Kalmethasone bisa berbentuk sirup maupun tablet. Obat minum ini banyak diberikan untuk mengatasi peradangan maupun sakit gigi.

Dosis obat tetap disesuaikan dengan anjuran dokter. Namun, biasanya orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 0,75-9 mg per hari. Sementara pada anak-anak, dosis obat Kalmethasone sejumlah 0,02-0,3 mg per hari.


Baca Juga: Crown Seperti Apakah yang Cocok untuk Kamu

Cara Mengkonsumsi Kalmethasone

Sebelum mengonsumsi obat Kalmethasone, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengkonsumsinya dengan benar agar terhindar dari bahaya. Pastikan kamu mengikuti anjuran dokter dan tidak melebihi dosis yang direkomendasikan. Berikut cara mengkonsumsi obat Kalmethasone dengan benar:

  • Konsumsilah obat Kalmethasone bersama makanan atau sesudah makan agar tidak mendapat reaksi sakit maag. Telan tablet atau sirup dengan air putih.
  • Ikutilah saran dari dokter dan jangan berhenti mengkonsumsi Kalmethasone tanpa seizin dokter. Khususnya jika kamu sudah mengonsumsi obat ini selama lebih dari 2 minggu.
  • Obat Kalmethasone tidak boleh berhenti diminum secara mendadak karena dapat menyebabkan gejala memburuk atau terjadi efek samping, seperti kelelahan ekstrem.
  • Bagaimana jika lupa mengkonsumsi Kalmethasone sesuai waktunya? Segeralah minum obat Kalmethasone ketika ingat. Jangan pernah menggandakan dosis sebelumnya.
  • Simpan Kalmethasone di tempat bersuhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung serta jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping Obat Kalmethasone

Obat Kalmethasone tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Pastikan kamu hanya mengkonsumsinya sesuai resep dari dokter. Seperti obat lainnya, obat keras ini juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi. Berikut adalah efek samping yang mungkin timbul akibat mengkonsumsi obat Kalmethasone:

 

  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Ruam kemerahan
  • Nafsu makan meningkat

Selain efek samping di atas, obat Kalmethasone juga bisa menyebabkan efek samping berat, seperti:

 

  • Pankreatitis, yang ditandai dengan nyeri hebat di perut bagian atas yang terjadi secara tiba-tiba, serta mual dan muntah
  • Gejala hipokalemia, seperti kaki kram, sembelit, detak jantung tidak teratur, dan kesemutan atau mati rasa
  • Hipertensi berat, yang ditandai dengan sakit kepala parah, pandangan kabur, dan mimisan
  • Gangguan penglihatan, seperti sakit mata, penglihatan kabur, atau seperti melihat lingkaran di sekitar sumber cahaya
  • Sesak nafas
  • Buang air besar berdarah
  • Batuk berdarah
  • Kejang

 

Baca Juga: Pentingnya Mencoba Dental Massage

 

Jika kamu mengalami salah satu dari gejala yang disebutkan, jangan menunda untuk mengunjungi dokter terdekat. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat agar efek samping tidak semakin parah. Itulah sebabnya, kamu harus berhati-hati dan tidak mengkonsumsi obat Kalmethasone secara sembarangan.

 

Obat Kalmethasone tidak dijual dengan bebas sehingga sebelum mengkonsumsinya, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter. Jika kamu mengalami peradangan pada bagian gigi dan mulut, konsultasikan dulu dengan dokter gigi terpercaya sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri, termasuk obat Kalmethasone.

 

Pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan dokter gigi di klinik gigi terpercaya SATU Dental untuk mendapatkan konsultasi yang memuaskan, sesuai permasalahan gigi dan mulut yang sedang dialami. Kamu bisa mengunjungi klinik SATU Dental yang berlokasi di daerah Jakarta,Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang, atau Bekasi. Jangan sembarangan memilih dokter gigi dan klinik gigi terpercaya, ya jika tidak mau terjadi masalah di kemudian hari!

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental