Klinik Gigi SATU Dental

Gigi Palsu Lepasan: Kelebihan, Kekurangan, Cara Menggunakan dan Tips Merawatnya

Gigi Palsu Lepasan: Kelebihan, Kekurangan, Cara Menggunakan dan Tips Merawatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi ompong tidak hanya membuat kepercayaan diri menurun, tapi juga menyulitkanmu untuk mengonsumsi makanan tertentu, apalagi yang bertekstur keras. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan gigi palsu lepasan untuk mengatasi gigi ompong. 

 

Yuk, ketahui lebih jauh lagi mengenai apa itu gigi palsu lepasan, jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangan, cara menggunakan, sampai tips merawat gigi palsu dengan tepat! 

Table of Contents

Apa Itu Gigi Palsu Lepasan?

Apa Itu Gigi Palsu Lepasan?

Gigi palsu lepasan merupakan gigi yang dibuat untuk mengisi ruang yang kosong pada gusi karena gigi permanen tanggal. 

 

Gigi palsu dapat membantu untuk menjaga supaya struktur rahang tidak berubah dan mengganggu bentuk wajah. 

 

Gigi palsu bisa digunakan sesuai kebutuhan. Untuk lansia yang sudah kehilangan hampir seluruh giginya, bisa menggunakan gigi palsu untuk keseluruhan gigi. 

 

Namun, jika kamu masih muda dan kehilangan beberapa gigi akibat kecelakaan, kamu bisa menggunakan sebagian gigi palsu sesuai gigi yang hilang, seperti pembuatan gigi palsu lepasan depan saja. Gigi palsu yang hanya digunakan sebagian ini lebih dikenal dengan sebutan gigi palsu parsial. 

 

Gigi palsu biasanya dibuat terlebih dahulu dengan melalui beberapa proses. Pemeriksaan dilakukan terlebih dahulu oleh dokter gigi untuk memahami bagaimana posisi rahang atas dan bawah. Lalu, ia akan menentukan panjang gigi palsu yang sesuai agar dapat berfungsi dengan baik seperti gigi asli.

 

Kemudian, dokter akan melakukan pencetakan pada gusi yang giginya tanggal untuk menyesuaikan ukuran gigi agar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jika seperti lansia yang sudah kehilangan seluruh giginya, pencetakan tentu akan dilakukan pada seluruh gusinya. 

 

Penggunaan gigi palsu dapat membantu banyak orang yang kehilangan giginya, supaya dapat makan kembali seperti biasa, rasa percaya diri kembali meningkat, memudahkan untuk berbicara, dan mengembalikan senyuman yang sempat hilang. Cukup banyak ya peran gigi palsu untuk orang-orang yang memiliki permasalahan gigi ompong.


Baca juga: Gigi Goyang: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Gigi Goyang

Jenis Gigi Palsu Lepasan

Melansir WebMD, terdapat 2 jenis gigi palsu lepasan yang bisa digunakan ketika memiliki gigi ompong seperti di bawah ini:

1. Gigi palsu lengkap

Jenis gigi palsu lepasan yang satu ini, dibuat dengan satu set lengkap 32 gigi yang terdiri dari gigi geraham, gigi seri, gigi premolar, dan gigi taring

 

Biasanya jenis gigi palsu lepasan akan digunakan para lansia yang sudah tidak memiliki gigi. Hal tersebut dapat membantu lansia untuk dapat kembali mengonsumsi makanan dengan baik.

2. Gigi palsu parsial

Jenis gigi palsu parsial ini dibuat hanya untuk mengisi beberapa gigi yang tanggal saja. Jadi, tidak dibuat secara keseluruhan seperti jenis gigi palsu yang pertama. 

 

Jika hanya 2 gigi yang tanggal, maka gigi palsu yang dibuat juga hanya 2 buah saja, tidak lebih. Karena itu jenis gigi palsu ini disebut dengan gigi palsu parsial.

Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

Klinik gigi SATU Dental akan menjelaskan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dari penggunaan gigi palsu lepasan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Gigi Palsu Lepasan:

  • Gigi palsu lepasan dapat dilepas pasang, sehingga mudah untuk dibersihkan dari kotoran seperti sisa makanan yang tertinggal. Dengan begitu, gigi palsu lepasan akan lebih terjaga kebersihannya.

  • Kamu bisa kembali mengunyah makanan dengan mudah, walaupun teksturnya kenyal ataupun cukup keras.

  • Gigi ompong biasanya akan mempengaruhi cara berbicara. Dengan penggunaan gigi palsu, cara berbicara kamu perlahan akan kembali seperti semula.

Kekurangan Gigi Palsu Lepasan:

  • Pada awalnya penggunaan gigi palsu lepasan justru akan membuat kamu kesulitan untuk mengunyah, karena butuh waktu untuk adaptasi untuk terbiasa dengan gigi palsu.

  • Gigi palsu lepasan mungkin akan membuat gusi menjadi bengkak, tapi tenang saja, karena itu hanya sementara.

 

Baca juga: 7 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya



  • Pada awal penggunaan gigi palsu, kamu juga mungkin akan kesulitan saat berbicara. Karena itu, kamu perlu melatih beberapa kata yang tidak bisa kamu ucapkan dengan baik, agar lama kelamaan kamu terbiasa dengan penggunaan gigi palsu lepasan.

  • Saat awal penggunaan gigi palsu, kamu juga akan merasakan ketidaknyamanan. Dokter biasanya akan memberikan saran untuk menggunakan gigi palsu pagi dan malam, supaya kamu mudah beradaptasi. 

  • Produksi air liur yang meningkat, sehingga bisa jadi kamu akan mengeluarkan air liur saat tertidur. 

 

Kebanyakan kekurangan dari gigi palsu lepasan, hanya terjadi di awal-awal penggunaannya saja. Selebihnya, penggunaan gigi palsu akan memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. 


Baca juga: 5 Jenis Gigi Palsu Ternyaman dan Cara Merawatnya

Cara Menggunakan Gigi Palsu Lepasan

Cara menggunakan gigi palsu lepasan sangat mudah, kamu hanya perlu memasangnya secara perlahan pada bagian gusi yang kosong. Jangan terlalu dipaksakan apabila gigi palsu masih terasa sulit untuk dipasangkan. 

 

Setelah gigi palsu terpasang, kamu juga bisa meminta kepada dokter gigi untuk menggunakan perekat agar gigi palsu terasa nyaman.

Tips Merawat Gigi Palsu Lepasan

  • Sikat gigi palsu menggunakan sikat berbulu lembut dan jangan gunakan pasta gigi karena dapat merusak bagian luar gigi palsu.

     

  • Gunakan larutan pembersih gigi palsu atau sabun pencuci tangan sebagai pengganti dari pasta gigi.

  • Taruh gigi palsu di dalam air bersih, ketika kamu tidak menggunakannya untuk mencegah gigi palsu menjadi kering.

     

  • Membersihkan keseluruhan gigi palsu bagian depan, belakang, dan permukaan, agar tidak ada sisa makanan penyebab plak yang tersisa, baik pada gigi palsu maupun gigi asli.

Penggunaan gigi palsu lepasan cukup memberikan manfaat bagi kamu yang memiliki gigi ompong. Kamu bisa berkonsultasi tentang penggunaan dan perawatan gigi lepasan dengan langsung datang ke cabang klinik gigi SATU Dental Jakarta, atau cabang yang ada di kota lainnya.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental