Klinik Gigi SATU Dental

Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apa Itu Ahli Gigi?

Gigi palsu, atau yang juga dikenal sebagai denture merupakan perangkat bantu yang dirancang oleh dokter gigi untuk menggantikan fungsi gigi yang telah hilang. Kehilangan gigi atau gigi ompong sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari usia maupun hal lainnya. Jenis gigi palsu sendiri dibagi dalam dua bagian yakni gigi palsu sebagian (Partial Denture) dan gigi palsu seluruhnya (Full Denture).

Selain fungsi utamanya membantu proses mengunyah dan menggigit, gigi palsu juga memainkan peran penting dalam meningkatkan estetika penampilan wajah. Fungsi estetis ini sangat terasa terlebih ketika seseorang itu tersenyum. Nah, soal biaya, gigi palsu juga bervariasi tergantung berbagai faktor. Untuk mengetahui lebih lengkapnya terkait harga gigi palsu permanen maupun lepasan serta jenisnya, simak artikel dari Klinik Gigi SATU Dental berikut ini sampai selesai.

Table of Contents

Harga Gigi Palsu Permanen

Biaya untuk gigi palsu cenderung bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor ini meliputi jenis bahan yang digunakan, jumlah gigi yang perlu digantikan, dan jenis gigi palsu yang dipilih.

Tersedia dua jenis gigi palsu yang perlu dipertimbangkan, yaitu gigi palsu lepasan dan gigi palsu permanen. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan gigi masing-masing orang.

Crown atau bridge gigi adalah contoh dari gigi palsu permanen yang relatif lebih terjangkau dalam hal harga. Namun, jika kamu mempertimbangkan pemasangan gigi palsu permanen dengan menggunakan implan gigi, biayanya bisa mencapai jumlah yang lebih tinggi, bahkan mencapai puluhan juta rupiah.

Harga gigi palsu permanen sendiri berkisar sebagai berikut:

  • Crown gigi kisaran Rp.1.600.000 atau lebih
  • Bridge gigi kisaran Rp.1.600.000 atau lebih
  • Implan gigi kisaran Rp.9.000.000 atau lebih

Jenis Gigi Palsu Permanen

Harga Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen ini lebih praktis karena dibuat lebih awet dan tidak perlu dilepas untuk jangka waktu yang lama. Untuk lebih mengenal tentang gigi palsu permanen itu sendiri, kamu perlu memahami apa saja jenis-jenis dari gigi palsu permanen di bawah ini:

1. Crown Gigi

Crown gigi atau mahkota gigi adalah pemasangan gigi palsu permanen yang biasa digunakan untuk melindungi gigi asli yang sudah rusak. Dari beragam jenis gigi palsu permanen, crown gigi umumnya berbahan dasar logam, keramik atau porselen, resin, porselen campuran logam, dan stainless steel.  

Proses pemasangannya sendiri yaitu membentuk jaringan gigi dan melakukan pencetakan gigi dengan bahan khusus. Hasil cetakannya disesuaikan dengan bentuk, posisi, dan warna gigi di sebelahnya. Setelah mahkota gigi sementara sudah sesuai, proses pemasangan mahkota gigi permanen bisa dilanjutkan.

Penting untuk memilih jenis gigi palsu permanen yang sesuai dengan kebutuhan, karena hal ini berperan penting dalam menjamin daya tahan gigi palsu dalam jangka waktu yang lama. Umumnya, mahkota gigi memiliki masa pakai mencapai 5-15 tahun sebelum perlu diganti atau dirawat lebih lanjut. 

2. Bridge Gigi

Gigi palsu permanen lainnya adalah bridge gigi atau jembatan gigi. Bridge gigi umumnya bisa bertahan kisaran 5-7 tahun, bahkan bisa sampai 15 tahun kalau dirawat dengan baik. Bridge gigi ini umumnya terbagi menjadi 3 jenis bahan yang digunakan, yaitu cantilever bridge,  traditional bridge, dan maryland bonded bridge. 

Bridge gigi umumnya diterapkan untuk menggantikan gigi geraham bawah yang hilang, berfungsi sebagai penyangga atau jembatan bagi gigi tiruan. Fungsinya adalah untuk mengisi ruang kosong akibat kehilangan gigi, dengan dukungan dari dua gigi asli di sebelah kiri dan kanan. Karena alasan ini, tipe gigi palsu permanen ini juga dikenal sebagai gigi tiruan cekat.

3. Implan Gigi

Implan gigi merupakan akar tiruan yang ditanam dalam tulang rahang untuk mendukung dan menopang gigi palsu permanen yang ditempatkan di atasnya. Jenis gigi palsu permanen ini bisa digunakan untuk menggantikan satu atau beberapa gigi sekaligus.

Implan gigi yang termasuk dalam kategori gigi palsu permanen memiliki bentuk seperti sekrup yang kuat, biasanya terbuat dari titanium, dan ditanam ke dalam tulang rahang melalui prosedur operasi. Proses pemasangan implan gigi biasanya dimulai dengan pencabutan gigi jika diperlukan. Kemudian, tahap selanjutnya melibatkan pemasangan gigi palsu permanen ini, termasuk tahap pencangkokan tulang rahang jika kondisinya dianggap kurang ideal. Setelahnya, dilakukan langkah pemasangan implan gigi, penyangga, dan akhirnya mahkota gigi buatan.

Harga Gigi Palsu Lepasan

Harga Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan awalnya terbuat dari akrilik. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini ada juga yang penopangnya berbahan dasar logam, sementara bagian giginya masih menggunakan akrilik.

Untuk harganya sendiri dapat berbeda-beda, tergantung dari jumlah gigi palsu yang diperlukan dan jenis bahan plat yang dipilih. Berikut ini kisaran biaya gigi palsu lepasan di klinik gigi:

  • Plat akrilik kisaran Rp.1.500.000
  • Plat valplast kisaran Rp.2.000.000
  • Plat logan kisaran Rp.3.000.000

Itulah tadi informasi mengenai harga gigi palsu permanen dan lepasan beserta jenis dari gigi palsu permanen. Harga yang tertera di atas bisa berbeda tergantung dari klinik gigi dan jenis gigi yang kamu pilih ya. Jadi, sebelum memutuskan untuk memasang gigi palsu permanen maupun lepasan, penting untukmu riset lebih lanjut terkait klinik gigi terpercaya agar tidak salah langkah.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental