Klinik Gigi SATU Dental

Cara Memundurkan Gigi Tonggos dengan Aman

Penyebab Gigi Tonggos dan Cara Memundurkannya dengan Aman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Bukan hanya memiliki peran penting dalam sistem pencernaan manusia, gigi juga mengambil bagian dalam estetika dan penampilan seseorang. Pastinya, setiap orang ingin memiliki gigi putih yang bersih untuk memaksimalkan senyuman. Dalam hal ini, tidak semua orang memiliki gigi yang sempurna sejak lahir, ada juga yang memiliki gigi tonggos dan tidak rata yang otomatis membutuhkan proses perawatan tambahan demi memiliki gigi idaman.

Kenali apa itu gigi tonggos, beserta cara memundurkan gigi tonggos dan penyebabnya. Butuh perawatan lebih lanjut dan konsisten, simak penjelasan dan informasi lengkapnya dari Klinik Gigi SATU Dental berikut ini ya.

Table of Contents

Pengertian Gigi Tonggos

Apa itu gigi tonggos? Gigi tonggos adalah gigi  yang mengalami kelainan bentuk dengan posisi deretan gigi atas atau bawah yang terlalu maju disebut sebagai gigi tonggos. Gigi tonggos juga termasuk salah satu masalah umum dalam struktur gigi dan sering kali dapat diperbaiki dengan menggunakan perangkat kawat gigi.

Secara alami, deretan gigi atas memiliki kecenderungan sedikit lebih maju daripada deretan gigi bawah. Dalam kondisi mulut tertutup, kedua tonjolan gigi geraham atas seharusnya berada secara ideal di atas cekungan gigi geraham bawah.

Namun, pada gigi yang mengalami gigi tonggos, pertemuan antara deretan gigi atas dan bawah tidak sesuai dengan posisi normal. Akibatnya, satu atau kedua deretan gigi menjadi lebih maju daripada seharusnya.

Gigi tonggos juga dikenal dengan istilah lain seperti maloklusi gigi, buck teeth, atau protruding teeth. Selain mempengaruhi penampilan, gigi tonggos juga memiliki potensi untuk menyebabkan luka pada gusi, bibir, dan lidah. Kondisi ini juga dapat mengganggu fungsi normal saat mengunyah makanan atau berbicara.

Penyebab Gigi Tonggos

Penyebab Gigi Tonggos

Gigi tonggos terjadi ketika jumlah gigi tidak sejalan dengan ukuran atau bentuk rahang, baik rahang atas maupun bawah. Ini dapat mengakibatkan ruang yang terlalu besar antara gigi-gigi atau kurangnya ruang antar gigi.

Penyebab utama gigi tonggos biasanya adalah karena faktor genetik. Namun, ada beberapa penyebab gigi tonggos lainnya yang dapat menyebabkan ketidaksesuaian ukuran dan bentuk rahang, di antaranya:

  • Kebiasaan saat balita: Mengisap jempol, dot, atau botol susu saat masih balita dapat memengaruhi perkembangan rahang dan gigi.
  • Perubahan posisi gigi: Gigi yang tanggal atau copot dapat menyebabkan pergeseran gigi lainnya.
  • Pertumbuhan gigi tidak normal: Pertumbuhan gigi yang tidak normal juga dapat menjadi faktor penyebab gigi tonggos.
  • Bruxism: Kebiasaan menggertakkan dan menggesekkan gigi (bruxism) dapat mempengaruhi penempatan gigi.
  • Cedera rahang: Cedera yang mengakibatkan putusnya rahang dapat mempengaruhi posisi gigi.
  • Tumor mulut atau rahang: Kondisi medis seperti tumor pada mulut atau rahang juga dapat berkontribusi pada ketidaksesuaian ukuran dan bentuk rahang.

Dalam banyak kasus, faktor-faktor ini dapat berperan dalam perkembangan gigi tonggos. Oleh karena itu, perhatian terhadap penyebab di atas dan konsultasi dengan dokter gigi dapat membantu dalam merencanakan perawatan yang sesuai.

Cara Memundurkan Gigi Tonggos

Tidak semua orang membutuhkan tindakan untuk memundurkan gigi yang tonggos, tetapi dalam beberapa kasus, jika gigi tonggos mengganggu kesehatan gigi atau mulut, seperti meningkatkan risiko kerusakan gigi, gangguan gusi, atau masalah lainnya, tindakan perbaikan perlu dilakukan.

Berikut adalah beberapa cara memundurkan gigi tonggos  yang dapat segera dilakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. Pemasangan Kawat Gigi

Cara memundurkan gigi tonggos yang pertama tentunya adalah dengan pemasangan kawat gigi. Pemasangan kawat gigi adalah salah satu metode paling umum untuk memundurkan gigi tonggos. Kawat gigi terdiri dari kawat logam dan bracket yang ditempatkan pada gigi. Kadang-kadang, gigi perlu dicabut untuk memberikan ruang yang cukup selama proses perbaikan.

2. Penggunaan Aligner

Cara memundurkan gigi tonggos yang kedua adalah dengan menggunakan aligner gigi. Aligner gigi adalah perangkat yang terbuat dari plastik transparan yang digunakan untuk memundurkan gigi. Mereka harus diganti setiap dua minggu untuk menyesuaikan perubahan pada gigi. Aligner harus digunakan secara teratur, kecuali saat makan.

3. Pelebaran Rahang Atas (Palate Expansion)

Cara memundurkan gigi tonggos yang selanjutnya dapat dilakukan pada anak-anak atau remaja, yaitu pelebaran rahang atas. Pelebaran rahang atas sering digunakan pada anak-anak atau remaja yang memiliki rahang atas yang kecil. Ini dilakukan dengan menggunakan alat palatal expander yang terdiri dari dua bagian, yang ditempatkan di gigi geraham atas dan memiliki expansion crew di tengah untuk melebarkan rahang atas.

4. Pencabutan Gigi

Dalam beberapa kasus, cabut gigi mungkin diperlukan untuk memberikan ruang yang diperlukan untuk memundurkan gigi yang terlalu berdempetan.

5. Perbaikan Gigi

Dokter gigi juga dapat melakukan perbaikan pada gigi yang memiliki bentuk yang tidak normal atau permukaan yang kasar untuk mengoreksi posisi dan bentuknya.

6. Bedah Rahang

Cara memundurkan gigi gonggos yang terakhir akan dibahas oleh Klinik Gigi SATU Dental adalah dengan metode bedah rahang. Bedah rahang mungkin diperlukan jika masalah gigi tonggos disebabkan oleh gangguan rahang. Bedah rahang dapat membantu memperbaiki posisi rahang atas dan bawah.

Semua metode di atas harus dipilih berdasarkan kondisi gigi dan rekomendasi dari dokter gigi yang kompeten. Keputusan mengenai cara memundurkan gigi tonggos harus didasarkan pada evaluasi medis yang cermat.

Cara Mencegah Gigi Tonggos

Meskipun sering dikatikan dengan faktor keturuanan, untuk mengurangi peluang terbentuknya gigi tonggos, terdapat langkah-langkah proaktif yang bisa diambil, antara lain:

  • Mengurangi waktu penggunaan empeng bagi bayi atau dot dan balita.
  • Mengakhiri kebiasaan anak mengemut ibu jari.
  • Segera berkonsultasi dengan spesialis gigi untuk opsi implan atau gigi buatan apabila terjadi kehilangan gigi.
  • Memastikan untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi, idealnya setiap enam bulan, untuk deteksi awal setiap potensi masalah gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Tonggos

Dalam mengatasi gigi tonggos ini, kamu bisa melakukan pemeriksaan dan perawatan di klinik gigi terpercaya yang sudah terbukti kualitas dan kebersihannya. Untuk itu, berikut ini rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi gigi tonggos:

Selain klinik gigi di atas, Satu Dental juga menyediakan cabang klinik gigi di Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Kamu bisa memilih klinik yang paling dekat dengan tempat tinggalmu, ya.

Itulah tadi informasi dan penjelasan lengkap mengenai gigi tonggos, cara memundurkan gigi tonggos, pengertian, hingga penyebabnya. Jangan sembarangan dalam memilih klinik gigi dan utamakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut demi hasil yang lebih maksimal.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental