Klinik Gigi SATU Dental

Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apakah kamu kurang percaya diri dengan tampilan gigi yang kurang rata? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, kini ada banyak cara untuk memperoleh tampilan gigi yang lebih rapi. Salah satunya adalah dengan perawatan behel gigi.

 

Selain merapikan gigi, behel juga akan membuat senyummu lebih menawan. Bukan hanya setelah selesai perawatan, saat masih menggunakan behel sekalipun tampilanmu jadi lebih menarik. Namun sebelum itu, kamu perlu range harga behel gigi agar tidak over budgeting, ya! Berikut SATU Dental uraikan secara tuntas.

Table of Contents

Apa itu Behel Gigi?

Sebelum melakukan tindakan behel gigi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu behel gigi. Dilansir Cleveland Clinic, behel gigi merupakan alat untuk membantu mengatasi permasalahan gigi. Mulai dari gigi yang terlalu maju, berjejal, bengkok, hingga tidak sejajar.

 

Dalam penggunaannya, behel gigi secara perlahan akan merapikan dan menyelaraskan gigi sehingga menghasilkan tampilan serta gigitan yang normal. Namun, tidak jarang pula, behel gigi banyak dipilih untuk memperbaiki tampilan senyuman.

Prosedur Pemasangan Behel Gigi

Treatment gigi wajib dilakukan oleh dokter gigi dan bukan mantri apalagi di klinik kecantikan. Jika memasang behel dengan dokter gigi umum, nantinya akan dilakukan penanganan dasar dan perawatan masalah gigi standar. Namun, jika menggunakan jasa ahli ortodontik atau ahli spesialis, perawatannya akan jauh lebih profesional.

 

Sebelum memulai prosedur behel, dokter gigi atau ortodontis akan mengumpulkan informasi mengenai kesehatan gigi kamu. Adapun caranya seperti melalui pertanyaan, pemeriksaan klinis, pemindaian digital, serta foto wajah dan gigi. 

 

Mereka juga mungkin memesan rontgen mulut dan kepala untuk mendapatkan gambaran lebih detail. Berdasarkan informasi tersebut, dokter akan menyusun rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan gigimu.

Jenis Behel Gigi dan Harga Behel Gigi

Behel gigi tersedia dalam berbagai jenis yang bisa dipilih pasien. Adapun jenisi behel gigi turut memengaruhi besaran harga perawatnnya. Nah, untuk lebih detailnya, yuk simak uraian lengkapnya berikut ini

 

  • Behel metal konvensional. Sesuai namanya, behel metal konvensional terbuat dari bahan metal. Saat perdana pemasangan, rasanya akan sedikit lebih berat. Walau begitu, behel konvesional sangat direkomendasikan bagi orang dengan gigi kompleks. Untuk harga pasangnya sendiri Rp4.000.000.

  • Behel keramik. Keramik yang dipakai bracket gigi biasanya berwarna putih susu atau serupa warna gigi. Behel ini tampaknya hanya memperlihatkan bagian kawatnya saja. Tarif treatment-nya Rp8.000.000. Sayangnya, behel keramik rawan rusak dan berubah warna.

  • Behel gigi lingual. Dengan behel gigi lingual, perawatan behelmu tidak akan terlihat dari luar. Sebab, pemasangan kawat berada di bagian belakan gigi. Tentu saja, pemasangannya akan lebih rumit. Gak heran jenis behel gigi dan harganya ini mahal, mulai Rp20.000.000.

  • Behel gigi transparan. Clean aligner atau behel gigi transparan berupa cangkang dengan bentuk menyerupai gigi asli. Behel jenis ini bisa dilepas-pasang pada waktu tertentu, seperti ketika makan. Namun, pastikan menggunakan clean aligner berkualitas. Harganya mulai Rp10.000.000.

  • Behel gigi self-ligating atau damon. Perawatan behel gigi gigi self-ligating atau damon mirip behel gigi konvensional. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan klip khusus sebagai penggan karet. Ini dipakai untuk menahan posisi kawat pasa setiap bracket gigi. Tarifnya mulai Rp12.000.000.

Berapa Durasi Memasang Behel?

Memasang behel gigi memerlukan durasi waktu tertentu. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pemasangan behel gigi lebih optimal. Lantas, berapa lama pasang behel? Secara umum, waktu yang dibutuhkan memasang behel adalah sekitar 1-2 jam, melansir Healthline. 

Di Mana Tempat Memasang Behel?

Seperti yang telah disebutkan, sebaiknya lakukan prosedur pemasangan behel bersama dokter terpercaya. Terkait tempat treatment-nya sendiri, kamu bisa lakukan di tempat pasang behel terdekat dari rumah. Lantas, di mana saja lokasinya, berikut uraian lengkapnya.


  • Puskesmas. Prosedur behel gigi bisa kamu lakukan di puskesmas terdekat. Namun sebelum itu, kamu perlu memastikan ketersedian layanannya. Harga pasang behel di puskesmas berkisar antara Rp2.000.000 sampai Rp2.500.000. Namun, perlu kamu tahu, behel BPJS tidak belaku, yang artinya perawatan behel tidak ditanggung BPJS.

  • Klinik gigi. Klinik gigi juga bisa menjadi opsi untuk melakukan prosedur behel gigi. Umumnya, ini akan dilakukan oleh dokter profesional. Tarifnya pun tidak terlalu mahal, range-nya ada di angkar Rp4.500.000 sampai Rp6.000.000. Masih cukup terjangkau bukan?

  • Rumah sakit. Bila berdomisili dekat rumah sakit, kamu bisa memasang behel di sana. Biasanya, fasilitas dan perlengkapannya lebih lengkap daripada puskesmas. Tentunya, tarifnya akan sedikit lebih mahal, yakni sekitar Rp3.000.000 sampai Rp20.000.000.

Cara Merawat Behel Gigi

Merawat behel gigi dengan baik merupakan kunci utama mencapai hasil perawatan gigi yang optimal. Adapun beberapa cara merawat behel gigi adalah sebagai berikut.

 

  • Menyikat gigi secara teratur. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan malam sebelum tidur penting untuk dilakukan. Ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Jika dibiarkan gigi akan menguning dan nafas menjadi bau.

  • Hindari makanan yang menyulitkan. Jauhi makanan keras, lengket, atau klep untuk menjaga kualitas behel. Contohnya seperti permen keras, karamel, kacang, popcorn, dan es batu. Makanan-makanan ini bisa merusak bracket atau menyebabkan kawat patah.

  • Kurangi konsumsi makanan manis dan berwarna. Kudapan manis dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi selama pemakaian behel gigi. Sementara itu, makanan berwarna seperti kopi, teh, atau minuman berkarbonasi dapat menyebabkan noda pada bracket dan gigi.

  • Rutinitkan kunjungan ke dokter gigi. Sangat penting untuk tetap melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi atau klinik gigi yang terpecaya. Biasanya, perawatan kawat gigi memerlukan penyesuaian berkala untuk memastikan gigi bergerak ke posisi yang benar.

 

Sekarang kamu sudah tahu banyak hal terkait behel gigi, termasuk harga behel itu sendiri. Namun, kamu tetap harus memastikan di mana kamu akan melakukan perawatan. Usahakan memilih klinik gigi yang terpercaya, mengingat prosedur dan alat yang dipakai sudah pasti teruju. Semoga ulasan SATU Dental di atas bermanfaat untukmu.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental