Klinik Gigi SATU Dental

5 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Secara Alami dengan Efektif

5 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Secara Alami dengan Efektif

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Anda mungkin pernah mengalami momen dimana mulut terasa terlalu basah karena produksi air liur yang berlebihan. Kondisi ini tidak hanya mengganggu secara sosial, tetapi juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia yang keras. Simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut, ya.

Table of Contents

Penyebab Air Liur Berlebihan

Pertama-tama, mari kita kenali penyebab dari produksi air liur yang berlebihan ini. Berikut beberapa penyebab umum air liur berlebihan menurut Jurnal Auton Neurosci:

 

  • Kecemasan dan Stres: Sistem saraf parasimpatis yang bertanggung jawab untuk fungsi “istirahat dan pencernaan” juga merangsang produksi air liur. Saat Anda cemas atau stres, aktivitas sistem saraf parasimpatis meningkat, sehingga produksi air liur pun ikut meningkat.
  • Masalah Pencernaan: Gangguan pencernaan seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD) dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi tenggorokan. Iritasi ini memicu produksi air liur berlebih sebagai mekanisme pertahanan tubuh.
  • Obat-obatan: Beberapa jenis obat, seperti obat antidepresan, antipsikotik, dan obat tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan efek samping berupa air liur berlebihan.

Baca Juga: 5 Fungsi Mulut dan Bagian-Bagiannya (Anatomi Mulut)

 

  • Infeksi Mulut: Infeksi pada mulut, seperti sariawan atau radang gusi, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada jaringan mulut. Iritasi ini menstimulasi kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak air liur. 
  • Kehamilan: Perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan air liur berlebihan pada beberapa wanita. Peningkatan kadar estrogen dan progesteron diduga berperan dalam peningkatan produksi air liur.
  • Kebiasaan Tertentu: Merokok, mengunyah permen karet, dan mengisap jari dapat merangsang produksi air liur. Kebiasaan ini meningkatkan aktivitas otot-otot wajah dan kelenjar ludah, sehingga produksi air liur pun meningkat.


Baca Juga: Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi air liur berlebihan:

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara termudah untuk mengurangi produksi air liur yang berlebihan adalah dengan meningkatkan konsumsi air putih. Mungkin terdengar kontraproduktif, tapi minum air putih justru dapat membantu mengurangi produksi air liur berlebihan. 

 

Ketika kamu dehidrasi, tubuhmu akan menghasilkan lebih banyak air liur untuk menjaga kelembapan mulut. Minum air putih secara teratur membantu tubuh terhidrasi dan mengurangi kebutuhan untuk memproduksi air liur berlebihan.

 

Air putih tidak hanya membantu menjaga kelembapan mulut, tetapi juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang dapat memicu produksi air liur berlebihan.

 

2. Kurangi Alkohol dan Rokok

Alkohol dan rokok dapat merangsang kelenjar air liur, sehingga meningkatkan produksi air liur. Alkohol dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk di kelenjar ludah. 

 

Gangguan keseimbangan elektrolit ini dapat mengganggu fungsi kelenjar ludah, sehingga produksi air liur menjadi tidak normal dan terkadang berlebihan. Zat-zat tertentu dalam rokok, seperti nikotin dan akrolein, dapat merangsang reseptor pada mulut dan memicu produksi air liur berlebihan.

 

Dengan mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol dan rokok, Anda dapat membantu mengontrol produksi air liur yang berlebihan.

 

3. Memperbaiki Cara Makan

Cara makan yang terburu-buru atau makan dalam jumlah besar dapat merangsang produksi air liur. Cobalah untuk makan dengan perlahan dan mengunyah makanan secara menyeluruh untuk membantu mengurangi produksi air liur yang berlebihan.

 

Baca Juga: 12 Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

 

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet secara teratur dapat merangsang kelenjar air liur dan membantu mengurangi produksi air liur yang berlebihan. Proses mengunyah meningkatkan aliran air liur di mulut. Hal ini membantu mendistribusikan air liur secara merata di seluruh mulut dan mencegah penumpukan air liur di satu tempat. Pilihlah permen karet yang bebas gula dan non-asam untuk hasil yang lebih baik.

 

5. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat penting untuk mengontrol produksi air liur yang berlebihan. Sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi secara teratur, dan kunjungi dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan.

 

Dengan menerapkan beberapa cara alami di atas, Anda dapat mengatasi masalah produksi air liur yang berlebihan secara efektif. Namun, jika masalah ini terus berlanjut atau Anda memiliki kekhawatiran lain terkait kesehatan mulut dan gigi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi


Jadwalkan kontrol kesehatan mulut dan gigi Anda hari ini di Klinik Gigi SATU Dental untuk mendapatkan perawatan terbaik. Jangan biarkan masalah kecil gigi dan gusi Anda berkembang menjadi masalah serius. Cek segera lokasi Klinik Gigi SATU Dental terdekatmu di sini.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental