Klinik Gigi SATU Dental

6 Penyebab Gigi Keropos dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Gigi Keropos dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sama seperti tulang, gigi juga bisa mengalami pengeroposan. Gigi keropos merupakan kondisi di mana lapisan enamel yang berperan sebagai pelindung gigi terkikis.

 

Jika didiamkan lama, gigi keropos bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif hingga kerusakan lainnya pada gigi. Biasanya gigi keropos ditandai dengan munculnya sebuah bintik putih pada gigi seperti noda. Setelah itu, gigi akan mengalami perubahan warna dan parahnya gigi dapat retak sampai hilang struktur giginya.

 

Gigi yang mengalami pengeroposan umumnya terlihat baik-baik saja dari luar, namun ternyata di dalam gigi ternyata sudah kosong dan berlubang, sehingga bisa saja gigi keropos patah saat makan-makanan yang terlalu keras.


Dalam artikel kali ini, Klinik Gigi SATU Dental akan mengupas habis penyebab gigi keropos, macam-macam makanan yang bisa memicu gigi menjadi keropos lebih cepat, cara mengatasinya, sampai rekomendasi klinik gigi yang bagus untuk mengobati gigi keropos.

Table of Contents

6 Penyebab Gigi Keropos

Untuk menghindari gigi keropos, alangkah lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja penyebab gigi mengalami pengeroposan. Ini dia ada beberapa penyebab gigi keropos yang penting dipahami.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Ketika kebersihan gigi dan mulut kurang dijaga, kemungkinan tumbuh plak pada gigi menjadi lebih tinggi. Plak yang menempel pada gigi bersifat lengket dan tentunya tidak memiliki dampak yang baik sama sekali. Plak bahkan bisa menjadi penyebab gigi menjadi keropos.

2. Sinus

2. Asam Lambung

Pengeroposan gigi juga dapat disebabkan oleh penyakit lambung seperti maag dan GERD. Pasalnya, kedua penyakit tersebut seringkali menyebabkan asam lambung naik hingga ke mulut. Asam lambung yang naik tersebut menjadi penyebab keropos hingga terkikisnya lapisan luar sampai ke bagian dalam gigi.

3. Mulut yang Kering

Air liur memiliki peran dalam menjaga mulut agar tetap terjaga kelembabannya. Selain itu, air liur juga bekerja untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut dan gigi, serta menetralisir asam yang berasal dari makanan.

 

Namun, ketika mulut kering menandakan bahwa produksi air liur berkurang, yang berarti tidak ada lagi yang memainkan peran untuk melawan asam makanan atau minuman, sehingga gigi dapat mengalami pengeroposan.

 

Mulut yang kering bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi air minum atau sehabis minum obat-obatan tertentu seperti obat hipertensi, antasida, maupun obat pereda sakit seperti paracetamol.

4. Bulimia

Bulimia merupakan kondisi yang cukup serius, di mana seseorang mempunyai ketakutan akan badan yang gemuk. Karena hal tersebut, banyak orang yang mengidap bulimia, kembali memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Ketika memaksakan untuk muntah, cairan asam yang ke luar dari muntahan sangat asam dan bersifat merusak dan menyebabkan gigi keropos.

5. Minum Susu dalam Posisi Tidur

Minum susu sambil tidur bisa menyebabkan gula menumpuk pada gigi anak, dan bakteri jahat dalam mulut akan mengubah gula tersebut menjadi asam. Pada akhirnya minum susu dalam posisi tidur, bisa menjadi penyebab gigi keropos.

6. Makanan dan Minuman Asam

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan dan minuman asam bisa menjadi penyebab gigi mengalami keropos. Asam dari makanan dan minuman bisa mengikis lapisan enamel dan dentin secara perlahan.

Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

Dikatakan bahwa makanan dan minuman bisa menyebabkan gigi keropos, lantas apa sajakah makanan dan minuman tersebut?

 

  • Buah yang rasanya asam seperti jeruk.
  • Es batu.
  • Minuman soda.
  • Makanan yang lengket teksturnya.
  • Alkohol dan minuman yang isinya dicampur dengan alkohol.
  • Makanan dengan kandungan tinggi pati.
  • Kopi dan teh (berkafein)

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Cara paling tepat untuk mengatasi gigi keropos adalah dengan langsung datang ke klinik gigi terpercaya, untuk dilakukan pemeriksaan sudah separah apakah pengeroposannya. Gigi keropos memang biasanya dapat diketahui dengan menggunakan alat medis yang memadai.

 

Setelah berkunjung ke dokter gigi, perlu bagi kamu untuk mencegah permasalahan gigi keropos seperti di bawah ini:

 

  • Sikat gigi secara rutin, 2 kali dalam sehari.
  • Lakukan flossing.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman asam ataupun manis.
  • Tunggu satu jam setelah makan, barulah bersihkan gigi.
  • Gunakan sedotan saat minum berkafein.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Keropos

Atasi segera masalah gigi keropos dengan berkunjung ke Komplek Taman Ratu Indah. Jalan Ratu Kemuning Blok D11 no 19C., RT 09 / RW 013, Jakarta Barat. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Greenville atau Taman Ratu)

Datanglah ke Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968, untuk mengatasi gigi keropos. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

Kunjungi klinik gigi Satu Dental di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

Satu Dental juga ada di Bogor, lebih tepatnya di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143 (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)

Kamu yang merupakan warga Bekasi, jangan lupa untuk datang keRuko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi)

Bagi yang ada di daerah tangerang, datanglah ke klinik gigi Satu Dental yang berlokasi di Ruko Graha Matercella E.84, Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Jaya sektor 3, RT.02 RW.04, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bintaro)


Semoga kamu dapat memahami bahwa kesehatan gigi sangat penting sehingga harus dijaga dan juga melakukan perawatan gigi secara berkala sesuai kebutuhan.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental