Klinik Gigi SATU Dental

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Mudah di Rumah

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Mudah di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apakah kamu ingin tampil percaya diri dengan senyuman yang memukau? Memutihkan gigi adalah langkah penting untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Karena hal tersebut SATU Dental punya beberapa cara memutihkan gigi yang bisa langsung kamu coba di rumah. Yuk, simak tips-tips berikut ini!

Table of Contents

1. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Cara memutihkan gigi yang pertama tentunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta hal ini sangatlah perlu kamu perhatikan. Pastikan kamu menyikat gigi dengan benar setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. 

Selain menyikat gigi dua kali sehari, gunakanlah pasta gigi yang mengandung bahan pemutih gigi yang aman. Lalu, jangan lupa membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi secara teratur, dan untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan mouthwash untuk membantu mengurangi bakteri pada gigi, serta bisa untuk menyegarkan mulut kamu. 

 

Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, kamu dapat mencegah noda gigi kuning dan menjaga gigi tetap bersih.

2. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Noda

Perlu kamu ketahui juga, ada beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.


Hindarilah konsumsi makanan atau minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Beberapa contoh minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi adalah seperti teh, kopi, dan soda. Jika kamu tidak bisa menghindarinya, cobalah untuk menggunakan sedotan saat minum untuk mengurangi paparan minuman berwarna pada gigi.

 

Setelah mengonsumsi minuman tersebut, berkumurlah dengan air putih atau sikat gigi untuk mencegah noda yang menempel pada gigi.

3. Gunakan Bahan Alami yang Ampuh

Cara memutihkan gigi tidak haruslah selalu sulit atau mahal, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ampuh untuk memutihkan gigi kamu. 

 

Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu memutihkan gigi secara efektif. Salah satunya adalah baking soda. 

Cara memutihkan gigi dengan baking soda juga didukung oleh sebuah studi penelitian yang telah diterbitkan oleh The Journal of the American Dental Association pada tahun 2017. Membersihkan gigi dengan baking soda, cukup efektif untuk menghilang noda penyebab gigi menjadi kuning.

 

Baking soda memiliki kandungan yang dapat menghilangkan noda kuning pada gigi. Kamu bisa menggunakannya dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air, kemudian menggosok gigi dengan campuran tersebut.

 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan baking soda sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, karena dapat merusak lapisan email gigi.

4. Menggunakan Minyak Kelapa untuk Berkumur

Selain menggunakan baking soda, kamu juga juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk berkumur.

 

Teknik berkumur dengan minyak kelapa atau oil pulling juga dapat membantu memutihkan gigi secara alami. 

 

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Health Science, oil pulling bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi kamu karena terdapat kandungan asam laurat pada minyak kelapa.

Kandungan asam laurat dapat  membantu membasmi plak serta bakteri penyebab gigi kuning. Karena hal tersebut, minyak kelapa sering dijadikan bahan pemutih gigi alami.

 

Caranya memutihkan gigi dengan minyak kelapa cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil satu sendok makan minyak kelapa dan berkumur selama sekitar 15-20 menit. 

 

Minyak kelapa akan membantu mengurangi plak dan bakteri di dalam mulut, serta membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih

5. Mengonsumsi Buah-buahan yang Mencerahkan Gigi

Buah adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kamu, dan salah satu manfaatnya ternyata dapat mencerahkan gigi kamu. Ada beberapa buah-buahan mengandung asam malat yang dapat membantu memutihkan gigi. 

 

Beberapa buah-buahan yang dapat mencerahkan gigi kamu adalah seperti strawberry, pepaya, dan apel bisa menjadi pilihan yang baik. Kamu bisa langsung menggosokkan irisan strawberry atau pepaya pada gigi, atau mengonsumsi buah-buahan tersebut secara teratur. 

 

Namun, perlu diingat bahwa buah-buahan berwarna gelap seperti stroberi juga dapat meninggalkan noda pada gigi jika tidak dibersihkan dengan baik setelah mengkonsumsinya.

6. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Memiliki kebiasaan atau gaya hidup merokok dan minum minuman beralkohol tidaklah baik untuk kebersihan dan kecerahan gigi kamu. Merokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan. 

 

Dalam jangka panjang, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh kamu seperti masalah kesehatan pada organ paru-paru, jantung, radang gusi hingga kanker mulut.

 

Jika kamu ingin tetap sehat, gigi tetap putih dan bersih, hindarilah kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol sekarang juga.

7. Periksakan Gigi Secara Teratur ke Dokter Gigi

Cara memutihkan gigi terakhir yang akan SATU Dental berikan kali ini adalah cara yang paling efektif untuk memutihkan gigi kamu, cara tersebut adalah periksakan gigi secara teratur ke dokter gigi terbaik yang kamu percayakan.  

 

Dengan pergi ke dokter gigi terbaik, dokter gigi dapat memberikan saran dan melakukan prosedur pemutihan gigi profesional jika diperlukan. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda, dan dokter gigi adalah orang yang tepat untuk memberikan rekomendasi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.

 

Itulah beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Ingatlah bahwa hasil yang kamu dapatkan mungkin bervariasi tergantung pada kondisi awal gigi dan efektivitas metode yang digunakan. 

 

Tetaplah menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur, serta berkonsultasilah dengan dokter gigi terbaik di klinik gigi terbaik jika kamu mengalami masalah yang lebih serius. 

 

Dengan rutin menerapkan cara memutihkan gigi di atas dan berkunjung ke cabang Klinik Gigi SATU Dental, kamu dapat memiliki senyuman yang indah dan percaya diri!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental