Klinik Gigi SATU Dental

unnamed (10)

Perbedaan Scaling dengan Dental Spa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti menyikat gigi secara rutin, menggunakan dental floss, berkumur dengan obat kumur, dan mengunjungi dokter gigi secara berkala. 


Di klinik gigi, ada beberapa jenis layanan yang dapat Anda dapatkan, seperti scaling gigi dan dental spa. Apa perbedaan antara scaling gigi dan dental spa? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Table of Contents

Scaling Gigi

Scaling gigi adalah proses pembersihan gigi yang dilakukan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi. Plak adalah lapisan tipis yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, bakteri, dan air liur yang menempel pada gigi. 

 

Jika plak tidak dibersihkan secara teratur, maka akan mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi adalah deposit keras yang terbentuk dari mineral yang berasal dari air liur. Karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, seperti bau mulut, gigi berlubang, radang gusi, atau bahkan kehilangan gigi.

 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

 

Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan alat khusus, seperti scaler atau ultrasonic scaler, yang dapat menghapus plak dan karang gigi dengan efektif. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter gigi atau asisten gigi yang terlatih dan berpengalaman. Scaling gigi membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, tergantung pada tingkat keparahan plak dan karang gigi pada gigi pasien.

 

Tujuan dari scaling gigi adalah untuk membersihkan gigi dari kotoran dan karang gigi, serta untuk mencegah dan mengatasi penyakit gusi. Dengan scaling gigi, Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mengurangi risiko masalah kesehatan mulut yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan mudah dan efektif

Dental Spa

Dental spa adalah proses pembersihan gigi yang lebih menyeluruh, yang lebih berfokus pada pembersihan noda pada gigi. Dental spa tidak hanya menawarkan layanan pembersihan gigi, tetapi juga layanan tambahan yang dapat meningkatkan kesehatan dan keindahan gigi dan gusi, serta memberikan pengalaman kesejahteraan bagi pasien.

 

Dental spa menggabungkan konsep spa dengan perawatan gigi, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan.

 

Dental spa meliputi prosedur pembersihan gigi yang lebih lengkap daripada scaling gigi, yaitu dengan menghilangkan atau membuang biofilm, noda, karang gigi, yang ada pada gigi asli, restorasi gigi, gigi tiruan, maupun implan. Dental spa gigi juga melakukan pemeriksaan dan perawatan gusi, jika ditemukan adanya masalah seperti radang, infeksi, atau penyakit gusi lainnya.

 

Baca juga: Scaling dan Pembersihan Karang Gigi 

 

Selain itu, dental spa  juga menawarkan perawatan gigi secara menyeluruh yang fokus untuk menghilangkan noda pada gigi. Dental spa juga dapat memperbaiki bentuk, ukuran, atau posisi gigi yang tidak rata, terlalu panjang, atau terlalu pendek dengan menggunakan restorasi gigi. 

 

Dental spa juga dapat mengoreksi gusi yang terlalu tinggi, terlalu rendah, atau tidak simetris dengan menggunakan prosedur seperti gingivectomy, gingivoplasty, atau crown lengthening.

 

Dental spa dilakukan dengan menggunakan alat dan teknologi modern yang dapat memberikan hasil pembersihan noda pada gigi dengan optimal dan minim rasa sakit. 

 

Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter gigi yang ahli dan profesional dalam bidangnya. Dental spa  membutuhkan waktu yang lebih lama daripada scaling gigi, tergantung pada jenis perawatan yang dilakukan dan kondisi gigi dan gusi pasien.

 

Tujuan dari dental spa adalah untuk memberikan perawatan yang lebih menyeluruh untuk kebersihan gigi, serta menyenangkan bagi pasien. 

 

Dengan dental spa, Anda tidak hanya mendapatkan gigi yang sehat dan bersih dari noda, tetapi juga gigi yang berkilau dan indah. Dental spa gigi juga dapat memberikan pengalaman yang lebih santai dan nyaman, dengan aroma terapi, musik, dan bahkan pijat.

 

Scaling gigi dan dental spa adalah dua jenis layanan yang berbeda yang dapat Anda dapatkan di klinik gigi. Scaling gigi adalah prosedur pembersihan gigi sederhana yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. 

 

Dental spa adalah prosedur pembersihan gigi secara menyeluruh dan menyenangkan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan gigi dari noda, serta memberikan pengalaman kesejahteraan bagi pasien.

Kedua layanan ini memiliki manfaat masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

 

Jika Anda hanya ingin membersihkan gigi dari kotoran dan karang gigi, Anda dapat memilih scaling gigi.

Jika Anda ingin merawat gigi dan gusi Anda secara menyeluruh, serta mendapatkan pengalaman yang lebih santai dan menyenangkan, Anda dapat memilih dental spa.

 

Jika Anda tertarik untuk mencoba salah satu layanan ini, Anda dapat menghubungi klinik gigi terdekat yang menawarkan layanan ini. Pastikan Anda memilih klinik gigi yang berlisensi, berpengalaman, dan profesional dalam memberikan layanan scaling gigi atau dental spa

 

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum melakukan scaling gigi atau dental spa, untuk mengetahui kondisi gigi dan gusi Anda, serta layanan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

Pastikan Anda memeriksakan gigi dengan dokter gigi terpercaya di Klinik Gigi SATU Dental. Klinik gigi SATU Dental memiliki berbagai staf dan dokter yang ramah. Serta promo perawatan gigi yang akan membuat pengalamanmu ke dokter gigi menjadi lebih menyenangkan.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental