Klinik Gigi SATU Dental

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Efektif

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Efektif

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pernahkah kamu mendengar atau mengetahui tentang karang gigi? Karang gigi adalah suatu masalah pada mulut yang terjadi pada gigi dan bisa menjadi masalah yang serius jika kamu membiarkannya. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi ini?

 

Secara sederhana, karang gigi atau tartar adalah plak yang mengeras. Plak yang mengeras ini merupakan lapisan bening dan lengket yang terbentuk karena bakteri di dalam mulut yang bercampur dengan air liur dan sisa-sisa makanan yang kamu makan.

 

Karang gigi sering muncul diantara sela-sela gigi, pada bagian atas atau bawah garis gusi. Karang gigi jika diraba menggunakan lidah, akan memiliki tekstur yang cenderung kasar. 

Karang gigi juga bisa kamu lihat dengan menggunakan mata telanjang, yaitu berwarna putih kekuningan atau berwarna putih kecoklatan. Semakin kuning atau gelap warna karang gigi ini, maka itu berarti semakin tebal karang gigi tersebut.

 

Jika karang gigi tidak segera dibersihkan, maka akan merusak penampilan gigi kamu karena dapat membuat gigi menjadi kusam. Tidak hanya penampilan, karang gigi juga bisa menyebabkan berbagai masalah pada mulut, seperti bau mulut, radang gusi (gingivitis), gigi surut, gigi berlubang, hingga penyakit gusi yang serius.

 

Hal tersebut juga dijelaskan dalam Dentistry Journal, yang menjelaskan karang gigi memiliki kandungan bakteri penghasil asam yang merupakan salah satu penyebab terjadinya karies gigi atau gigi berlubang.

 

Lalu, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa langsung kamu coba terapkan. Ingin tahu bagaimana caranya? Kali ini Klinik Gigi SATU Dental akan memberikan beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan bisa langsung kamu coba, simak selengkapnya.

Table of Contents

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah

Setelah memahami tentang apa itu karang gigi, sekarang mari kita lihat beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan bisa langsung kamu coba untuk menghilangkan karang gigi dari gigi-gigi kamu, seperti apa caranya? Simak informasi dari Klinik Gigi SATU Dental ini ya.

1. Menyikat Gigi dengan Benar

Cara menghilangkan karang gigi dengan mudah yang pertama adalah dengan menyikat gigi dengan benar dan teratur.

 

Menyikat gigi adalah langkah pertama dan paling penting dalam menjaga kebersihan gigi. Pastikan kalian menyikat gigi dua kali sehari dengan benar. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Lakukan gerakan melingkar dan jangan lupa membersihkan bagian lidah juga.

2. Menggunakan Pasta dengan Gigi Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan menggunakan baking soda. Karena hal tersebut, cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda ini bisa kamu coba dengan menggunakan pasta gigi yang menggunakan bahan baking soda.

 

Baking soda dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi secara efektif. Gunakan pasta gigi ini saat menyikat gigi kalian dan rasakan perbedaannya.

3. Menjaga Kebersihan Lidah

Lidah juga membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kebersihan mulut. Karang gigi juga dapat menumpuk di lidah dan menyebabkan masalah napas yang tidak sedap. 

 

Menjaga kebersihan lidah tidaklah cukup hanya dengan langsung menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi, kamu juga perlu membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah untuk membersihkan permukaannya secara lembut.

 

Sikatlah lidah secara lembut mulai dari pangkal lidah, dan tarik secara perlahan-lahan ke depan atau ujung lidah dalam satu gerakan, lalu ulangi gerakan ini selama beberapa kali sampai kamu yakin lidah sudah bersih atau terasa kesat.

4. Menggunakan Obat Kumur

Setelah membersihkan lidah, maka kini kamu bisa menggunakan obat kumur atau mouthwash. Menggunakan obat kumur juga dapat membantu mengurangi karang gigi. 

 

Pilih obat kumur yang mengandung bahan-bahan antibakteri untuk memastikan kebersihan mulut yang optimal. Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan membersihkan lidah untuk hasil yang lebih baik.

 

Selain menjaga kesehatan mulut, menggunakan obat kumur atau mouthwash dapat membuat napas kamu menjadi lebih segar dan terhindar dari masalah bau mulut tidak sedap.

5. Menghindari Makanan Manis

Mengurangi konsumsi makanan manis juga sangat penting dalam mencegah pembentukan karang gigi. Karang gigi sering kali terbentuk akibat adanya bakteri yang bercampur dengan makanan manis. Jadi, batasi makanan manis dan minuman manis dalam diet kalian.

6. Mengkonsumsni Buah-Buahan

Sebagai pengganti makanan manis yang berperan aktif dalam pembentukan karang gigi, kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan berbagai macam vitamin dan kaya akan serat serta air.

 

Beberapa buah-buahan yang kaya akan vitamin, serat dan air adalah seperti apple, strawberry, semangka dan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut akan membantu untuk menurunkan kotoran yang menjadi sumber pembentukan karang gigi.

7. Rutin Mengkonsumsi Vitamin C

Tahukah kamu bahwa vitamin c yang terkenal sebagaI antioksidan ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mulut, gigi dan gusi kamu? Vitamin c ternyata dapat menjaga kebersihan gusi, tulang alveolar dan ligamen pada gigi.

 

Karena hal tersebut, maka sangat penting bagi kamu untuk rutin mengkonsumsi vitamin C karena vitamin ini dapat membantu mengurangi plak pada gigi dan gusi, sehingga mencegah karang gigi serta membuat kamu memiliki gigi yang sehat.

8. Rutin Mengkonsumsi Air Putih

Selain menghindari makanan manis dan mengkonsumsi buah-buahan, untuk menghindari penumpukan plak pada karang gigi, kamu juga bisa melakukannya dengan rutin mengkonsumsi air putih. 

 

Hal tersebut karena rongga mulut yang lembab dapat menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang kamu makan.

 

Minumlah air putih setelah makan, dan cara ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga mencegah terbentuknya plak pada gigi kamu.

9. Mengunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Selain melakukan perawatan gigi di rumah, penting juga untuk mengunjungi dokter gigi terbaik secara teratur. Dokter gigi dapat melakukan pembersihan dan scaling gigi yang membantu menghilangkan karang gigi yang membandel. 

 

Dokter gigi dari klinik gigi terbaik akan menggunakan alat khusus yang bernama ultrasonic scaler yang dapat dengan mudah merontokan karang gigi yang berada pada mulut kamu.

 

Jadi, pastikan kamu menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi di klinik gigi terbaik ya.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan efektif yang bisa kamu coba. Selalu ingatlah pentingnya menjaga kebersihan gigi dan melakukan perawatan gigi secara teratur. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu dapat memiliki gigi yang sehat dan senyuman yang indah.

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi terbaik di klinik gigi terbaik.  

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental