Klinik Gigi SATU Dental

Draft Week 4 - Ragam Cara Memutihkan Gigi

3 Cara Memutihkan Gigi, Dijamin Makin Percaya Diri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi cerah tentu menjadi impian bagi banyak orang. Selain menambah tingkat percaya diri dan meningkatkan penampilan, gigi yang putih nan cerah juga merupakan bagian dari kesehatan gigi dan mulut. Tak heran, beragam cara yang dilakukan orang-orang untuk dapat memutihkan gigi.

 

Sejatinya, gigi dapat bernoda atau berubah warna karena berbagai penyebab. Jika ingin membuatnya lebih cerah dan lebih putih, Anda dapat melakukannya dengan aman. Terdapat ragam cara memutihkan gigi yang dapat Anda coba, dan dijamin dapat membuat Anda semakin percaya diri.

Table of Contents

Jenis-jenis Noda Gigi

Sebelum mengetahui beberapa cara memutihkan gigi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis noda gigi terlebih dahulu. Untuk memutihkan gigi secara efektif, Anda harus memilih metode pemutihan yang sesuai dengan jenis noda yang Anda miliki. Jika tidak yakin dengan jenis noda yang Anda miliki, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai metode mana yang paling cocok untuk digunakan.

1. Noda Intrinsik

Noda yang berada di dalam enamel gigi disebut juga dengan noda intrinsik. Noda ini terkadang muncul, bahkan sebelum gigi tumbuh dari gusi ketika Anda masih kecil. Noda ini dapat diakibatkan oleh penggunaan antibiotik, paparan fluoride yang tinggi, dan email gigi yang semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia, atau karena genetik.

2. Noda Ekstrinsik

Noda ekstrinsik berada di bagian luar gigi yang disebabkan karena paparan lingkungan terhadap hal-hal yang meninggalkan perubahan warna pada email gigi Anda, misalnya seperti kopi, teh, anggur merah, makanan dengan pewarna, dan tembakau. Noda-noda tersebut dapat mempengaruhi bagian luar gigi Anda.


Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Kuning dengan Mudah

Cara Memutihkan Gigi

Terdapat ragam cara memutihkan gigi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari bahan-bahan alami, produk-produk pemutih gigi hingga perawatan dengan dokter gigi. Meski begitu, penting untuk mendiskusikan metode pemutihan yang tepat dengan dokter gigi sebelum Anda mencobanya. 

 

Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan rencana perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk memutihkan gigi dengan aman tergantung pada jenis perubahan warna yang Anda miliki dan metode yang digunakan untuk dapat menghasilkan gigi cerah

1. Bahan Alami

Siwak

Siwak mengandung alkaloid, silica, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride yang berguna untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, memutihkan gigi dan memperkuat gigi. siwak dapat digunakan dengan cara mengupas batang siwak sampai berbentuk bulu-bulu, rendam siwak, dan gunakan bagian bulu untuk menyikat gigi.

 

Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air, sehingga dapat membantu meningkatkan kadar liur. Hal inilah yang dapat membantu membersihkan gigi dan gusi. Misalnya saja pada buah nanas dan stroberi yang dapat memutihkan gigi secara alami dan membuat gigi cerah.

 

Cuka Apel

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan melarutkan dua sendok teh cuka apel dengan 6 ons air, campurkan hingga merata, kemudian gunakan untuk berkumur. Setelah berkumur, bilas dengan air biasa dan lanjutkan dengan menyikat gigi. Namun begitu, pastikan untuk tidak terlalu sering berkumur dengan cuka karena dapat merusak email pada gigi.


Baca Juga: Apakah Veneer Gigi Bisa Dilepas? Ini Biaya dan Risikonya

2. Produk Pemutih Gigi

Pasta Gigi Pemutih

Pasta gigi pemutih memerlukan waktu agar dapat bekerja maksimal untuk memutihkan gigi. Akan tetapi, pada pasta gigi yang mengandung bahan kimia seperti blue covarine, dapat memutihkan gigi Anda hanya dengan satu kali sikat. Namun, bahan tersebut termasuk ke dalam bahan abrasif yang menyerang permukaan gigi.

 

Whitening Strip

Anda juga dapat menggunakan whitening strip yang dijual bebas dan mengaplikasikannya satu atau dua kali sehari pada gigi, untuk jangka waktu tertentu. Namun, penggunaan whitening strip bisa menyebabkan efek samping, seperti gigi sensitif dan iritasi gusi karena strip pemutih menggunakan zat pemutih. 


Penggunaan whitening strip yang berlebihan dapat merusak gigi, sebab penelitian menunjukkan bahwa produk pemutih gigi yang mengandung hidrogen peroksida dapat membahayakan kesehatan gigi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mendiskusikan penggunaan produk ini dengan dokter gigi terlebih dulu.

 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam, Penyebab dan Tips Mencegah Gigi Hitam

3. Perawatan di Dokter Gigi

Pemutihan gigi merupakan salah satu bentuk perawatan yang hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi atau profesi yang memiliki spesialisasi di bidang ini. Demi kesehatan gigi dan mulut, hindari melakukan perawatan pemutihan gigi di tempat lain selain di dokter gigi yang terpercaya dan berpengalaman.

Terdapat beberapa jenis cara memutihkan gigi yang dapat dilakukan di klinik gigi sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghasilkan gigi cerah. Adapun prosedur tersebut di antaranya, yaitu bleaching gigi dan veneer gigi.

 

Bleaching Gigi

Bleaching gigi merupakan salah satu metode perawatan gigi yang dapat meningkatkan estetika atau penampilan gigi dengan cara membuat gigi menjadi lebih putih cemerlang dari sebelumnya. Anda akan memerlukan prosedur ini ketika merasa tidak percaya diri akan warna gigi yang telah menguning.

Dokter gigi akan mengoleskan cairan pada gusi untuk melindungi gusi dan jaringan lunak sekitar gigi dengan menggunakan penghalang pelindung atau gel pelindung. Selanjutnya, akan dioleskan bahan bleaching sebanyak tiga kali pengolesan, dan setiap sesinya membutuhkan waktu 15 menit, lalu diamkan dengan cahaya khusus atau laser.

 

Veneer Gigi

Veneer gigi merupakan prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki penampilan gigi dengan cara menempelkan veneer atau sejenis cangkang tipis pada permukaan gigi. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki gigi patah atau rusak, adanya rongga antara gigi, gigi berbentuk tidak wajar atau runcing, ukuran gigi yang tidak sama.

Selain itu, veneer gigi akan membuat Anda memiliki penampilan gigi yang lebih baik, mulai dari bentuk gigi, warna, hingga struktur gigi. Sebelum veneer gigi dipasang, terlebih dahulu dokter gigi akan memilih bentuk dan ukuran veneer yang sesuai untuk menciptakan tampilan gigi yang harmonis dan alami.

 

Baik bleaching gigi ataupun veneer gigi, keduanya dapat dilakukan di Klinik Gigi SATU Dental. Tim dokter SATU Dental sangat mengerti dan memahami kebutuhan pasien, sehingga prosedur perawatan akan dilakukan dengan tepat dan akurat sesuai dengan kondisi pasien.

 

Anda bisa mengunjungi klinik SATU Dental yang berlokasi di daerah Jakarta, Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang, atau Bekasi untuk melakukan perawatan gigi, demi gigi cerah dan sehat di masa depan! Segera kunjungi Klinik Gigi SATU Dental terdekat dan dapatkan promo perawatan gigi spesial untuk Anda!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental