Klinik Gigi SATU Dental

Toothbrush and green toothpaste isolated on a grey background

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Merawat Gigi Cerah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi yang cerah dan bersih adalah salah satu tanda kesehatan dan kecantikan. Selain itu, gigi yang cerah juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, seperti konsumsi makanan dan minuman berwarna, merokok, dan penuaan. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan pasta gigi pemutih.

 

Namun, memilih pasta gigi pemutih yang tepat tidaklah mudah. Ada banyak produk pasta gigi pemutih yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda.

 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips pemilihan pasta gigi untuk merawat gigi cerah. Dengan memilih pasta gigi yang tepat, Anda dapat mendapatkan gigi yang cerah dan bersih secara alami.

 

Berikut ini adalah beberapa tips memilih pasta gigi yang tepat untuk Anda, simak selengkapnya ya.

Table of Contents

Pertimbangkan kondisi gigi dan mulut Anda

Hal pertama dalam tips memilih pasta gigi kali ini adalah mempertimbangkan kondisi gigi dan mulut Anda. Jika Anda memiliki masalah gigi tertentu, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, atau gigi sensitif, pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan kondisi tersebut.

 

Contoh:

  • Jika Anda memiliki gigi berlubang, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida untuk membantu memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang semakin parah.
  • Jika Anda memiliki gusi berdarah, pilihlah pasta gigi yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menenangkan gusi, seperti xylitol atau chlorhexidine gluconate.
  • Jika Anda memiliki gigi sensitif, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida dan bahan-bahan alami yang dapat menenangkan gusi, seperti potassium nitrate atau strontium chloride.

Baca Juga: 7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

Perhatikan kandungan pasta gigi

Tips memilih pasta gigi yang kedua adalah pertimbangkan kandungan dalam pasta gigi tersebut. Kandungan pasta gigi juga penting untuk diperhatikan. Pasta gigi pemutih biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi, seperti:

 

  • Silica: Bahan abrasif yang dapat membantu mengangkat noda pada gigi.
  • Hydrogen peroxide: Bahan pemutih yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi secara lebih efektif.
  • Peroxide: Bahan pemutih yang lebih lembut dari hydrogen peroxide.

Selain itu, pasta gigi pemutih juga biasanya mengandung fluorida untuk membantu menguatkan gigi dan mencegah gigi berlubang.

Contoh:

  • Pasta gigi pemutih dengan kandungan silica yang tinggi dapat membantu mengangkat noda pada gigi secara lebih cepat.
  • Pasta gigi pemutih dengan kandungan hydrogen peroxide yang tinggi dapat membantu menghilangkan noda pada gigi secara lebih efektif, tetapi dapat menyebabkan iritasi pada gusi.

Pasta gigi pemutih dengan kandungan peroxide yang tinggi dapat membantu menghilangkan noda pada gigi secara lebih lembut, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunjukkan hasil.

Perhatikan tekstur dan rasa pasta gigi

Tekstur dan rasa pasta gigi juga penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah pasta gigi dengan tekstur dan rasa yang Anda sukai. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat untuk menggosok gigi.

Contoh:

  • Pasta gigi dengan tekstur krim biasanya lebih mudah dioleskan dan dibersihkan dari mulut.
  • Pasta gigi dengan tekstur gel biasanya lebih berbusa dan dapat membantu membersihkan gigi secara lebih efektif.
  • Pasta gigi dengan rasa mint biasanya lebih menyegarkan dan dapat membantu membunuh bakteri di mulut.

Baca label kemasan pasta gigi

Sebelum membeli pasta gigi, inilah tips memilih pasta gigi yang tepat dan juga perlu Anda perhatikan, yaitu adalah baca label kemasannya dengan seksama. Pastikan pasta gigi tersebut mengandung bahan-bahan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Contoh:

  • Perhatikan persentase fluorida yang terkandung dalam pasta gigi. Fluorida adalah bahan yang penting untuk menguatkan gigi dan mencegah gigi berlubang.

Hindari pasta gigi yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti triclosan atau sodium lauryl sulfate.

Selain tips-tips tersebut, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih pasta gigi pemutih

Pertimbangkan tujuan Anda dalam menggunakan pasta gigi pemutih. Apakah Anda ingin menghilangkan noda ringan atau noda yang sudah lama? 

Jika Anda ingin menghilangkan noda ringan, Anda dapat memilih pasta gigi pemutih dengan kandungan bahan aktif yang lebih rendah. Namun, jika Anda ingin menghilangkan noda yang sudah lama, Anda dapat memilih pasta gigi pemutih dengan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi.

 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam, Penyebab dan Tips Mencegah Gigi Hitam

 

  • Pertimbangkan frekuensi penggunaan pasta gigi pemutih. Jika Anda menggunakan pasta gigi pemutih setiap hari, Anda perlu memilih pasta gigi pemutih yang lebih lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada gigi dan gusi.
  • Pertimbangkan anggaran Anda. Harga pasta gigi pemutih bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Pilihlah pasta gigi pemutih yang sesuai dengan anggaran Anda.

Berikut adalah beberapa contoh pasta gigi pemutih yang dapat Anda pertimbangkan:

 

  • Pasta gigi yang mengandung bahan aktif silica, dapat membantu menghilangkan noda ringan.
  • Pasta gigi yang mengandung bahan aktif silica dan fluorida, dapat membantu menghilangkan noda ringan dan memperkuat gigi.
  • Pasta gigi yang mengandung bahan aktif hydrogen peroxide, dapat membantu menghilangkan noda yang sudah lama.
  • Pasta gigi yang mengandung bahan aktif hydrogen peroxide dan fluorida, dapat membantu menghilangkan noda yang sudah lama dan memperkuat gigi.

Baca Juga: Plak Gigi: Penyebab dan Cara Menghilangkannya

 

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat memilih pasta gigi pemutih yang tepat untuk merawat gigi cerah Anda. Dan jangan lupa juga untuk memeriksakan gigi Anda dengan dokter gigi terpercaya di SATU Dental. Klinik Gigi SATU Dental memiliki berbagai staf dan dokter yang ramah, serta promo perawatan gigi yang akan membuat pengalamanmu ke dokter gigi menjadi lebih menyenangkan.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental