Klinik Gigi SATU Dental

6 Penyebab Karang Gigi dan Cara Mencegahnya yang Efektif

6 Penyebab Karang Gigi dan Cara Mencegahnya yang Efektif

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Salah satu masalah kesehatan mulut, gigi dan gusi yang cukup sering didengar oleh banyak orang adalah karang gigi. Jika kamu merasakan ada lapisan keras yang menempel pada permukaan gigi kamu dan sulit dibersihkan, maka itu adalah karang gigi.

 

Ada beberapa penyebab karang gigi ini bisa muncul di dalam mulut kamu, dan ternyata karang gigi ini bisa menimbulkan masalah serius pada mulut dan gigi kamu nantinya. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu sebelum masalah ini terjadi.

 

Lalu, apa sajakah penyebab karang gigi tersebut bisa muncul di mulut dan gigi kamu, lalu bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya? Kali ini Klinik Gigi SATU Dental akan membahasnya secara lengkap untuk kamu, simak informasinya berikut ini ya.

Table of Contents

Apa Itu Karang Gigi?

Sebelum kamu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab karang gigi bisa muncul di mulut dan gigi kamu, ada baiknya kamu mengenal kembali dengan lebih baik tentang apa itu karang gigi.

 

Karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang menempel pada gigi kita. Biasanya, karang gigi sulit dibersihkan hanya dengan menggosok gigi secara biasa.

 

Karang gigi bisa menyebabkan beberapa masalah serius pada kesehatan mulut dan gigi kamu. Beberapa masalah kesehatan akibat karang gigi adalah seperti gigi berlubang, gusi berdarah, dan radang gusi atau gingivitis, kehilangan gigi atau gigi copot dan bahkan bisa menyebabkan abses gigi  jika tidak segera ditangani dengan baik.

Inilah Beberapa Penyebab Karang Gigi

Inilah Beberapa Penyebab Karang Gigi

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab terbentuknya karang gigi. Klinik Gigi Satu Dental akan membahasnya satu per satu.

1. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama terbentuknya karang gigi. Bukan hanya merusak kesehatan gigi dan mulut secara umum, merokok juga membuat gigi lebih rentan terhadap penumpukan plak yang mengeras.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Jika kamu tidak membersihkan gigi secara rutin dan dengan benar, sisa-sisa makanan dan bakteri akan menumpuk dan membentuk plak. Lama kelamaan, plak ini akan mengeras dan menjadi karang gigi.

3. Tidak Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi dengan benar adalah bagian penting dari kebersihan gigi. Obat kumur membantu membunuh bakteri dan mencegah terbentuknya karang gigi.

4. Menggunakan Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti obat antihipertensi dan obat antidepresan, dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Kondisi mulut yang kering ini meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi.

5. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dapat memberi makan bakteri di mulut kita. Bakteri pada makanan dan minuman tinggi gula tersebut kemudian akan menghasilkan asam yang merusak gigi dan memicu terbentuknya karang gigi.

6 Mulut Kering

Mulut yang kering adalah kondisi dimana mulut kurang memiliki air liur, yang sebenarnya berfungsi melindungi gigi dari penumpukan plak. Akibatnya, gigi lebih rentan terhadap terbentuknya karang gigi.

 

Perlu kamu ketahui juga, beberapa obat-obatan tertentu seperti obat antidepresan, antihistamin, kemoterapi, juga bisa menyebabkan mulut menjadi kering.

Cara Mencegah Karang Gigi

Cara Mencegah Karang Gigi

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab karang gigi, lalu bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah karang gigi dari  Klinik Gigi Satu Dental.

  • Menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi secara teratur setidaknya 2 kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari, serta menyikat gigil dengan cara yang benar.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, kamu juga bisa menggunakan mouthwash setelah membersihkan gigi.
  • Rutin menggunakan benang gigi untuk membersihkan celah-celah antara gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Cukupi kebutuhan air putih harian, yaitu sekitar 8 gelas air sehari.
  • Hindari gaya hidup dan kebiasaan merokok.
  • Rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi terbaik.

Jika kamu sudah terlanjur memiliki kondisi mulut, gigi dan gusi yang tidak sehat, seperti adanya karang gigi di mulut kamu, maka melakukan perawatan di klinik gigi terbaik adalah hal yang harus segera kamu lakukan. 

 

Melakukan perawatan di klinik gigi terbaik tentunya akan bisa langsung membantu kamu mengatasi masalah karang gigi kamu. Di klinik gigi terbaik juga, nantinya kamu akan mendapatkan berbagai perawatan gigi dan gusi tergantung masalah gigi dan gusi kamu.

 

Untuk karang gigi sendiri, prosedur perawatan yang paling sering dilakukan adalah scaling gigi untuk membantu menghilangkan karang gigi secara efektif. 

 

Pembersihan karang gigi atau scaling gigi sendiri adalah metode pembersihan karang gigi yang juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan gigi, gusi dan mulut lainnya yang kamu alami.

 

Beberapa masalah lainnya tersebut adalah seperti mengatasi bau mulut, menjaga kesehatan gigi dan menjaga kesehatan gusi, mencerahkan warna gigi, mencegah gigi kuning mencegah gigi copot, dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah informasi tentang beberapa penyebab karang gigi dan cara mencegahnya dari Klinik Gigi Satu Dental kali ini. 

 

Sebagai langkah awal, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan di klinik gigi terbaik agar lebih memastikan bagaimana kondisi kesehatan mulut dan gigi kamu. 

 

Setelahnya, ikutilah prosedur perawatan yang dianjurkan oleh dokter gigi terbaik dari klinik tersebut. Untuk masalah karang gigi ini, dokter gigi kemungkinan akan menyarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi atau scaling yang dapat membersihkan karang gigi dengan baik.

 

Setelah melakukan pembersihan atau scaling, jangan lupa untuk menjalankan beberapa cara mencegah karang gigi dari Klinik Gigi Satu Dental.

 

Semoga informasi tentang karang gigi kali dari Klinik Gigi Satu Dental kali ini bermanfaat untuk kamu.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental