Klinik Gigi SATU Dental

Gigi Gingsul: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi yang Tepat

Gigi Gingsul: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi yang Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb
  • Edit Column
 
  • Edit Text Editor

Setiap orang menginginkan gigi rata untuk mempercantik penampilan. Tetapi, pada kenyataannya, tidak semua orang terlahir dengan gigi yang rata. 

Ada sebagian orang yang memiliki permasalahan gigi bengkok atau gigi yang tumbuh dengan tidak normal, yang dikenal dengan sebutan gigi gingsul.

Namun keberadaan gigi gingsul terkadang memberikan keberuntungan bagi sebagian orang, karena membuat senyuman terlihat lebih manis dibandingkan dengan orang yang memiliki gigi rata. 

Walaupun terlihat bagus, kamu tetap harus mengenali dulu apa itu gigi gingsul, penyebab munculnya gigi gingsul, masalah kesehatan yang bisa disebabkan karena gigi gingsul, hingga cara mengatasi gigi gingsul pada artikel ini.

Table of Contents

Apa itu gigi gingsul?

Gigi gingsul adalah gigi yang tumbuh secara tidak normal, sehingga tidak sejajar dengan gigi lainnya. 

 

Gigi gingsul bisa muncul lebih depan dibandingkan dengan gigi sebelahnya, ataupun tumbuh sedikit miring sehingga menumpuk dan mengganggu gigi yang ada di dekatnya. 

 

Gigi gingsul bisa disebut juga sebagai maloklusi, yang merupakan kondisi di mana ketika gigi tumbuh dengan tidak sejajar. Sebenarnya tidak semua gigi gingsul perlu diperbaiki untuk menjadi rata, hanya jika keberadaan gigi gingsul tidak menyebabkan permasalahan dan mengganggu fungsi gigi lainnya.

 

Jika dirasa keberadaan gigi gingsul justru mengganggu penampilan atau parahnya gigi maloklusi tersebut menyebabkan masalah, kamu perlu melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi gigi gingsul. 

 

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang bisa membuat gigi tumbuh secara tidak normal dan tumbuh tidak rata dengan gigi lainnya.

Penyebab gigi gingsul

 

 

 

Dilansir dari Healthline, ada cukup banyak penyebab gigi seorang bisa tumbuh gingsul dan tidak rata seperti pada umumnya, seperti di bawah ini:

1. Kebiasaan Saat Kecil

Terlalu sering melakukan kebiasaan seperti menghisap ibu jari sedari kecil dan juga menghisap dot di usia lebih dari 3 tahun, bisa membuat gigi susu yang sedang tumbuh terdorong keluar hingga menyebabkan gigi tumbuh secara tidak normal. Kebiasaan tersebut juga bisa membuat gigi tumbuh bengkok dan tidak rata.

 

 

 

2. Ukuran Mulut

Ukuran mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi gingsul. Jika terlalu kecil, maka gigi kemungkinan akan sulit untuk tumbuh dengan baik sehingga ada beberapa gigi yang bertumpuk dan menjadi gigi gingsul.

 

 

 

3. Ukuran Gigi

Gigi susu dengan ukuran yang lebih kecil juga dapat berpotensi tumbuh bengkok karena tidak dapat mengisi ruang yang disediakan untuk gigi tersebut.

 

 

 

4. Gigi Susu Tanggal Lebih Cepat

Gigi susu yang tanggal lebih dahulu akibat beberapa permasalahan seperti kecelakaan, dapat memicu pertumbuhan gigi permanen yang tidak normal. 

 

 

 

5. Penggunaan Dot

Balita yang sudah tidak meminum ASI ibunya biasanya memulai minum susu menggunakan botol. Namun penggunaan botol susu dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan permasalahan pada gigi.

 

 

 

6. Penyakit Gusi

Apabila kebersihan gigi tidak dirawat dengan baik, gigi mungkin dapat tumbuh dengan tidak normal akibat gusi yang meradang.

 

 

Baca juga: 7 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya

7. Ukuran Rahang

Ukuran rahang yang lebih kecil juga dapat menjadi penyebab pertumbuhan gigi yang tidak normal.

 

 

 

8. Faktor Genetik

Permasalahan gigi gingsul juga bisa berasal dari faktor genetik. Apabila kamu memiliki gigi gingsul, kemungkinan anakmu akan memiliki kondisi gigi yang sama. Jadi faktor genetika juga cukup berperan dalam menentukan gigi anak akan tumbuh dengan rapi atau tumbuh dengan maloklusi.

 

 

 

9. Permasalahan Nutrisi

Permasalahan nutrisi yang kurang baik pada anak dapat memicu pertumbuhan gigi yang tidak baik pula, karena kesehatan gigi didukung oleh nutrisi baik yang masuk ke dalam tubuh. 

 

 

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi dan Mudah Didapatkan

Masalah Kesehatan Karena Gigi Gingsul

Masalah Kesehatan Karena Gigi Gingsul

Bagi beberapa orang, gigi gingsul menjadi ikon penting yang menambah pesona senyuman mereka ketika menunjukkan giginya. Namun ada juga sebagian orang yang mengalami permasalahan kesehatan karena gigi gingsul.

 

 

Apa saja masalah kesehatan yang bisa timbul akibat gigi gingsul? Ini dia penjelasan yang sudah dirangkum oleh klinik gigi SATU Dental

 

 

 

    • Gigi gingsul dapat menyulitkan ketika membersihkan gigi, karena menyebabkan beberapa bagian pada gigi tidak dapat dibersihkan dengan baik dan benar, sehingga menimbulkan permasalahan seperti plak gigi dan gigi berlubang.

 

 

 

Baca juga: 5 Penyebab Gigi Berlubang, Cara Mencegah dan Tindakan Perbaikannya

    • Tidak semua gigi gingsul yang tumbuh membuat penampilan seseorang jadi lebih mempesona. Tumbuhnya gigi gingsul dapat menghilangkan kepercayaan diri bagi sebagian orang, karena membuat tampilan gigi jadi terlihat berantakan.
    • Kondisi struktur gigi yang tidak rata akibat gigi gingsul, membuat kamu kesulitan saat mengunyah makanan, terutama makanan bertekstur keras dan kenyal
    • Gigi yang tumbuh tidak normal juga kemungkinan dapat mengganggu kelancaran saat berbicara.

Baca juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Ini Gejala Masalah Pada Gigi Bungsu

Cara Mengatasi Gigi Gingsul

Gigi gingsul masih dapat diatasi dengan mengunjungi dokter gigi. Berikut ini upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigi gingsul:

1. Pencabutan Gigi

Cara Mengatasi Gigi Gingsul

Cara mengatasi gigi gingsul yang pertama adalah dengan melakukan cabut gigi. Jika gigi gingsul tumbuh menumpuk dengan gigi lainnya, maka lebih baik untuk mencabut gigi gingsul untuk meratakan gigi. 

Tetapi hal ini tentu perlu dikonsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu. Apakah cabut gigi boleh dilakukan pada gigi gingsul yang menumpuk.

2. Pemasangan Behel Gigi

Tujuan dan Manfaat Behel Gigi

Jika gigi gingsul tumbuh lebih maju dan tidak menumpuk dengan gigi lainnya, pemasangan behel gigi mungkin bisa menjadi solusinya. Setelah berkonsultasi dengan dokter, lakukan pemasangan behel gigi untuk mengembalikan posisi gigi gingsul yang tumbuh lebih depan dibandingkan dengan gigi di dekatnya. 

 

Prosesnya mungkin akan memakan waktu, namun kamu perlu bersabar dan juga rutin melakukan checkup untuk melihat kondisi gigi gingsul yang dibehel secara berkala. 

Gigi gingsul yang tidak mengganggu kesehatan mulut dan juga penampilan, bisa kamu pertahankan untuk terus memberikan kesan manis.


Cabang klinik gigi SATU Dental menjadi salah satu klinik gigi yang bisa kamu pilih untuk mengatasi permasalahan gigi gingsul. Kamu bisa mengunjungi klinik gigi SATU Dental terdekat dengan lokasi kamu tinggal saat ini.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental