Klinik Gigi SATU Dental

7 Cara Mengatasi Gigi Renggang dan Penyebabnya

7 Cara Mengatasi Gigi Renggang dan Penyebabnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Struktur gigi yang rapi menjadi impian bagi banyak orang. Gigi rapi akan membuat tingkat kepercayaan diri seseorang jadi lebih meningkat. Hanya saja, tidak semua orang terlahir dengan gigi rapi, adapun orang-orang yang mempunyai permasalahan gigi renggang dan bercelah. 

 

Gigi renggang biasa disebut dengan diastema. Berbanding terbalik dengan gigi rapi, memiliki gigi renggang justru terkadang membuat banyak orang jadi kehilangan kepercayaan diri ketika berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. 


Tapi tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasi gigi renggang supaya rapi. Namun sebelum itu, Klinik Gigi SATU Dental akan menjelaskan tentang penyebab dari gigi renggang terlebih dahulu. Mari simak uraiannya di sini!

Table of Contents

Penyebab Gigi Renggang

Penyebab Gigi Renggang

Gigi renggang karena apa tentu menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang mempunyai permasalahan tersebut. Pasalnya, celah pada gigi tidak dapat muncul begitu saja secara tiba-tiba. Biasanya kerenggangan pada gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik hingga kebiasaan buruk yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Untuk bisa ditangani dokter, pasti akan dilakukan pemeriksaan sebelumnya, supaya mengetahui penyebab dari gigi renggang.

 

Berikut ini, akan disebutkan lebih jelas lagi beberapa faktor penyebab yang membuat gigi mempunyai celah. 

 

  • Faktor Genetik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa gigi renggang bisa disebabkan dari faktor genetik. Kerenggangan yang terjadi bisa dikarenakan ukuran tulang rahang yang besar atau ukuran gigi yang memang kecil. 

 

Untuk lebih jelasnya, celah bisa muncul ketika seseorang memiliki ukuran gigi yang normal, namun tulang rahang pada wajahnya mempunyai ukuran yang lebih besar.

 

Tak berhenti sampai di situ, ketika ukuran rahang masuk dalam kategori normal, namun ukuran gigi yang justru kecil, hal tersebut lama kelamaan akan mengakibatkan gigi renggang.

 

  • Penyakit yang Menyerang Gusi

Tidak hanya gigi, gusi juga bisa memiliki banyak permasalahan yang membuat fungsinya menjadi menurun. Periodontitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang gusi dan dapat menimbulkan peradangan. Gusi yang meradang akan menciut dan menyebabkan gigi renggang.

 

Permasalahan pada gusi bisa terjadi karena kebersihan mulut dan gigi yang kurang dijaga dengan baik.

  • Kebiasaan Buruk Sehari-hari
Kebiasaan Buruk Sehari-hari

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi renggang adalah menggigit jari, menghisap bibir dan ibu jari, serta menggunakan empeng dalam jangka waktu yang lama. Tekanan yang disebabkan dari kegiatan tersebut bisa memicu pembentukan celah pada gigi.

 

  • Salah Cara Menelan

Umumnya, menelan saat makan dilakukan dengan lidah yang menempel dengan langit-langit di mulut, namun pada orang dengan gigi renggang, alih-alih menempel pada langit-langit, lidah malah menjulur ke arah gigi dan memberikan tekanan yang cukup berlebihan. Jika cara menelan seperti itu dipertahankan dalam jangka waktu panjang, celah pada gigi juga akan muncul.

 

  • Ukuran labial frenulum

Jaringan tipis yang besar pada gusi termasuk ke dalam penyebab munculnya celah antara kedua gigi, yang membuat gigi terlihat tidak rapi.

7 Cara Mengatasi Gigi Renggang

Permasalahan gigi renggang yang menghilangkan rasa percaya diri, masih bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Kawat Gigi

1. Kawat Gigi

Cara mengatasi gigi renggang yang pertama adalah dengan memasangkan kawat gigi. Fungsi dari kawat gigi yaitu untuk kembali merapatkan gigi yang berjauhan, agar rapi. Penggunaan kawat gigi biasanya digunakan pada keseluruhan gigi, karena tidak mungkin hanya memasangkan kawat gigi pada bagian yang renggang saja. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter, untuk pemasangan kawat gigi yang benar.

2. Behel Transparan

Behel transparan biasanya digunakan untuk gigi  yang memiliki kerenggangan sekitar 1-5 milimeter. Penggunaan behel transparan cukup berbeda dengan kawat gigi, karena bisa dilepas pasang. Waktu yang dianjurkan untuk menggunakan behel transparan setiap harinya sekitar 20 – 22 jam.

3. Bonding

Bonding gigi bisa dilakukan untuk mengatasi gigi renggang, dengan cara mengisi celah gigi dengan resin komposit yang disamakan dengan warna gigi. Bonding tidak perlu mengikis lapisan email terlebih dahulu dalam prosesnya.

4. Veneer

Tak jauh berbeda dengan bonding, veneer juga memasangkan lapisan yang serupa dengan gigi, hanya saja dilakukan pengikisan email terlebih dahulu. Dengan veneer, celah gigi yang kosong dapat terisi kembali, dan warna disesuaikan dengan gigi asli.

5. Dental Bridge

Untuk mengisi celah pada gigi juga bisa dengan memasangkan gigi palsu di antara celah gigi yang warnanya sudah disamakan dengan warna dari gigi asli. 

6. Frenotomy

Apabila gigi renggang disebabkan oleh lapisan labial frenulum yang lebih besar, maka lakukanlah tindakan frenotomy yang mana, lapisan tipis pada gusi tersebut dikikis secukupnya.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Renggang

Klinik gigi satu dental juga ada yang berlokasi di daerah Sawangan, dengan alamat lengkapnya di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

 

Untuk kamu yang merupakan warga tangerang, bisa kunjungi klinik gigi Satu Dental untuk mengatasi gigi renggang yang ada di Ruko Estrela Blok CC No. 19 Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Banjar Wijaya)

 

Sekarang warga Bogor juga bisa datang ke klinik gigi Satu Dental untuk mengatasi permasalahan gigi renggang yang beralamat di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)

 

Kalau di Jakarta, klinik gigi Satu Dental ada di Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Joglo)

 

Untuk warga Bekasi dan sekitarnya, klinik gigi Satu Dental ada di Ruko Emerald Commercial, Jl. Bulevar Selatan, Blok UA-11, Bekasi Utara, Kota Bekasi. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Summarecon Bekasi)


Perhatikan selalu kondisi gigi kamu, dan lakukanlah check-up secara berkala untuk mengetahui apakah gigi membutuhkan penanganan dan perawatan lainnya.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental