Klinik Gigi SATU Dental

5 Cara Mengatasi Gummy Smile dengan Tepat

5 Cara Mengatasi Gummy Smile dengan Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Umumnya ketika tersenyum, akan terlihat susunan gigi rapi yang membuat senyuman jadi semakin menarik. Tapi ternyata tidak semua orang memiliki senyuman yang memperlihatkan gigi. Pada beberapa orang saat tersenyum bukannya terlihat susunan gigi, namun malah bagian gusi yang justru lebih nampak. 


Gummy smile menjadi sebutan yang terkenal untuk kondisi gusi yang terlihat berlebihan ketika tersenyum. Simak terkait pengertian, penyebab, cara mengatasi, sampai rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi gummy smile pada artikel Klinik Gigi SATU Dental berikut ini.

Table of Contents

Apa itu Gummy Smile

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa gummy smile adalah sebuah kondisi di mana gusi akan lebih terlihat dibanding gigi ketika seseorang tersenyum. Biasanya gusi yang terlihat sekitar 3-4 milimeter sudah bisa dikatakan gummy smile. Pada senyum yang dinilai normal, gusi yang terlihat hanya sekitar 1-2 milimeter saja.

 

Walaupun gummy smile tidak berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut, namun kondisi ini bisa menghilangkan kepercayaan diri seseorang. Dikatakan juga bahwa wanita lebih sering memiliki permasalahan gusi berukuran lebih dari 2 milimeter ini dibandingkan dengan pria.


Lalu sebenarnya apakah penyebab gummy smile? Mengapa gusi bisa mempunyai ukuran yang bahkan lebih besar hingga menutupi gigi? 

Penyebab Gummy Smile

Penyebab Gummy Smile

Gummy smile dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik hingga permasalahan pada gigi. Di bawah ini akan diuraikan beberapa faktor penyebab gummy smile.

 

  • Genetik

Gummy smile bisa disebabkan oleh faktor genetik, jika salah satu orang tua memiliki permasalahan yang sama.

 

  • Gusi Tumbuh dengan Jaringan yang Berlebihan

Sudah jelas bahwa gummy smile memang memperlihatkan bagian gusi lebih besar dibandingkan gigi. Hal ini disebabkan oleh jaringan gusi yang tumbuh secara berlebihan.

  • Gingival Hyperplasia

Hampir sama, gingival hyperplasia juga merupakan kondisi gusi yang tumbuh secara tidak normal. Namun pertumbuhan abnormal pada gusi ini biasanya disebabkan oleh gusi yang mengalami peradangan akibat infeksi bakteri, minum obat-obatan tertentu seperti obat hipertensi, hingga gejala penyakit seperti HIV, limfoma, dan leukemia. 

 

  • Ukuran Bibir Atas dan Bibir Bawah yang Berbeda

Terkadang gummy smile juga tidak selalu disebabkan oleh jaringan gusi yang berlebih, namun bisa juga dikarenakan bentuk bibir atas yang terlihat lebih kecil. Hal ini menyebabkan gusi akan terlihat lebih banyak ketika tersenyum, karena ukuran bibir yang lebih kecil dan tipis. 

 

  • Pertumbuhan Gigi yang Berbeda

Apabila pertumbuhan gigi ketika beranjak dewasa berbeda, maka dapat menyebabkan gummy smile. Seperti halnya gigi yang tumbuh berukuran lebih kecil dibandingkan gusi, sehingga gusi menutupi sebagian gigi.

Pertumbuhan rahang yang lebih panjang dibandingkan ukuran normal juga bisa menyebabkan gummy smile. Kondisi ini dikenal dengan sebutan vertical maxillary excess. Adapun kondisi  ekstrusi dentoalveolar, di mana gigi bagian terdepan tumbuh jauh, yang juga membuat gusi akan tumbuh jauh dibandingkan yang seharusnya.

5 Cara Mengatasi Gummy Smile

5 Cara Mengatasi Gummy Smile

1. Lip Repositioning

Cara yang satu ini dilakukan untuk memberikan batas agar tarikan otot pada bibir tidak berlebihan. Lip repositioning dilakukan pada permasalahan gummy smile yang diakibatkan oleh ukuran bibir atas yang lebih kecil.

2. Gingivektomi

Gingivektomi merupakan prosedur mengatasi gummy smile dengan melakukan operasi pada gusi. Hal ini dilakukan dokter gigi untuk mengembalikan gusi ke bentuk normalnya lagi, sehingga ukuran gusi dan gigi akan kembali sama dan seimbang.

3. Botoks

Prosedur botoks dilakukan untuk membuat beberapa otot pada bibir lumpuh sementara, supaya bibir tidak bergerak terlalu jauh dan bebas. Sehingga bibir tidak akan terbuka terlalu lebar, agar gusi juga tidak terekspos berlebihan.

4. Bedah Ortognatik

Bedah ortognatik juga merupakan rekomendasi dari dokter sebagai cara mengatasi gummy smile dengan melakukan operasi pada bagian rahang. Operasi ini dilakukan untuk menyeimbangkan ukuran rahang bagian atas dan rahang bagian bawah.

5. Penambahan Mahkota

5. Penambahan Mahkota

Cara yang satu ini dilakukan dengan memotong bagian jaringan gusi dan tulang yang berlebih, agar panjang gigi dapat terlihat seluruhnya.  

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gummy Smile

Ada beberapa rekomendasi klinik gigi terpercaya yang bisa membantu kamu untuk mengatasi gummy smile

 

Kamu bisa mengunjungi klinik gigi Satu Dental untuk mengatasi gummy smile yang beralamat di Jl. Tebet Utara Dalam Raya No.16B, , RT.10/RW.1, Tebet Tim., Kec. Tebet, , Kota Jakarta Selatan, 12820. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Tebet)

 

Klinik gigi Satu Dental daerah Cibubur yang bisa dikunjungi berlokasi di Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

 

Kunjungi klinik gigi Satu Dental yang berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433 untuk mengatasi permasalahan gummy smile. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

 

Bagi yang tinggal di daerah Bekasi, atasi permasalahan gummy smile di klinik gigi Satu Dental yang ada di Ruko Emerald Commercial, Jl. Bulevar Selatan, Blok UA-11, Bekasi Utara, Kota Bekasi. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Summarecon Bekasi)

 

Sedangkan untuk klinik gigi Satu Dental di Bogor, berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)


Jika kamu termasuk orang yang tidak percaya diri dengan kondisi gummy smile atau masalah gusi lainnya, jangan lupa kunjungi klinik gigi untuk mendapatkan perawatan gusi terbaik, dan kembalikan kepercayaan diri untuk tersenyum lebih lebar.

Artikel lainnya

Cabang Klinik SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental