Klinik Gigi SATU Dental

Berapa Jumlah Gigi Susu Anak? Ini Perbedaannya dengan Gigi Tetap dan Cara Merawatnya

Berapa Jumlah Gigi Susu Anak? Ini Perbedaannya dengan Gigi Tetap dan Cara Merawatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi susu adalah gigi pertama yang tumbuh pada anak-anak. Gigi susu muncul pada fase perkembangan awal dan kemudian digantikan oleh gigi tetap saat anak-anak tumbuh. 

Memahami perbedaan antara gigi susu dan gigi tetap serta cara merawatnya penting untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak. 

 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berapa jumlah gigi susu anak, perbedaannya dengan gigi tetap, dan bagaimana merawat gigi susu anak dengan baik.

Table of Contents

Apa Itu Gigi Susu Anak?

Apa Itu Gigi Susu Anak?

Gigi susu adalah gigi pertama yang muncul pada anak-anak. Mereka dimulai dengan tumbuh sekitar usia 6 bulan dan biasanya lengkap pada usia 2-3 tahun.

 

Gigi susu memainkan peranan yang signifikan dalam perkembangan anak, termasuk membantu dalam proses mengunyah makanan, berbicara, dan membentuk posisi rahang yang optimal untuk pertumbuhan gigi tetap yang akan datang.


Baca juga: Gigi Susu Anak: Pengertian, Jumlah, dan Cara Merawatnya

Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Tetap

Gigi susu memiliki beberapa perbedaan penting dengan gigi tetap:

 

  • Jumlah: Gigi susu terdiri dari 20 gigi, sementara gigi tetap terdiri dari 32 gigi.

  • Ukuran dan bentuk: Gigi susu lebih kecil dan lebih lembut dibandingkan dengan gigi tetap. Gigi tetap memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar.

  • Komposisi: Gigi susu memiliki lapisan email yang lebih tipis dibandingkan dengan gigi tetap, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan infeksi. 

  • Warna: Gigi susu cenderung lebih putih dibandingkan dengan gigi tetap yang memiliki warna yang lebih tua.

  • Waktu pertumbuhan: Gigi susu tumbuh pertama kali pada usia 6 bulan, sedangkan gigi tetap mulai tumbuh sekitar usia 6 tahun.

  • Proses penggantian: Gigi susu akan tanggal secara alami saat gigi tetap mulai tumbuh. Proses penggantian gigi susu dengan gigi tetap biasanya berlangsung hingga usia 12-13 tahun.

Berapa Jumlah Gigi Anak-anak?

Anak-anak memiliki jumlah gigi susu sebanyak 20 gigi. Di rahang atas, mereka memiliki 4 gigi seri depan, 2 gigi taring, dan 4 gigi geraham.

 

Di rahang bawah, mereka juga memiliki 4 gigi seri depan, 2 gigi taring, dan 4 gigi geraham. Jumlah gigi susu ini akan bergantung pada perkembangan setiap anak.

Proses Pertumbuhan Gigi Susu Anak-anak

Proses pertumbuhan gigi susu melibatkan beberapa tahap. Pertumbuhan gigi susu dimulai ketika anak berusia sekitar 6 bulan dan berlanjut hingga usia 2-3 tahun.

 

Pada usia 6-10 bulan, gigi susu seri tengah tumbuh di rahang bawah. Kemudian, pada usia 8-12 bulan, gigi susu seri tengah mulai tumbuh di rahang atas. 

 

Pada usia 9-13 bulan, gigi susu seri samping muncul di rahang atas, sementara pada usia 10-16 bulan, gigi susu seri samping juga tumbuh di rahang bawah.

 

Kemudian, pada usia 13-19 bulan, gigi susu geraham pertama muncul di rahang atas, sementara pada usia 14-18 bulan, gigi susu geraham pertama juga tumbuh di rahang bawah. 

 

Pada usia 16-22 bulan, taring gigi susu muncul di rahang atas, diikuti oleh taring gigi susu yang tumbuh di rahang bawah pada usia 17-23 bulan.

 

Pada usia 23-31 bulan, gigi susu geraham kedua mulai muncul di rahang bawah, dan pada usia 25-33 bulan, gigi susu geraham kedua juga tumbuh di rahang atas.


Baca juga: Gigi Goyang: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Gigi Goyang

Cara Merawat Gigi Susu Anak

Merawat gigi susu anak dengan baik sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi mereka yang tetap. 

 

Berikut Klinik Gigi SATU Dental akan memberikan beberapa tips merawat gigi susu anak:

 

  • Sikat gigi. Sikat gigi anak dengan lembut menggunakan sikat gigi yang lembut begitu gigi pertama tumbuh. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dalam jumlah yang sesuai.

  • Kontrol makanan. Batasi konsumsi makanan manis dan makanan ringan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi. Anjurkan anak untuk menghindari minuman manis dan permen yang lengket.

  • Kunjungan ke dokter gigi. Bawa anak untuk pemeriksaan gigi secara teratur sejak usia dini. Dokter gigi dapat memantau pertumbuhan gigi susu anak dan memberikan saran tentang perawatan yang tepat.

  • Pembersihan lidah. Selain menyikat gigi dengan baik dan benar, bersihkan lidah anak dengan lembut menggunakan sikat gigi atau pengikis lidah. Ini membantu menghilangkan bakteri dan menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan.

  • Jaga keseimbangan gizi. Nutrisi yang seimbang juga penting untuk kesehatan gigi susu. Pastikan anak mendapatkan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan mineral penting lainnya untuk pertumbuhan gigi yang baik.

  • Hindari kebiasaan buruk. Menghisap jari atau menggunakan dot pacifier yang berlebihan dapat memengaruhi pertumbuhan gigi susu. Upayakan untuk menghindari kebiasaan buruk ini sejak dini.

Untuk mendapatkan perawatan gigi susu anak yang terbaik, penting untuk memilih tempat pemeriksaan gigi yang terpercaya dan berkualitas. Kamu bisa mengunjungi Klinik Gigi SATU Dental untuk mendapatkan layanan perawatan gigi dan gusi terbaik

 

Cabang Klinik Gigi SATU Dental ada di Jakarta, Bogor, Depok, Cibubur, Tangerang, dan juga Bekasi, sehingga makin dekat dengan lokasimu. Dapatkan perawatan gigi dan gusi terbaik dengan datang ke klinik gigi profesional!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental