Klinik Gigi SATU Dental

10 Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu

10 Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi bungsu merupakan gigi yang paling terakhir tumbuh dan terletak di rahang bagian belakang. Beberapa gigi bungsu ada yang tidak dapat tumbuh dan tetap di dalam gusi, ada yang tumbuh hanya setengah bagian saja, dan ada yang tumbuh seluruhnya namun dalam keadaan miring dan seringkali menempel dengan gigi permanen. 

 

Gigi bungsu yang tumbuh secara abnormal, biasanya akan mengganggu dan menyebabkan berbagai permasalahan gigi dan mulut. Karena itu, operasi akan disarankan oleh dokter ketika tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan kerusakan struktur gigi yang lain dan memicu penyakit yang berbahaya.

 

Operasi biasanya akan dilakukan setelah dokter melakukan berbagai pemeriksaan terhadap gigi bungsu yang tumbuh. Perawatan pasca operasi gigi bungsu juga perlu perhatian yang lebih. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak artikel Klinik Gigi SATU Dental mengenai bagaimana operasi gigi bungsu dilakukan, perawatan pasca operasi gigi bungsu, hingga beberapa klinik untuk merawat gigi yang baik.


Baca juga: Gigi Bungsu: Pengertian dan Cara Mengobati Sakit Gigi Bungsu

Table of Contents

Bagaimana Operasi Gigi Bungsu Dilakukan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum memutuskan untuk pelaksanaan operasi, biasanya dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terhadap gigi bungsu. Jika pertumbuhan gigi bungsu aman dan tidak menimbulkan permasalahan, maka dokter tidak akan menyarankan untuk operasi.

 

Akan berbeda cerita jika gigi bungsu yang tumbuh menimbulkan banyak permasalahan, seperti mengganggu posisi gigi permanen dan menyebabkan impaksi gigi. Ketika impaksi semakin parah dan menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk pelaksanaan operasi.

 

Lalu bagaimana operasi gigi bungsu dilakukan?

 

Setelah melewati proses pemeriksaan, dan ditemukan gigi bungsu menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, operasi pencabutan gigi akan menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

  • Pertama, dokter akan memberikan bius di daerah gigi yang memiliki permasalahan, supaya pasien tidak akan merasakan sakit ketika proses operasi berlangsung.
  • Jika sudah dibius, gusi akan mulai disayat secara perlahan untuk membuka bagian tulang dan gigi. 
  • Setelah itu gigi bungsu diambil dan dicabut. Pendarahan mungkin terjadi, tetapi kamu tidak perlu terlalu khawatir karena pendarahan tersebut merupakan hal yang memang bisa saja terjadi dan tidak berlangsung lama.
  • Bagian yang kosong akibat gigi dicabut akan dibersihkan menggunakan kain kasa dan dijahit.

 

Tak hanya berhenti setelah selesai operasi saja, tetapi kamu perlu melakukan perawatan pasca operasi gigi bungsu dengan baik dan benar, supaya tidak terjadi infeksi ataupun kendala setelah operasi dilakukan.


Baca juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?

10 Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Perawatan pasca operasi gigi bungsu sangat penting untuk diperhatikan. Berikut ini ada beberapa cara perawatan setelah operasi yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

1. Tidak Sikat Gigi Pasca Operasi

Pasca operasi gigi bungsu, akan lebih baik jika tidak menyikat gigi terlebih dahulu, termasuk menggunakan obat kumur dalam kurun waktu 24 jam. Jika sudah lewat dari 24 jam, sikat gigi menggunakan sikat yang lembut dan secara perlahan.

2. Konsumsi Makanan Lunak

2. Konsumsi Makanan Lunak

Pilihlah makanan lunak seperti bubur untuk mempermudah mulut dan gigi ketika proses mengunyah. Jangan konsumsi makanan yang rasanya terlalu asam, pedas, dan keras, atau terlalu panas selama 24 jam pasca operasi.

3. Minum Air Mineral

3. Minum Air Mineral

Lebih baik mengkonsumsi air mineral biasa dibandingkan dengan minuman kemasan, minuman soda, ataupun minuman berkafein tinggi. Konsumsi air mineral yang cukup, dan perbanyak istirahat.

4. Mengompres Rahang Jika Bengkak

Apabila setelah operasi gigi bungsu bengkak terjadi pada rahang, jangan panik dulu, segera kompres rahang menggunakan air dingin atau es batu. Namun, jika rahang yang bengkak terasa sakit, konsumsi paracetamol untuk membantu meredakan nyeri. Jika kamu merasa khawatir mengkonsumsi obat sendiri, datangi dokter dan minta untuk diresepkan obat pereda nyeri.

5. Mengganti Kain Kasa secara Berkala

Biasanya pendarahan memang tidak berlangsung lama, namun jika darah masih ada setelah lebih dari satu jam, kasa bisa diganti secara berkala supaya luka bekas operasi tetap bersih. Hal ini bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu kembali ke dokter. Berhati-hatilah ketika mengganti kasa, supaya tidak menimbulkan rasa sakit.

6. Jangan Merokok

Supaya luka operasi gigi bungsu lebih cepat pulih, akan lebih baik jika berhenti merokok untuk mencegah terjadinya peradangan pada bagian yang dioperasi dan juga impaksi gigi.

7. Berkumur Perlahan

Berkumurlah secara perlahan, untuk mencegah terjadi robekan pada luka bekas operasi yang bisa menyebabkan pendarahan.

8. Hindari Aktivitas Berat

Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat seperti olahraga selama 3 hingga 4 hari setelah operasi dilakukan.

9. Hati-Hati Saat Menyikat Gigi

Setelah melalui 24 jam pasca operasi, sikatlah gigi secara perlahan untuk menjaga agar tidak mengganggu luka bekas operasi.


Baca juga: 7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

10. Jangan Mainkan Luka Bekas Operasi

Sebagian orang terkadang punya kebiasaan memainkan gigi menggunakan lidah. Namun, setelah operasi berhati-hatilah untuk tidak memainkan gigi dengan lidah, supaya terhindar dari infeksi ataupun luka kembali terbuka.


Baca juga: Biaya Operasi Gigi Bungsu di Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Rawat Gigi dengan Baik

Pelaksanaan operasi gigi bungsu akan berlangsung dengan lancar dan aman jika dilakukan oleh dokter profesional. Jadi kamu tidak perlu takut untuk melakukan operasi hingga melakukan perawatan gigi bungsu setelah operasi dilaksanakan. Pastikan kamu mendatangi klinik gigi yang sudah terjamin kualitas dari pelayanannya, untuk melakukan berbagai layanan untuk perawatan gigi

 

Kamu bisa merawat gigi dengan baik di klinik gigi SATU Dental supaya gigi tetap sehat dan tidak mengalami permasalahan yang bisa mengganggu kesehatan mulut. Ada beberapa cabang Klinik Gigi SATU Dental yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan perawatan pasca operasi gigi bungsu, mulai dari Bogor, Depok, Jakarta, Tangerang, hingga Bekasi.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental