Klinik Gigi SATU Dental

Pijat Sakit Gigi, 5 Titik Tekan untuk Redakan Sakit Gigi, Apakah Efektif?

Pijat Sakit Gigi, 5 Titik Tekan untuk Redakan Sakit Gigi, Apakah Efektif?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi merupakan rasa sakit yang timbul di dalam dan di sekitar gigi dan rahang yang biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi. Rasa sakit gigi bisa datang dan pergi, rasa sakitnya juga bisa ringan atau berat. Hal ini dapat dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya karena konsumsi makanan dan minuman yang panas atau dingin.

 

Nyeri pada gigi ini bisa semakin terasa ketika malam hari, terutama saat berbaring. Tambalan yang hilang atau gigi yang patah terkadang juga dapat memicu rasa sakit. Tentu saja, sakit gigi yang parah dapat mengganggu aktivitas harian dan kegiatan makan.

 

Kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi sakit gigi, ataupun mengurangi rasa nyeri tersebut. Mulai dari mengonsumsi bahan-bahan alami, menggunakan obat sakit gigi, ataupun melakukan pijat sakit gigi.

 

Pijat sakit gigi dilakukan dengan merangsang titik-titik tekanan yang dapat membantu meringankan rasa sakit gigi. Teknik ini disebut juga akupresur, yaitu tindakan memberikan tekanan pada titik tertentu pada tubuh. Tekanan tersebut memberi sinyal kepada tubuh untuk mengurangi ketegangan, memperbaiki masalah aliran darah, dan mengurangi rasa sakit. 

Table of Contents

Cara Melakukan Pijat Sakit Gigi

Pijat sakit gigi yang menggunakan teknik akupresur dapat dilakukan di rumah. Sebelum memulainya, pilihlah area yang tenang dan tidak menimbulkan stres agar dapat tetap fokus dan memaksimalkan manfaat akupresur.

Ambil posisi yang nyaman, lalu tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk mengendurkan otot-otot dan anggota tubuh. Pijat atau gosok setiap titik dengan tekanan yang kuat, dan ulangi sesuai kebutuhan. Pastikan untuk berhenti jika kamu merasakan sakit.

Berikut ini 5 titik tekan untuk meredakan sakit gigi yang dapat kamu terapkan ketika melakukan pijat sakit gigi.



1. Titik Small Intense 18 (SI18)

Titik ini disebut juga dengan titik tekanan usus kecil. Manfaatnya dapat meringankan sakit gigi, gusi bengkak, dan kerusakan gigi. Titik ini terletak tepat tegak lurus dengan bagian luar mata dan bagian luar hidung, atau yang biasanya disebut lubang tulang pipi.

 

2. Titik Stomach 6 (ST6)

Titik tekanan ST6 biasanya digunakan untuk meredakan penyakit mulut dan gigi. Untuk menemukan titik ini, kamu harus mengatupkan gigi terlebih dahulu, sehingga muncul otot yang melentur. Titik ini terletak di tengah-tengah antara sudut mulut dan bagian bawah daun telinga.

 

3. Titik Gall Blander 21 (GB21)

Terletak di bagian atas bahu, titik GB21 berada tepat di tengah-tengah ujung bahu dan sisi leher. Titik ini digunakan untuk membantu mengatasi nyeri wajah, nyeri leher, dan sakit kepala.

 

4. Titik Large Intestine 4 (LI4)

Titik usus besar digunakan untuk sakit kepala, stres, dan nyeri di bagian atas leher. Titik ini terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kamu dapat menemukannya dengan meletakkan ibu jari Anda di samping buku jari kedua jari telunjuk. 

 

5. Titik Stomach 36 (ST36)

Jika kamu merasa mual, kelelahan, dan stres, titik tekanan Stomach 36 menjadi lokasi yang tepat. Titik ini terletak di bawah lutut, di mana ketika kamu meletakkan tangan di tempurung lutut, di situlah jari kelingking akan berada. Kamu dapat memberikan tekanan dengan gerakan ke bawah ke bagian luar tulang kering.

 

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit dengan Mudah

Apakah Pijat Sakit Gigi Ampuh Redakan Sakit Gigi?

Pada tahun 2003, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencantumkan akupuntur dan akupresur sebagai pengobatan yang efektif untuk nyeri gigi. Keduanya mampu merangsang saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit, mengganggu atau mengubah persepsi rasa sakit.

Namun begitu, penting untuk diketahui bahwa akupresur tidak mengatasi penyebab sakit gigi. Orang dengan kondisi gigi tertentu atau bahkan mengalami infeksi tetap memerlukan perawatan dari dokter gigi. Seseorang harus mencari perawatan medis sesegera mungkin untuk mengurangi risiko komplikasi lebih lanjut.

 

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Dental Massage untuk Kesehatan Mulut

Cara Lain Meredakan Sakit Gigi

Ada banyak cara alami untuk meredakan sakit gigi dengan bahan-bahan yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah sebelum mengunjungi dokter gigi. Berikut adalah beberapa cara lain meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

  • Berkumur dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit gigi dengan cepat dan membantu menghilangkan partikel makanan yang tersisa di dalam mulut. Campurkan setengah sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat untuk berkumur. 

  • Cengkeh

Cngkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat meredakan sakit gigi. Gigit kuncup cengkeh di area yang sakit, ataupun oleskan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit Namun begitu, tetap berhati-hatilah dalam pengggunaannya agar tidak menimbulkan iritasi, dan lain-lain.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji merah memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan analgesik. Tak heran, daun ini dapat berfungsi mengurangi peradangan, ketidaknyamanan, dan rasa sakit pada mulut. Kunyah 1-2 lembar daun jambu biji merah hingga keluar sarinya dan oleskan pada bagian yang sakit.

  • Bawang Putih

Bawang putih dapat langsung dikunyah dii area gigi yang sakit selama beberapa menit. Kamu juga dapat mengirisnya tipis-tipis, atau menghancurkan bawang putih dan mengoleskannya ke area yang sakit. Jangan meletakkannya terlalu lama, karena dapat menyebabkan luka bakar pada selaput mulut.

 

  • Es Batu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengompres mulut dengan es batu. Rasa dingin yang ditimbulkan oleh es batu akan meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan, serta pembengkakan.


  • Konsultasi ke Dokter Gigi

Selain mencoba berbagai bahan-bahan alami di atas, jangan lupa untuk memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi. Sakit gigi, terlebih yang berlangsung cukup lama, harus segera diperiksakan ke dokter gigi untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam menangani sakit gigi.

 

Periksalah ke klinik gigi yang terpercaya dengan dokter gigi yang berpengalaman, di antaranya seperti Klinik Gigi SATU Dental. Klinik yang berlokasi di  Jakarta, Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang hingga  Bekasi ini dapat membantu kamu mengatasi sakit gigi. Tunggu apa lagi? Yuk, segera ke Klinik Gigi SATU Dental demi masa depan gigi dan mulut yang sehat!

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental