Klinik Gigi SATU Dental

Apa Itu Self Ligating Braces? Harga dan Perbedaan dengan Conventional Braces

Apa Itu Self Ligating Braces? Harga dan Perbedaan dengan Conventional Braces

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi atau braces telah menjadi solusi yang umum digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata. Dengan beragam masalah susunan gigi, tentunya ada beragam jenis behel yang tersedia sesuai dengan masalah gigi tersebut. Salah satu jenis behel yang bisa dijadikan pilihan adalah self ligating braces.

 

Self ligating braces sedikit berbeda dengan conventional braces yang lebih umum kita ketahui. Keduanya memiliki beragam perbedaan, mulai dari bahan yang digunakan hingga harga yang perlu dikeluarkan.

 

Lalu, sebenarnya apa itu self ligating braces? Bagaimana harga dan perbedaan dengan conventional braces? Berikut Klinik Gigi SATU Dental akan jelaskan inforrmasi mengenai self ligating braces beserta harga dan perbedaan dengan conventional braces.

Table of Contents

Apa Itu Self Ligating Braces

Self ligating braces adalah jenis behel yang menggunakan klip logam kecil (archwire) sebagai pengganti karet behel. Fungsinya lebih efektif dalam mengatur dan menggeser gigi ke posisi yang diinginkan tanpa menyebabkan ketidaknyamanan yang berlebihan.

Behel jenis ini sedikit berbeda dengan conventional braces. Self ligating braces merupakan jenis kawat gigi yang tidak mengharuskan penggunaan karet elastis, sementara conventional braces membutuhkan karet dalam proses perataan gigi.


Baca juga: Behel Damon: Harga dan Keunggulan

Jenis Self Ligating Braces

Self ligating braces sendiri terbagi menjadi dua, yakni:

 

  1. Self Ligating Braces Aktif: Jenis ini menggunakan pegas atau pengunci aktif yang memberikan tekanan konstan pada kawat gigi. Pegas ini memungkinkan pergerakan gigi yang lebih efisien dan mengurangi jumlah kunjungan ke dokter gigi.
  2. Self Ligating Braces Pasif: Jenis ini tidak menggunakan pegas aktif, melainkan hanya memiliki pintu geser untuk memegang kawat gigi. Pergerakan gigi terjadi secara alami dengan menggunakan kekuatan dari gigi sekitarnya.

Dalam hal material yang digunakan, Self ligating braces juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Self Ligating Metal dan Self Ligating Clear.

 

Self Ligating Metal adalah jenis behel yang terbuat dari bahan logam dengan warna perak, sementara Self Ligating Clear merupakan behel transparan yang terbuat dari keramik dengan warna yang mirip dengan warna gigi.


Baca juga: Behel Keramik: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Self Ligating Braces

Self ligating braces memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya lebih unggul daripada conventional braces. Kelebihan self ligating braces antara lain adalah:

 

  • Waktu perawatan yang lebih cepat.
    Self ligating braces dapat mempercepat proses perawatan gigi. Sistem pengunci yang terintegrasi memungkinkan gigi bergerak dengan lebih efisien, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan dapat lebih singkat dibandingkan dengan conventional braces.

  • Perawatan yang lebih nyaman.
    Self ligating braces mengurangi jumlah gesekan antara kawat gigi dan braket. Hal ini mengurangi ketidaknyamanan dan iritasi pada jaringan mulut. Selain itu, karena tidak ada karet pengikat yang perlu diganti secara berkala, self ligating braces juga mengurangi ketegangan pada gigi dan gusi, sehingga memberikan kenyamanan lebih selama perawatan.

  • Kemudahan perawatan.
    Self ligating braces tidak menggunakan elastik atau karet pengikat, sehingga perawatannya lebih mudah dan sederhana. Pembersihan gigi juga lebih efisien karena tidak ada elastik yang perlu dilepas dan dipasang kembali setelah membersihkan gigi. Hal ini membantu mencegah penumpukan plak dan kerusakan gigi yang disebabkan oleh sulitnya membersihkan area di sekitar karet pengikat pada conventional braces.

  • Pengurangan kunjungan ke dokter gigi.
    Dalam beberapa kasus, self ligating braces memungkinkan pengurangan jumlah kunjungan ke dokter gigi. Sistem pengunci yang lebih efisien memungkinkan pergerakan gigi yang lebih terkontrol, sehingga interval antara kunjungan dapat diperpanjang. Ini dapat menghemat waktu dan biaya bagi pasien.

  • Potensi hasil yang lebih stabil.
    Self ligating braces dapat memberikan hasil yang lebih stabil dalam jangka panjang. Dengan penggunaan sistem pengunci yang cermat, pergerakan gigi dapat dikontrol dengan lebih baik, sehingga risiko gigi bergeser kembali setelah perawatan dapat dikurangi.

 

Baca juga: Perubahan Wajah Setelah Pakai Behel

Kekurangan Self Ligating Braces

Walau banyak kelebihannya, self ligating braces juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan conventional braces. Kekurangan self ligating braces antara lain adalah:

 

  • Biaya yang lebih tinggi.
    Secara umum, self ligating braces memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan conventional braces. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang lebih canggih dan biaya produksi yang lebih tinggi.

  • Pembatasan estetika.
    Beberapa jenis self ligating braces masih terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan beberapa jenis conventional braces. Misalnya, braket self ligating metal mungkin terlihat lebih mencolok dan terlihat dari conventional braces yang menggunakan braket keramik transparan. Bagi mereka yang menginginkan perawatan yang estetis, kekurangan ini dapat menjadi pertimbangan.

  • Perawatan yang membutuhkan keahlian khusus.
    Pemasangan dan penyesuaian self ligating braces membutuhkan keahlian khusus. Dokter gigi atau orthodontis harus terlatih dalam penggunaan dan penanganan self ligating braces secara efektif. Jika tidak, hasil perawatan dapat terpengaruh dan mengurangi efektivitas perawatan.

  • Tidak cocok untuk beberapa kasus khusus.
    Meskipun self ligating braces efektif untuk sebagian besar kasus perawatan ortodontik, mereka mungkin tidak cocok untuk semua kondisi gigi yang kompleks. Dalam beberapa kasus yang membutuhkan pergerakan gigi yang sangat spesifik atau penyesuaian yang rumit, conventional braces dengan penggunaan elastik pengikat masih menjadi pilihan yang lebih baik.

Harga Self Ligating Braces

Harga self ligating braces umumnya lebih tinggi dibanding dengan conventional braces karena jenis ini menawarkan sejumlah keuntungan dibandingkan dengan conventional braces. Harga pasangan behel self ligating dapat bervariasi cukup luas dengan kisaran mulai dari Rp6.700.000 hingga Rp32.000.000.

 

Perlu diingat bahwa harga self ligating braces ini dapat berbeda-beda akibat dari berbagai macam faktor, seperti tingkat perawatan yang dibutuhkan, hingga lokasi dan klinik gigi pilihan. Penting untuk selalu menyediakan biaya lebih untuk melakukan pemasangan behel.

 

Kunjungilah klinik gigi terbaik untuk mendapatkan pemasangan behel gigi terbaik. Kamu bisa mengunjungi cabang Klinik Gigi SATU Dental yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Cibubur, Tangerang, dan juga Bekasi. Dapatkan behel gigi terbaik dengan datang ke klinik gigi SATU Dental!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental