Klinik Gigi SATU Dental

Behel Keramik: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Behel Keramik: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Behel atau kawat gigi merupakan sebuah alat yang digunakan oleh dokter gigi untuk merapikan gigi yang susunannya kurang rata. Saat ini behel sudah hadir dalam beberapa jenis yang digunakan sesuai keinginan dan kebutuhan. Ada behel konvensional yang terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu behel metal, behel keramik, dan behel sapphire. Selain itu macam-macam behel lainnya ada behel transparan, behel damon, dan juga behel lingual.


Kali ini, Klinik Gigi SATU Dental akan khusus membahas mengenai behel keramik yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang, karena dikatakan lebih bagus tampilannya dibandingkan dengan behel lainnya. Simak ulasannya di sini!

Table of Contents

Apa itu Behel Keramik

Berbeda dari kawat gigi lain, kawat gigi keramik ini merupakan jenis behel yang bracketnya dibuat khusus dari keramik. Warna behel keramik biasanya bening, sehingga lebih serupa dengan warna asli gigi dan terlihat simple. Bahan dari behel keramik adalah aluminium oksida yang satu tingkat kekerasannya di bawah berlian.

 

Warnanya yang bening sangat cocok bagi orang-orang yang tidak menyukai behel dengan warna mencolok seperti pada behel metal. Kepercayaan diri dipastikan akan meningkat dengan menggunakan behel keramik.

 

Namun, harga behel keramik juga bisa dibilang cukup tinggi berkisar dari Rp7.000.000 sampai Rp9.000.000. Namun pada beberapa klinik gigi, pemasangan behel keramik bisa mencapai belasan hingga puluhan juta. Memang biasanya harga pemasangan behel setiap klinik ataupun rumah sakit tidak bisa disamakan.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang behel keramik, seperti tidak mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang nodanya bisa mudah menempel, jangan bersihkan gigi menggunakan pasta pemutih, pastikan tidak merokok, dan rutin temui dokter untuk mengganti bracket behel secara berkala.

 

Lalu, apa kelebihan dari behel keramik sampai harga pemasangannya cukup fantastis?

Kelebihan Behel Keramik

Behel keramik memiliki beberapa kelebihan seperti di bawah ini:

  • Behel keramik tidak terlalu memberikan efek alergi seperti bahan nikel yang digunakan pada behel metal.
  • Lebih ampuh dalam mengatasi gigi berantakan yang cukup parah.
  • Behel keramik dipercaya mampu memperbaiki gigi lebih cepat jika dibandingkan dengan behel aligners transparan.
  • Warnanya yang bening membuat behel keramik tidak terlalu kelihatan apalagi jika diamati dari kejauhan. Kamu terlihat seperti tidak menggunakan behel karena warnanya yang benar-benar hampir serupa dengan gigi asli. 
  • Untuk kekuatan behel gigi dari keramik sudah dibuat menyerupai kekuatan behel yang terbuat dari logam.
  • Behel keramik lebih sedikit menghasilkan plak dibandingkan behel dengan bahan lain. Namun masih sering terdapat perbedaan pendapat tentang hal ini.
  • Behel keramik tidak terlalu mengganggu sinyal saat melakukan tes seperti rontgen.
  • Pada dasarnya behel keramik memang memiliki warna bening yang hampir serupa dengan gigi asli. Namun behel keramik juga tersedia dalam berbagai macam warna lainnya, jika kamu tidak menginginkan warna bening. Pilihlah warna sesuai dengan keinginanmu, untuk meningkatkan kepercayaan diri saat menggunakan behel.

Kekurangan Behel Keramik

Dibalik kelebihannya, behel keramik juga memiliki beberapa kekurangan, seperti di bawah ini:

 

  • Behel keramik mudah kotor ketika terkena minuman ataupun makanan yang memiliki warna pekat, seperti kopi.
  • Ukuran dari behel keramik yang cukup besar dibandingkan behel metal ini terkadang mengurangi kenyamanan pada mulut dan gigi.
  • Behel keramik juga lebih rapuh dan tidak tahan lama, berbeda dengan behel berbahan metal yang mempunyai ketahanan lebih lama.
  • Harga behel keramik cukup mahal dibandingkan dengan behel berbahan metal yang harganya lebih murah.
  • Sensitivitas gusi mungkin terjadi akibat ukuran dari behel keramik yang cukup besar. Membersihkan behel keramik juga bisa dikatakan cukup sulit.
  • Ketika pelepasan lem behel, ada kemungkinan dapat merusak permukaan gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Pasang Behel

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Pasang Behel

Pasang behel keramik di klinik gigi Satu Dental Jakarta yang tepatnya berlokasi di Jl. City Resort No.61, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730 (Booking Klinik Gigi SATU Dental City Resort Cengkareng)

 

Klinik gigi Satu Dental juga hadir di Cibubur yang berlokasi di Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

 

Kunjungi klinik gigi Satu Dental di Depok untuk pasang behel, yang berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

 

Bagi yang tinggal di daerah Tangerang sekitar Bintaro, kamu bisa berkunjung ke klinik gigi Satu Dental yang beralamat di Ruko Graha Matercella E.84, Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Jaya sektor 3, RT.02 RW.04, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bintaro)

 

Jika kamu tinggal di daerah Bekasi, bisa kunjungi klinik gigi Satu Dental yang ada di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147 (Booking Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi)

 

Sedangkan untuk klinik gigi Satu Dental di Bogor yang bisa membantu pemasangan behel gigi keramik , berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi Satu Dental Bogor Baranangsiang)


Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari behel keramik, kamu dapat lebih mudah memutuskan untuk menggunakan behel keramik atau tidak untuk memperbaiki struktur gigi yang berantakan. Pastikan datang ke klinik gigi yang terjamin untuk pemasangan behel. Hindari pemasangan behel selain di klinik gigi dan rumah sakit.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental