Klinik Gigi SATU Dental

Behel Damon: Harga dan Keunggulan

Behel Damon: Harga dan Keunggulan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi yang berantakan menjadi salah satu permasalahan yang cukup penting bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Saat berbicara ataupun tersenyum, gigi menjadi salah satu bagian dari wajah yang akan diperhatikan. Gigi yang kurang rapi, dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.


Cara yang paling sering digunakan untuk merapikan gigi yaitu menggunakan kawat gigi yang lebih dikenal dengan sebutan behel. Kawat gigi ini ada banyak macamnya, seperti behel damon yang akan menjadi fokus pembahasan pada artikel Klinik Gigi SATU Dental kali ini. Mari simak pengertian, harga, keunggulan, proses pemasangan behel, hingga rekomendasi klinik untuk pasang behel gigi.

Table of Contents

Apa itu Behel Damon

Behel damon merupakan jenis behel yang hampir menyerupai behel konvensional. Jika karet elastis menjadi ciri utama dari behel pada umumnya, behel damon memiliki perbedaan karena menggunakan klip khusus yang berguna untuk menjaga kawat agar tetap bertahan di posisinya. Dibandingkan dengan karet elastis, penggunaan klip ini disinyalir mampu meminimalisir rasa sakit dalam proses merapikan gigi.

 

Behel damon terbagi menjadi beberapa jenis lagi, salah satunya behel damon quantum.

Harga Behel Damon

Harga behel damon pastinya berbeda di setiap klinik gigi, rumah sakit, ataupun puskesmas. Namun, rata-rata untuk harga pemasangan behel gigi damon sekitar Rp.10.000.000 sampai Rp.30.000.000,00. Harga behel damon terbilang mahal karena sesuai dengan keunggulan yang dimiliki behel damon jika dibandingkan dengan behel jenis lain. 

Keunggulan Behel Damon

Tingginya harga behel damon bukan tanpa alasan, melainkan karena banyak keunggulan yang dimiliki behel self-ligating ini. Lalu, apa sajakah keunggulan yang dimiliki behel jenis damon atau yang lebih akrab disebut self-ligating? Berikut uraiannya.

1. Meminimalisir Rasa Sakit

Penggunaan klip pada bracket dan teknologi self-ligating, mampu mengurangi rasa sakit yang biasanya dikeluhkan saat menggunakan behel konvensional. Tekanan yang diberikan behel damon terbilang kecil,sampai dikatakan behel damon tidak menimbulkan rasa sakit saat digunakan.

2. Ukuran Lebih Kecil

Behel damon mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan behel jenis lain. Ukurannya yang kecil dan tidak terlalu besar mampu meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri saat menggunakan behel. Rasa nyaman menjadi suatu hal yang penting, karena behel tidak hanya digunakan selama satu atau dua hari saja, tetapi bisa hingga tahunan. Untuk behel damon sendiri, biasanya digunakan selama 3 tahun.

3. Minim Menimbulkan Karang pada Gigi

Kelebihan lain dari behel damon ini minim menimbulkan karang gigi. Biasanya kotoran dapat dengan mudah tersangkut pada karet gigi elastis. Namun, penggunaan klip pada behel damon, mengurangi kemungkinan kotoran tersangkut, serta lebih mudah untuk dibersihkan. 

4. Jarang Dilakukan Pencabutan Gigi

Pemasangan behel damon juga jarang dilakukan pencabutan gigi, kecuali dibutuhkan untuk memperbaiki tampilan wajah yang terganggu karena struktur gigi.

5. Jarang Dilakukan Kontrol

5. Jarang Dilakukan Kontrol

Bagi para pasien yang memilih untuk menggunakan behel damon, akan lebih sedikit melakukan kontrol behel gigi. Kontrol bisa dilakukan setiap 6-8 ataupun 8-10 minggu sekali. 

Proses Pemasangan Behel Damon

Proses Pemasangan Behel Damon

Setelah mengetahui harga dan kelebihan dari behel damon, ketahui juga bagaimana prosedur pemasangan behel damon yang benar.

 

  • Lakukan konsultasi dulu dengan dokter gigi terkait kondisi kesehatan mulut dan gigi.
  • Dokter akan melakukan pemeriksaan dan X-Ray untuk memastikan struktur gigi.
  • Setelah mendapatkan hasil X-Ray, gigi dan mulut dibersihkan, lalu dimulai proses pemasangan behel damon.
  • Lem khusus akan dioleskan pada gigi untuk memasangkan bracket behel, dan direkatkan menggunakan blue light.
  • Kemudian pemasangan kawat setelah bracket terpasang dengan baik, dari kiri ke arah kanan. Lalu klip dipasangkan untuk menjaga kawat tetap berada di posisinya.
  • Setelah selesai dipasang, mungkin akan sedikit terasa tidak nyaman, namun hal tersebut hanya berlangsung sementara.
  • Jaga kebersihan gigi dan mulut, serta kontrol behel gigi secara berkala.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Pasang Behel Gigi

Bagi kamu yang ingin pasang behel gigi di daerah Jakarta, kamu bisa berkunjung ke klinik gigi Satu Dental yang berlokasi di Jl. Joglo Raya RT.9/RW.3, Joglo, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Joglo)

 

Klinik gigi Satu Dental juga hadir di Cibubur untuk pemasangan behel gigi, yang berlokasi di Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

 

Kunjungi klinik gigi Satu Dental untuk pasang behel daerah Depok, yang berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

 

Untuk daerah Tangerang, pemasangan behel bisa dilakukan di klinik gigi Satu Dental yang berlokasi di Ruko Estrela Blok CC No. 19 Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Banjar Wijaya)

 

Jika kamu tinggal di daerah Bekasi, bisa kunjungi klinik gigi Satu Dental yang ada di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147 (Booking Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi)

 

Sedangkan untuk klinik gigi Satu Dental di Bogor, berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)


Walaupun harganya cukup tinggi, hal tersebut sebanding dengan keunggulan yang diperoleh dari behel damon. Pemasangan behel gigi bisa dilakukan di klinik terpercaya, untuk menghasilkan gigi yang lebih rapi.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental