Klinik Gigi SATU Dental

Cara Menggunakan Sikat Gigi Behel yang Tepat dan Benar

Cara Menggunakan Sikat Gigi Behel yang Tepat dan Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Kebersihan gigi semakin penting untuk dijaga ketika kamu memilih untuk menggunakan behel gigi. Kamu harus rutin menyikat gigi supaya kebersihan gigi dan behel terjaga dengan baik.

 

Sebenarnya, membersihkan behel gigi bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi standar yang biasa kamu gunakan disaat kamu belum memasang behel gigi. Hanya saja, akan lebih efektif lagi jika menyikat gigi menggunakan sikat gigi khusus behel supaya dapat membersihkan secara menyeluruh. 

 

Sikat gigi behel dibuat khusus, sikat gigi ini dapat membersihkan hingga ke sela-sela behel, dan mengangkat sisa makanan yang tersangkut lebih mudah. Karena behel gigi sendiri disebut banyak mempunyai celah dan sudut yang bisa menjadi tempat persembunyian kuman.

Table of Contents

Perawatan Gigi Bagi Pengguna Behel

Perawatan Gigi Bagi Pengguna Behel

Klinik gigi SATU Dental akan membagikan cara perawatan gigi bagi pengguna behel. Ikuti cara di bawah ini:

 

  • Perbanyak konsumsi makanan yang teksturnya lembut agar mudah untuk dikunyah, seperti kentang rebus, pasta, ubi, puding, yoghurt, dan juga nasi yang dimasak lembut. Makanan dengan tekstur lembut lebih mudah untuk dikunyah, karena gigi tidak perlu melakukan gigitan yang berlebihan. Saran tersebut sangat perlu dipatuhi ketika baru memasang behel gigi.

  • Menyikat gigi menggunakan sikat gigi behel untuk membersihkan gigi dan behel secara menyeluruh. Sikat gigi behel dapat menjangkau hingga ke bagian bawah behel dan lengkungan pada kawat. Sikat gigi behel kecil akan lebih mudah digunakan untuk membersihkan gigi.

  • Untuk lebih pastinya, kamu bisa menggunakan benang flossing gigi untuk membersihkan sela gigi dari sisa makanan. 

  • Memperhatikan makanan yang dikonsumsi, dengan menghindari makanan yang teksturnya keras seperti kacang, permen, wortel, pir. Hindari juga makanan yang teksturnya lengket seperti permen karet dan mayonaise karena dikhawatirkan dapat membuat bracket menjadi longgar bahkan terlepas.

  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis karena mengandung gula yang tinggi, karena dikhawatirkan dapat merusak gigi. 

  • Kunjungi dokter gigi sekitar 2 bulan sekali, untuk melakukan pemeriksaan kondisi gigi dan behel. Dokter juga mungkin akan kembali melakukan penyesuaian bracket dan karet gelang, untuk mengatur tekanan behel pada gigi. 


Baca juga: Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Cara Menggunakan Sikat Gigi Behel yang Tepat dan Benar

Cara Menggunakan Sikat Gigi Behel yang Tepat dan Benar

Berdasarkan artikel Healthline, di bawah ini adalah cara menyikat gigi yang benar dan baik seperti di bawah ini:

1. Gunakan Pasta Gigi Secukupnya

Gunakan pasta gigi hanya sebesar kacang polong saja, tidak perlu memenuhi seluruh permukaan sikat gigi. Letakkan pasta gigi, di bagian ujung kepala sikat. 

2. Genggam Sikat Gigi dengan Posisi yang Sesuai

Posisi untuk menyikat gigi yang benar adalah menyerupai sudut 45 derajat, lalu gunakan gerakan melingkar kecil yang dilakukan secara perlahan. Gerakan melingkar ini dilakukan untuk dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel dan tersangkut di sela gigi. 

3. Sikat Gigi dengan Lembut

Pastikan menyikat gigi dengan lembut, apalagi kamu saat ini sedang menggunakan behel. Agar tidak terjadi gesekan yang mengganggu behel, lakukan proses menyikat gigi secara perlahan dan lembut.

4. Mulai Menyikat Gigi Dari Bagian Terluar

Sikat gigi dimulai dari bagian gigi terluar, lalu beralih pada gigi bagian dalam. Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan gigi geraham belakang karena paling banyak bekerja untuk mengunyah makanan. Permukaan gigi geraham, paling memiliki potensi untuk mengalami gigi bolong akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik.

5. Bersihkan Permukaan Lidah

Lidah juga berperan menjadi wadah ketika gigi sedang dalam proses menghancurkan makanan menjadi bagian-bagian kecil. Sisa sari-sari makanan juga bisa tertinggal pada lidah, dan menempel pada gigi. Karena itu, lidah perlu dibersihkan dengan cara disapu lembut menggunakan sikat gigi supaya tidak melukai permukaannya.

6. Lakukan selama 2 menit.

Sikat gigi selama 2 menit, dan pastikan seluruh gigi dan behel gigi sudah dibersihkan secara menyeluruh. Setelah selesai dengan semua prosesnya, berkumur menggunakan air dingin yang bersih, untuk membuang seluruh sisa makanan yang sempat tertinggal di gigi.

Rekomendasi Sikat Gigi Behel yang Baik

Rekomendasi Sikat Gigi Behel yang Baik

Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi sikat gigi behel yang baik digunakan.

 

  • Sikat Gigi Formula Orthodontic

Sikat gigi behel dari formula ini aman dan nyaman digunakan oleh kamu yang menggunakan behel gigi, karena bulu sikatnya membentuk V-Cut yang dapat menjangkau sisa makanan hingga ke sela-sela behel dan gigi. Harga sikat gigi Formula Orthodontic berkisar di Rp20.000.

  • Sikat Gigi Oral-B UltraThin Compact Soft

Ukuran kepala sikat yang tergolong kecil, dapat mempermudah proses menyikat gigi, karena lebih mudah untuk masuk ke dalam mulut dan menjangkau hingga gigi bagian belakang, dan juga menjangkau sela-sela behel gigi dengan lebih baik. Harga sikat gigi behel Oral-B Ultra Thin Compact Soft berkisar di Rp11.000 – Rp12.000.

  • Sikat Gigi Gum Ortho Travel Toothbrush

Sesuai dengan namanya, sikat gigi ini bisa kamu bawa ketika bepergian jauh. Bulu sikatnya lembut dan efektif dalam membersihkan gigi secara menyeluruh. Sikat gigi Gum Ortho Travel Toothbrush cukup mahal dibandingkan sikat gigi sebelumnya, dengan kisaran harga mencapai Rp60.000. 

  • Sikat Gigi Pepsodent Double Care Clean

Bulu sikat medium menjadi pelengkap dan kelebihan dari sikat gigi Pepsodent Double Care Clean. Karena bulu sikatnya yang super lembut, sikat gigi ini bisa membersihkan lidah dengan lebih baik, tanpa takut meninggalkan luka. Harga sikat gigi behel Pepsodent Double Care Clean berkisar di Rp14.000 – Rp18.500.

  • Sikat Gigi Sensodyne Multi-Action Toothbrush

Berbeda dengan sikat gigi lain, sikat gigi dari Sensodyne ini mempunyai bentuk kepala sikat yang bulat, sehingga lebih efektif dalam membersihkan gigi hingga ke bagian dalam. Harga sikat gigi behel Sensodyne Multi-Action Toothbrush berkisar di Rp12.000 – Rp17.500.

  • Sikat Gigi Dr. Smith Orthodontic Toothbrush

Bulu sikat yang membentuk V-Trim mudah digunakan karena dapat menyesuaikan dengan bentuk gigi dan behel gigi. Harga sikat gigi Dr. Smith Orthodontic Toothbrush berkisar di Rp10.500 – Rp15.500.

  • Sikat Gigi Gum Ortho Toothbrush

Sikat gigi ini dapat membersihkan seluruh bagian gigi, dari yang termudah hingga bagian yang tersulit. Gagang dari sikat gigi juga sangat nyaman untuk digenggam. Harga sikat gigi Gum Ortho Toothbrush berkisar di Rp55.000 – Rp60.000.

  • Sikat Gigi Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Sikat gigi dari Sensodyne ini memiliki ukuran kepala sikat yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sikat gigi lainnya, sehingga dipercaya lebih efektif dalam membersihkan celah-celah pada gigi dan behel gigi. Harga sikat gigi behel Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s berkisar di Rp39.000

  • Sikat Gigi Pierrot Interdental Fine Brush

Memiliki ukuran kepala sikat sekitar 1,2 mm, juga memudahkan sikat ini untuk membersihkan sela-sela behel gigi. Harga sikat gigi behel Pierrot Interdental Fine Brush tergolong sangat mahal, karena berkisar di Rp85.500 – Rp138.000.

  • Sikat Gigi GUM Trav-ler Interdental Brush 1.1 mm

Diameter yang kecil, memudahkan sikat gigi ini dalam menggapai seluruh bagian gigi dalam mulut dengan gagang yang ketahanannya lebih kuat. Harga dari sikat gigi GUM Trav-ler Interdental Brush 1.1 mm berkisar di Rp68.000 – Rp80.000

  • Sikat Gigi Pepsodent Double Care Sensitive Soft

Kelebihan sikat gigi dari Pepsodent ini memiliki ukuran bulu sikat yang sangat tipis, hanya sebesar 0,01 mm saja. Harga sikat gigi behel Pepsodent Double Care Sensitive Soft sekitar Rp15.000.

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride


Penggunaan sikat gigi terutama pada gigi yang dipasang behel perlu dilakukan dengan benar, agar tidak ada kotoran dari sisa makanan yang tersangkut di bawah behel dan menyebabkan kemunculan plak pada gigi. Namun, jika kamu mengalami permasalahan plak gigi ketika gigi dibehel, kamu perlu melakukan penanganan dengan datang ke cabang klinik gigi SATU Dental Bogor, Jakarta, ataupun Depok, disesuaikan dengan kedekatan lokasi tempat kamu tinggal.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental