Klinik Gigi SATU Dental

Kelebihan dan Kekurangan Behel Metal serta Harganya

Kelebihan dan Kekurangan Behel Metal serta Harganya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Behel memiliki berbagai macam jenis, mulai dari behel metal, behel keramik, behel damon, behel selfligating, dan aligners (penahan gigi transparan dan mudah dilepas pasang untuk dibersihkan). 

 

Behel gigi pada umumnya digunakan untuk merapikan gigi yang tumbuh tidak sejajar dengan gigi di dekatnya. Biasanya, gigi yang tidak rata membuat sebagian orang merasa malu untuk berbicara dan tersenyum. 

 

Itu sebabnya, behel gigi dijadikan solusi paling tepat yang bisa membantu untuk memperbaiki susunan gigi. Pada artikel kali ini, kamu akan fokus untuk mengenal apa itu behel metal hingga cara perawatannya.

Table of Contents

Apa Itu Behel Metal?

Apa Itu Behel Metal?

Behel gigi yang berbahan metal ini merupakan behel yang cukup terkenal sebelum muncul jenis behel lain, seperti behel keramik dan behel damon. Behel metal dibuat dari logam berkualitas yang bisa digunakan untuk perawatan gigi bengkok, tidak sejajar, hingga gigi yang berjarak.

 

Behel metal dipasang menggunakan kawat dan karet elastis yang terdiri dari berbagai macam warna, sehingga kamu dapat memilih warna apa yang kamu suka untuk disesuaikan dengan karet behel. 

 

Untuk kawat pada behel, berfungsi dalam memberi tekanan yang dapat mengubah posisi gigi secara perlahan, yang direkatkan menggunakan semen. 

 

Tentu saja, semen yang digunakan memang dikhususkan untuk pemasangan behel dan aman untuk gigi, gusi, dan mulut.  

 

Behel metal termasuk ke dalam kategori behel yang harganya cukup murah dibandingkan dengan behel lainnya. Walaupun lebih murah, namun behel metal memiliki ketahanan yang kuat. Oleh karena itu, behel metal masih banyak digunakan hingga sekarang. 

 

Lama pemakaian behel metal tidak dapat ditentukan dengan pasti, namun biasanya banyak orang menggunakan behel metal selama 1-3 tahun lamanya. 

 

Lama atau tidaknya pemakaian behel metal disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingkat keparahan kondisi gigi dan seberapa besar jarak antara gigi yang satu dengan gigi lainnya. 


Baca juga: Perubahan Wajah Setelah Pakai Behel

Harga Behel Metal

Behel metal konvensional harganya cukup terjangkau, berkisar di Rp4.000.000 hingga Rp12.000.000. Namun, kamu juga perlu menyiapkan biaya lebih, untuk berjaga-jaga jika ada biaya tambahan lainnya, disesuaikan dengan tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi. 

 

Harga tersebut juga mungkin berbeda-beda, tergantung dengan lokasi di mana kamu melakukan pemasangan behel. Lebih baik untuk bertanya terlebih dahulu mengenai harga, dan cocokkan dengan budget yang kamu miliki untuk melakukan pemasangan behel. 

 

Kamu juga perlu melakukan perawatan dengan dokter gigi, untuk selalu memastikan bahwa kondisi gigi, gusi, mulut, dan behel baik-baik saja. 


Baca juga: Harga Pasang Behel di Dokter Gigi dan Prosedurnya

Kelebihan Behel Metal

Behel metal memang menjadi salah satu behel yang digemari oleh banyak orang. Walaupun begitu, behel metal tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. 

 

Klinik gigi SATU Dental akan mengupas habis kelebihan dan kekurangan dari behel metal seperti di bawah ini:

 

  • Behel metal merupakan behel yang terbuat dari logam, oleh karena itu, behel metal cukup kuat dan juga mampu bertahan lama (awet). 

  • Pemakaian behel metal juga termasuk singkat, karena hanya memakan waktu sekitar 1-3 tahun saja, itupun tergantung dengan kondisi gigi. Jika kondisi gigi kamu tidak terlalu parah, mungkin 1 tahun lebih sudah cukup untuk meratakan gigi. Biasanya setelah behel metal dilepas, kamu akan dipasangkan penahan gigi selama beberapa waktu, untuk menahan posisi gigi yang baru.

  • Behel metal memiliki banyak variasi warna yang bisa disesuaikan dengan warna yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri ketika menggunakan behel.

  • Behel metal juga lebih efektif dalam memperbaiki gigi, bahkan dengan kondisi gigi yang cukup rumit. 

  • Dengan menggunakan behel metal, kesehatan mulut dan gigi nantinya akan lebih terjaga. Karena, ketika gigi bengkok atau tidak sejajar, membersihkan gigi jadi terasa lebih sulit. Tidak mudah untuk menjangkau beberapa bagian karena kondisi gigi. Namun, setelah pemakaian behel metal, kesehatan gigi dan mulut akan terjaga lebih baik dari sebelumnya.

Kekurangan Behel Metal

Selain kelebihan, behel metal juga tetap saja memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dalam penggunaan behel metal:

 

  • Tampilan dari behel metal biasanya tidak disukai oleh sebagian orang yang amat sangat memperhatikan penampilan. Sebagian orang, mengatakan tampilan behel kawat terlihat kurang menarik dengan karet elastis yang berwarna-warni. Mereka lebih cenderung menyukai behel yang transparan dibandingkan berwarna.

  • Karet elastis yang berwarna, membuat behel metal terlihat mencolok. Hal tersebut membuat beberapa orang merasa kurang nyaman.

  • Ketika menggunakan behel metal, kamu perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, supaya tidak banyak menyangkut pada bracket.

Cara Merawat Behel Metal

Ketika kamu memilih behel metal untuk merapikan gigi yang kurang sejajar, kamu juga perlu memahami cara perawatan behel metal, supaya gigi dan behel terawat dengan baik. Ini dia upaya yang bisa kamu lakukan untuk merawat behel metal dilansir Medical News Today:

 

  • Sikat gigi dengan rutin agar tidak ada sisa makanan yang tersangkut pada behel. Jika kamu tidak membersihkan gigi dengan baik, sisa makanan yang tersangkut pada behel, bisa berubah menjadi plak yang dapat membuat gigi jadi berlubang.

  • Sikat gigi pada bagian bawah dan atas behel gigi metal, untuk membersihkan secara menyeluruh.

  • Lakukan flossing untuk menjangkau bagian sela-sela gigi, agar kebersihan gigi lebih terjaga.
  • Hindari makanan yang teksturnya lengket dan keras, seperti apel, tulang iga, jagung, wortel, permen karet, permen, dan popcorn.

  • Lebih baik konsumsi makanan yang teksturnya lembut dan tidak lengket, seperti pasta, yoghurt, telur, kentang rebus, dan kentang tumbuk.

Setelah mengetahui penjelasan, harga, kelebihan, serta kekurangan dari behel metal, kamu jadi lebih mudah dalam membuat keputusan untuk menggunakan behel metal.


Klinik gigi SATU Dental menyediakan layanan untuk pemasangan behel gigi. Jika kamu berminat menggunakan behel gigi, kunjungi cabang klinik gigi SATU Dental terdekat, untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dan terpercaya

Cara Merawat Behel Gigi

  • Pertama, konsumsi makanan yang mempunyai tekstur lunak, seperti Kentang tumbuk, makaroni, buah-buahan yang lunak dan tidak berwarna seperti pisang, smoothie, dan juga yoghurt. 

  • Hindari mengkonsumsi makanan seperti permen karet, makanan keras, dan juga popcorn, yang mudah tersangkut pada sela-sela kawat gigi dan bisa merusak kesehatan gigi.

  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula, untuk mencegah pengikisan enamel gigi akibat bakteri.

  • Membersihkan gigi dan behel gigi secara rutin agar tidak ada sisa makanan yang tersangkut pada behel gigi. Bersihkan gigi dengan sikat gigi dan juga benang flossing, untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tersangkut.

  • Gunakan sikat gigi khusus yang dapat menjangkau hingga ke bagian tersulit di sela-sela behel gigi hingga di bawah bracket.

  • Mengunjungi dokter gigi minimal 1 atau 2 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan atau penggantian karet gigi dan bagian lainnya. Dokter akan memeriksa stabilitas tekanan behel gigi, kesehatan gigi, mulut, dan kondisi behel gigi.

 

Terjawab sudah kan pertanyaan kamu mengenai apakah pasang behel gigi sakit? Rasa sakit dan tidak nyaman setelah pasang behel ternyata hanya berlangsung di awal pemasangan saja, kedepannya kamu akan mulai terbiasa dengan keberadaan behel yang melekat pada gigi.


Tak perlu bingung dalam memilih klinik gigi yang bisa membantu kamu untuk melakukan pemasangan behel, karena cabang klinik gigi SATU Dental merupakan klinik gigi terpercaya yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan berbagai perawatan gigi. Kembalikan kepercayaan dirimu dengan behel gigi!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental