Klinik Gigi SATU Dental

Biaya Scaling Gigi, Prosedur dan Manfaatnya

Biaya Scaling Gigi, Prosedur dan Manfaatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Jika sudah berbicara tentang kesehatan gigi, maka salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah karang gigi. Karang gini ini dapat diatasi atau dibersihkan dengan prosedur pembersihan karang gigi atau scaling gigi.

 

Jika karang gigi dibiarkan terlalu lama, maka tentunya akan ada beberapa masalah kesehatan mulut, gigi dan gusi yang dapat mengganggu keseharian kamu. Lalu untuk membersihkan karang gigi, berapakah biaya scaling gigi yang perlu kamu persiapkan.

 

Kali ini SATU Dental akan memberikan beberapa informasi tentang scaling gigi, termasuk biaya scaling gigi yang perlu kamu siapkan, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Scaling Gigi

Sebelum mengetahui berbagai informasi tentang scaling gigi, tentunya akan lebih baik jika kamu mengetahui dahulu dengan lebih jelas tentang apa itu scaling gigi. 

 

Scaling gigi adalah prosedur untuk membersihkan plak dan karang (tartar gigi) yang menempel pada gigi, baik itu pada permukaan gigi ataupun pada bagian bawah gusi. Scaling gigi ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus, yaitu scaler.

 

Seiring dengan perkembangan zaman juga, alat scaler ini kini menggunakan metode ultrasonic, dan bernama ultrasonic scaler. Dengan alat baru ini, maka prosedur pembersihan karang gigi atau scaling menjadi lebih aman dan nyaman, serta memiliki hasil yang lebih baik.

Kapan Kamu Memerlukan Scaling Gigi

Karang gigi adalah suatu masalah pada mulut, gigi dan gusi yang tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi atau menggunakan benang gigi saja, namun perlu dilakukan prosedur pembersihan karang gigi atau scaling.

 

Pembersihan karang gigi atau scaling sebaiknya kamu lakukan paling minimal 2 kali dalam setahun, atau setiap 6 bulan sekali. Namun untuk kamu yang menggunakan kawat gigi, maka kamu perlu melakukannya lebih sering, yaitu setiap 1 sampai 2 bulan sekali.

 

Selain itu juga, untuk beberapa kasus tertentu, seperti masalah penyakit gusi, maka scaling gigi dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali, atau sesuai dengan anjuran dokter gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Sebelum mengetahui biaya scaling gigi, SATU Dental kali ini juga ingin memberikan informasi tentang prosedur scaling gigi. Berikut ini adalah prosedur scaling gigi yang umumnya dilakukan di klinik gigi.

  1. Dokter gigi akan melakukan scaling gigi pada area antara mahkota gigi dan gusi, prosedur pengangkatan kerak gigi ini juga dikenal dengan nama scaling subgingival dengan menggunakan ultrasonic scaler, agar dapat membersihkan plak gigi pada area yang sulit dijangkau.
  2. Jika seseorang memiliki penyakit gusi atau periodontitis, maka dokter gigi juga akan melakukan prosedur root planing atau perawatan akar gigi agar gusi dapat menempel dengan erat kembali.
  3. Selanjutnya, dokter gigi akan membersihkan bakteri-bakteri atau sisa-sisa karang gigi pada area gigi yang lainnya.
  4. Terakhir, setelah membersihkan karang gigi dilakukan, maka dokter gigi akan melakukan polishing gigi atau poles gigi untuk menghapus noda yang berasal dari karang gigi.

Manfaat Scaling Gigi

Setelah mengetahui berapa biaya scaling gigi, berikut ini adalah beberapa manfaat scaling gigi dari SATU Dental yang harus kamu ketahui.

1. Mengatasi Bau Mulut

Manfaat scaling gigi yang pertama adalah dapat mengatasi bau mulut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karang gigi tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi atau menggunakan benang gigi, kamu butuh melakukan prosedur pembersihan karang gigi atau scaling gigi.

 

Karang gigi yang menempel pada permukaan gigi, bisa menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki bau mulut yang tidak sedap, karena hal tersebut scaling gigi memiliki manfaat untuk mengatasi bau mulut.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Karang gigi merupakan bakteri berbahaya yang jika dibiarkan terlalu lama, dapat menempel dan mengeras pada permukaan gigi, dan pada akhirnya dapat menyebabkan radang gusi. JIka radang gusi tidak segera diatasi, maka hal ini bisa semakin berbahaya untuk kesehatan area mulut kamu.

 

Oleh karena itu, melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi tentunya dapat mencegah masalah gusi seperti radang gusi karena dapat mencegah munculnya plak atau karang gigi.

 

3. Mencegah Gigi Copot

Tahukah kamu bahwa karang gigi juga dapat membuat gigi menjadi copot? Karang gigi yang menumpuk dapat menjadi bakteri berbahaya yang merusak jaringan pada gigi dan dapat menyebabkan gigi menjadi copot.

 

Dengan membersihkan karang gigi atau melakukan scaling gigi secara teratur, maka kemungkinan gigi copot karena rusaknya jaringan pada gigi akibat karang gigi dapat dicegah.

4. Membuat Warna Gigi Menjadi Lebih Cerah

Tidak hanya membuat mulut memiliki bau yang tidak sedap, karang gigi juga dapat membuat warna gigi menjadi lebih kuning dan tampak tidak menarik. Oleh karena itu, membersihkan karang gigi dengan scaling gigi dapat membuat gigi memiliki warna yang lebih cerah.

5. Terhindar Dari Risiko Penyakit Lainnya

Perlu kamu ketahui juga, bahwa karang gigi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius lainnya seperti penyakit diabetes, jantung, dementia, kanker dan penyakit-penyakit lainnya.

Karena hal tersebut, melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi dapat mencegah kamu dari beberapa penyakit serius tersebut.

 

Itulah informasi lengkap tentang scaling gigi termasuk informasi tentang biaya scaling gigi untuk menjawab pertanyaan kamu tentang berapa biaya scaling gigi. Semoga informasi dari SATU Dental kali ini bermanfaat untuk kamu.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental