Klinik Gigi SATU Dental

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam, Penyebab dan Tips Mencegah Gigi Hitam

Apa Itu Scaling Gigi? Prosedur, Manfaat, dan Biaya Scaling Gigi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Supaya gigi tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, perawatan gigi yang baik dan benar perlu dilakukan. Tidak hanya dengan menyikat gigi dan flossing saja, ada beberapa perawatan gigi yang bisa kamu lakukan dengan mengunjungi dokter seperti halnya scaling gigi.


Pada artikel kali ini, klinik gigi SATU Dental akan mengupas habis mengenai apa itu scaling gigi, prosedur, manfaat, kapan perlu melakukan scaling, hingga biaya scaling gigi. Karena itu, simak dengan baik untuk dapat memahami terkait scaling gigi.

Table of Contents

Apa itu Scaling Gigi?

Sebelum melakukan scaling, kamu harus paham terlebih dahulu mengenai apa itu scaling gigi. Scaling gigi sendiri merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang dilakukan guna menghilangkan karang gigi. Mengapa karang gigi perlu dibersihkan?

 

Karang gigi merupakan tumpukan plak yang berasal dari sisa makanan yang tersangkut pada gigi. Adanya penumpukan karang pada gigi dapat merusak penampilan bahkan bisa membuat gigi berlubang dan rusak secara perlahan. Oleh sebab itu, kamu harus selalu melakukan pengecekan pada gigi untuk memastikan apakah ada karang gigi yang menempel atau tidak, baik pada gigi bagian depan ataupun gigi bagian belakang.

 

Baca juga: Biaya Scaling Gigi, Prosedur dan Manfaatnya

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur Scaling Gigi

Seperti kebanyakan prosedur untuk perawatan gigi, sebelum dimulai biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terkait kondisi gigi dan mulut, serta pola hidup sehari-hari. Pastikan juga kamu menjelaskan mengenai kondisi kesehatan tubuh, serta apakah kamu sedang mengkonsumsi vitamin, obat herbal, suplemen, dan sejenisnya. Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa penyakit sistemik yang membuat seseorang tidak boleh melakukan scaling.

 

Setelah selesai dengan seluruh pemeriksaan termasuk kondisi karang pada gigi, dokter akan mulai masuk ke dalam prosedur scaling

 

  • Dokter akan memulai dengan pengangkatan kerak gigi yang pada umumnya berada di bagian antara mahkota gigi dengan gusi, yang dikenal dengan sebutan scaling subgingival.
  • Dengan menggunakan ultrasonic scaler dan scaler manual, dokter akan membersihkan karang gigi dan plak pada bagian yang sulit dijangkau terlebih dahulu.
  • Bagi pasien yang memiliki permasalahan gusi, biasanya dokter melakukan prosedur root planing, di mana akar gigi dihaluskan agar gusi dan akar kembali melekat dengan benar.
  • Setelah karang gigi sudah dihilangkan, dokter juga membersihkan bagian gigi dan gusi pada area lainnya. Selain itu, kamu juga perlu berkumur secara berulang untuk membersihkan gigi dari kotoran. 
  • Semua proses telah dilalui, dokter akan melakukan tahap akhir yaitu polishing gigi untuk menghapus noda yang disebabkan oleh karang pada gigi.

 

Jika kamu bertanya apakah scaling gigi sakit? Jawabannya tidak. Scaling gigi menjadi salah satu prosedur yang sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, pada beberapa kasus mungkin saja gigi akan terasa ngilu saat prosedur scaling sedang berlangsung. Namun hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan, karena hanya bersifat sementara saja, dan biasanya terjadi pada orang yang memiliki permasalahan resesi gusi. 


Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Efektif

Manfaat Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi tentu saja memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini ada beberapa manfaat scaling gigi yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah Penyakit Gusi

1. Mencegah Penyakit Gusi

Kemunculan karang gigi terkadang berdekatan atau bahkan menempel pada gusi. Apabila dibiarkan begitu saja, karang gigi akan menimbulkan permasalahan pada gusi seperti periodontitis. Parahnya lagi, penyakit periodontitis bisa menyebabkan gigi goyang bahkan hingga terlepas dari gusi. Karena itu, dengan melakukan pembersihan karang gigi dengan segera, akan sangat baik untuk kesehatan gusi.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Karang gigi memang dikenal sebagai penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain menyebabkan periodontitis, karang juga dapat menyebabkan gigi berlubang secara perlahan. 

 

Hal ini dikarenakan karang gigi bisa menjadi tempat tinggal bakteri yang lama kelamaan akan mengikis lapisan gigi terluar hingga bagian gigi terdalam jika tidak cepat ditangani. Dengan begitu, melakukan scaling untuk menghilangkan karang gigi merupakan pilihan paling tepat dalam mencegah gigi berlubang.

3. Menghindari Munculnya Bau Mulut

Bakteri dan kuman-kuman yang tinggal dalam karang gigi merupakan salah satu penyebab permasalahan bau mulut pada sebagian orang. Segeralah lakukan scaling untuk menghilangkan permasalahan bau pada mulut.

4. Menghemat Biaya untuk Merawat Gigi

Mengapa scaling gigi bisa bermanfaat untuk menghemat biaya perawatan gigi? Hal ini dikarenakan, pembersihan karang gigi dapat mencegah banyak permasalahan gigi, gusi, dan mulut yang bisa mengeluarkan biaya lebih besar. Jadi dengan menghilangkan karang gigi, kamu bisa mencegah beberapa permasalahan gigi dan mulut lainnya, serta menghemat biaya perawatan gigi ke depannya.

5. Membersihkan Noda Bercak Coklat pada Gigi

Dengan prosedur scaling, gigi akan kembali putih dan bersih seperti semula. Noda berwarna coklat sudah tidak lagi mengganggu, sehingga kamu pun bisa tersenyum lebih bebas tanpa perlu khawatir, karena gigi sudah kembali cantik dan menawan.

Kapan Perlu Melakukan Scaling Gigi

Karang gigi yang sudah muncul dan melekat dengan gigi sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi ataupun flossing. Permasalahan karang gigi lebih baik dituntaskan langsung dengan mengunjungi dokter gigi, untuk dilakukan tindakan seperti scaling


Kamu bisa mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali jika kondisi karang gigi belum mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Namun, jika karang gigi sudah menyebabkan permasalahan lain pada gigi ataupun menimbulkan penyakit gusi, segeralah kunjungi dokter dan lakukan perawatan setiap 3 bulan sekali.

Biaya Scaling Gigi

Sama seperti perawatan gigi lainnya, scaling gigi juga mempunyai harga yang variatif tergantung di mana kamu melakukan prosedur tersebut. Namun rata-rata harga scaling gigi pada umumnya ada di kisaran Rp150.000 hingga Rp500.000. Jangan lupa untuk membawa uang lebih, jika kondisi karang gigi sudah parah hingga menyebabkan permasalahan pada gusi.

 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu scaling gigi sampai pembahasan mengenai biaya scaling gigi dari Klinik Gigi SATU Dental. Lakukanlah scaling gigi ketika karang gigi masih baru-baru muncul, sebelum karang menyebabkan permasalahan gigi dan mulut lainnya.


Kamu bisa mengunjungi cabang klinik gigi SATU Dental yang ada di daerah Jakarta, Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang, dan juga Bekasi, untuk melakukan scaling gigi guna memberantas karang yang membandel.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental