Klinik Gigi SATU Dental

Prosedur Cabut Gigi Geraham, Biaya dan Manfaat Cabut Gigi Geraham

Prosedur Cabut Gigi Geraham, Biaya dan Manfaat Cabut Gigi Geraham

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi geraham merupakan gigi yang ukurannya bisa dibilang paling besar dan juga memiliki ketahanan yang kuat jika dibandingkan dengan gigi lainnya. Posisi gigi geraham terletak di bagian belakang, dengan peran yang cukup besar. Jika gigi seri digunakan untuk merobek makanan, gigi geraham berperan dalam proses menghancurkan dan menghaluskan makanan supaya lebih mudah untuk diolah organ pencernaan. 

 

Karena pentingnya peran gigi geraham dalam mengunyah makanan, kebersihannya juga perlu diperhatikan dengan baik. Gigi geraham mungkin akan rentan terkena penyakit seperti gigi berlubang, jika tidak dijaga kebersihannya. Jika sudah berlubang bahkan hingga membusuk, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk cabut gigi geraham.


Ketahui penjelasan mengenai prosedur cabut gigi geraham hanya di artikel klinik gigi SATU Dental.

Table of Contents

Tujuan Cabut Gigi Geraham

Tujuan dilakukannya cabut gigi geraham cukup beragam, ketika gigi memiliki permasalahan yang dapat membahayakan kesehatan gigi di sekitar gigi yang sakit dan menyebabkan penyakit lainnya. Berikut ini sudah dirangkum beberapa tujuan cabut gigi geraham pada umumnya:

 

  • Tujuan dilakukannya pencabutan gigi adalah untuk mengatasi permasalahan gigi berlubang pada gigi geraham yang sudah masuk dalam kondisi parah. Bisa dikatakan parah, ketika gigi berlubang sudah mencapai akar gigi, bahkan gigi sudah terlihat membusuk.
  • Untuk mengatasi kondisi gigi geraham yang tumbuh dengan posisi miring sehingga mengganggu gigi sebelahnya, dan menyebabkan impaksi gigi atau luka pada bagian dinding mulut.
  • Untuk mengatasi akar gigi yang sudah tidak bisa lagi diperbaiki.
  • Mengatasi infeksi gusi yang terjadi karena gigi geraham bermasalah.
  • Mengatasi gigi geraham yang tumbuh berdekatan dengan jaringan abnormal, sehingga harus segera dicabut.
  • Mengatasi gigi patah akibat cedera.
  • Pemasangan behel gigi juga terkadang membutuhkan pencabutan gigi, supaya terdapat ruang lebih.

 

Jadi, cabut gigi geraham memang seringkali dilakukan untuk mengatasi serta menghindari komplikasi yang terjadi akibat gigi yang sudah terinfeksi oleh bakteri.


Baca juga: Gigi Geraham, Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Merawatnya, Ya!

Prosedur Cabut Gigi Geraham

Prosedur Cabut Gigi Geraham

Prosedur cabut gigi geraham bawah maupun atas bisa terbilang sama saja. Di bawah ini bisa kamu perhatikan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh dokter ketika melakukan pencabutan gigi geraham:

 

  • Seperti biasa, dokter akan melakukan pemeriksaan pada gigi dan mulut terlebih dahulu. Setelah selesai pemeriksaan, pencabutan gigi akan dimulai.
  • Dokter akan memberikan bius lokal terlebih dahulu pada bagian gigi yang akan dicabut. Bius diberikan untuk mengurangi rasa sakit saat operasi pencabutan gigi dilaksanakan.
  • Jika bius sudah bereaksi, dokter akan mulai untuk sedikit menyayat jaringan pada gusi untuk memperlihatkan gigi dan juga tulangnya.
  • Tulang yang dirasa menjadi penghalang untuk dokter mengakses ke akar gigi akan dihilangkan terlebih dahulu.
  • Untuk mempermudah pencabutan, biasanya dokter akan membelah gigi menjadi bagian-bagian kecil.
  • Selanjutnya, dimulailah pengangkatan gigi geraham yang rusak.
  • Jika keseluruhan bagian gigi sudah terangkat, dokter akan membersihkan bagian gigi yang dicabut, supaya tidak terjadi infeksi.
  • Luka bekas sayatan akan dijahit kembali agar lebih cepat pulih. Tetapi tahapan menjahit luka ini tidak selalu dilakukan.
  • Menaruh kain kasa di lokasi pencabutan gigi untuk membantu supaya tidak banyak darah yang ke luar, dan darah cepat membeku.
  • Selain operasi, adapun teknik sederhana pencabutan gigi yang hanya menggunakan tang khusus gigi dalam proses pencabutan gigi. 

 

Namun sebelum melakukan pencabutan gigi, pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang sehat. Karena jika kamu sedang demam, sakit gigi, atau memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, gagal irama jantung, penyakit hati, ginjal, rahang mengalami retak, dan juga kelenjar getah bening, prosedur pencabutan gigi akan ditunda.

Manfaat Cabut Gigi Geraham

1. Mencegah Penyakit Gusi

Gigi geraham yang bermasalah seperti berlubang, biasanya akan terasa sakit jika terangsang sesuatu seperti makanan dan minuman yang terlalu dingin, manis, atau terlalu panas. Rasa sakit dan nyut-nyutan tersebut tentu dapat mengganggu kamu ketika beraktivitas. Jadi, pencabutan gigi geraham akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi, sehingga kamu bisa makan dan minum lebih nyaman.

2. Mencegah permasalahan gigi berlanjut

Jika gigi geraham yang berlubang didiamkan begitu saja, maka dapat timbul permasalahan lainnya seperti infeksi gusi, abses gigi, hingga membuat akar gigi membusuk. Kamu pastinya tidak ingin mengalaminya bukan? Karena itu, jika gigi geraham berlubang namun sudah tidak bisa ditambal, segera ke dokter untuk dilakukan cabut gigi.

3. Mengatasi permasalahan gigi busuk

Akar gigi busuk juga dapat teratasi dengan pencabutan gigi. Kondisi gigi yang membusuk bisa mempengaruhi kesehatan gigi di sekitarnya, juga kesehatan mulut. 

4. Terhindar dari bau mulut

Gigi berlubang menjadi tempat ternyaman bakteri untuk bersarang. Bau mulut sendiri pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang semakin banyak. Dengan mencabut gigi yang bermasalah dan menjadi rumah bagi para bakteri, permasalahan bau mulut juga dapat teratasi.

5. Mencegah gigi berantakan

Jika yang dicabut merupakan gigi geraham bungsu yang tumbuh miring dan mengganggu gigi di sebelahnya, prosedur cabut gigi akan mencegah deretan gigi supaya tidak berantakan.


Baca juga: Gigi Geraham Berlubang: Gejala, Penyebab, dan Penanganan

Biaya Cabut Gigi Geraham

Karang gigi yang sudah muncul dan melekat dengan gigi sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi ataupun flossing. Permasalahan karang gigi lebih baik dituntaskan langsung dengan mengunjungi dokter gigi, untuk dilakukan tindakan seperti scaling


Kamu bisa mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali jika kondisi karang gigi belum mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Namun, jika karang gigi sudah menyebabkan permasalahan lain pada gigi ataupun menimbulkan penyakit gusi, segeralah kunjungi dokter dan lakukan perawatan setiap 3 bulan sekali.

Biaya Scaling Gigi

Biaya pencabutan gigi geraham rata-rata dimulai dari harga Rp150.000 hingga Rp500.000. Namun, kamu juga perlu menyiapkan uang lebih, untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan biaya tambahan karena kondisi gigi.


Lakukan pencabutan gigi di klinik gigi profesional untuk mengurangi resiko yang terjadi saat pencabutan ataupun setelah pencabutan gigi dilakukan. Kamu bisa mengunjungi salah satu cabang klinik gigi SATU Dental yang berlokasi di kota Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Cibubur, dan juga Bogor. Yuk, periksakan gigimu sekarang!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental