Klinik Gigi SATU Dental

Beautiful young woman with teeth braces on gray

4 Kelebihan dan Kekurangan Behel Gigi beserta Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Behel gigi atau kawat gigi merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki gigi ataupun rahang yang tidak rata dengan cara memberikan tekanan secara perlahan untuk menggerakan gigi ke posisi yang ideal. Fungsi behel tidak hanya untuk memperbaiki gigi saja, tetapi juga sebagai fashion item yang dapat menunjang penampilan.

 

Penggunaan behel dapat menjadi salah satu cara mengatasi gigi bermasalah. Sebab, kondisi gigi tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena masalah, seperti radang gusi, kerusakan gigi, dan gigi tanggal.

 

Behel gigi meningkatkan kesehatan gigi secara umum karena dapat merapikan gigi. Meski pakai behel terkesan merepotkan, tetapi setelah beberapa waktu, pengguna behel gigi akan merasa terbiasa dan beradaptasi.

 

Namun begitu, sebelum memilih untuk menjalani perawatan ini, Anda harus menyadari terlebih dahulu kapan harus menggunakan behel gigi, serta apa saja kelebihan dan kekurangan behel gigi sesuai dengan kondisi gigi dan tindakan perawatan yang diperlukan.

Table of Contents

Fungsi Behel Gigi

Kawat gigi dirancang untuk merapikan gigi dan kondisi rahang yang tidak normal, atau disebut juga maloklusi. Anda mungkin memiliki masalah pada gigi, seperti berjejal, bengkok, atau lengkung atas dan bawah rahang yang tidak bertemu dengan benar.

 

Fungsi behel gigi adalah untuk sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dengan memberikan tekanan yang tepat ke berbagai bagian mulut. Meski pernah menjadi tren fashion pada masanya, pemasangan behel gigi memiliki fungsi yang lebih penting daripada itu. 

 

Fungsi utama pakai behel gigi adalah untuk mengembalikan posisi dan struktur gigi sebagaimana mestinya. Penggunaan behel gigi tentu akan berdampak langsung terhadap kesehatan, serta kebersihan gigi dan mulut.

 

Baca Juga: Rekomendasi Warna Behel yang Bagus dan Tips Memilihnya

Kelebihan Behel Gigi

Dalam informasi kelebihan dan kekurangan behel gigi kali ini, mari kita awali dengan kelebihan behel gigi terlebih dahulu, berikut ini adalah beberapa kelebihan behel gigi.

1. Gigi Menjadi Lurus

Salah satu alasan utama pakai behel gigi adalah untuk mendapatkan gigi yang lurus. Memiliki senyum yang indah dengan gigi yang sehat adalah hal yang begitu berharga, dan memakai behel gigi adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkannya.

 

Selain indah secara estetika, gigi yang lurus juga menawarkan keuntungan kesehatan tambahan yang sangat bermanfaat. Gigi yang sehat juga memiliki risiko yang lebih rendah terhadap gigi bermasalah, penyakit gusi, penyakit periodontal, dan kondisi lainnya.

2. Memperbaiki Gangguan Bicara

Bentuk gigi dapat memengaruhi cara mengucapkan kata-kata, sebab gigi sangat penting dalam membantu manusia untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas. Oleh karena itu, kondisi gigi yang tidak rata dapat menyulitkan Anda untuk berkomunikasi dengan jelas.

 

Dengan menggerakkan posisi gigi, behel gigi dapat membantu Anda berbicara dengan lebih jelas. Selain itu, merapikan gigi dan rahang akan memudahkan lidah untuk bergerak, sehingga mengurangi cadel dalam berbicara.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ketika gigi berjejal atau bengkok, sangat mungkin gigi mengalami tumpang tindih dan menciptakan ruang-ruang kecil. Membersihkan, menyikat gigi, dan menggunakan benang gigi pun biasanya akan lebih mudah dilakukan dengan gigi yang lebih lurus. Kesehatan dan umur panjang gigi sangat bergantung pada baiknya pembersihan di antara celah-celah kecil yang ada di antara gigi tersebut.


Baca Juga: Cara Menyikat Gigi yang Baik, Benar dan Tepat, Jangan Asal

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Banyak orang akan memperhatikan senyuman. Sebaliknya, banyak orang dengan cepat mengembangkan kesadaran diri atas senyum yang bengkok atau canggung karena teman-teman mereka cenderung berpikir negatif tentang mereka. Beberapa orang sangat sadar diri dengan senyuman mereka, sehingga mereka menahan diri untuk tidak tertawa dan tersenyum di depan umum atau berpose untuk berfoto.


Baca Juga: Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Kekurangan Behel Gigi

Selanjutnya adalah beberapa kekurangan behel gigi yang perlu Anda perhatikan, ini dia kekurangan behel gigi yang perlu diperhatikan tersebut.

1. Komitmen Terhadap Waktu

Behel gigi memang memberikan beragam manfaat, tetapi penggunaannya harus melalui waktu yang cukup lama. Diperlukan waktu beberapa tahun untuk melihat kemajuan yang nyata setelah pakai behel. Orang-orang tertentu mungkin tidak memiliki kesabaran untuk menunggu lama untuk memperbaiki gigi.

2. Ketidaknyamanan Mulut

Saat memakai kawat gigi, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan mulut, karena jika tidak, Anda berisiko terkena penyakit gusi dan kerusakan gigi. Karena penggunaannya yang lama, kawat gigi juga memberikan tekanan pada pipi dan gusi Anda, kondisi ini bisa saja dapat menyebabkan gangguan dan ketidaknyamanan pada gigi.

3. Butuh Kehati-hatian dalam Membersihkan

Ketika memakai behel gigi, mungkin akan jadi lebih sulit untuk merawat gigi, gusi, dan lidah secara menyeluruh seperti biasanya. Hal ini dikarenakan adanya komponen tambahan di mulut Anda. Terlebih, behel gigi membuat makanan menjadi lebih mudah terjebak di sela-sela.


Maka, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, agar tidak menjadi sarang bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Salah satu caranya, yaitu dengan menyikat gigi secara menyeluruh sebelum tidur dan di sela-sela waktu makan. Selain itu, jangan lupa membersihkan bracket dan kabel behel Anda secara menyeluruh akan memastikan behel gigi tetap dalam kondisi yang baik.

4. Batasan Makanan

Beberapa makanan tidak dapat dikonsumsi ketika memakai behel gigi, karena dapat memperburuk efek dari penggunaan behel. Selain itu, Anda harus menahan diri untuk tidak makan sesuatu yang sangat lengket karena mungkin akan tersangkut di antara gigi untuk waktu yang sangat lama setelah dikonsumsi.


Baca Juga: Perubahan Wajah Setelah Pakai Behel

Kapan Harus Pakai Behel Gigi?

Terdapat beberapa kondisi gigi bermasalah yang dapat menjadi tanda kapan Anda harus segera memakai behel gigi. Adapun kondisi tersebut di antaranya, yaitu sebagai berikut.

 

  1. Gigi menumpuk
  2. Gigi berongga
  3. Gigi yang bergeser
  4. Gigi yang saling tumpang tindih
  5. Gigi yang tidak rata

 

Sekarang Anda sudah tahu banyak hal terkait behel gigi, termasuk fungsi, serta kelebihan dan kekurangan behel gigi. Meski begitu, pastikanlah Anda akan melakukan perawatan di klinik gigi yang tepat dan terpercaya.

 

Klinik Gigi SATU Dental menggunakan prosedur dan alat yang dipakai sudah pasti teruji. Selain itu, SATU Dental memiliki dokter spesialis dan non-spesialis yang telah berpengalaman dan menerima pendidikan, serta pelatihan khusus dalam ortodonti. 


Yuk, periksakan gigimu ke Klinik Gigi SATU Dental. Cek lokasi terdekat dan segera dapatkan promo perawatan gigi spesial hanya untuk Anda!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental