Penyebab Gusi Berdarah, Gejala dan Cara Mengobati Gusi Berdarah yang Tepat

Permasalahan yang terjadi di dalam mulut tidak hanya terjadi pada gigi saja. Gusi bisa juga mengalami permasalahan seperti halnya gusi berdarah. Jangan abaikan jika gusi kamu mengeluarkan darah entah ketika kamu menyikat gigi ataupun ketika mengunyah makanan.

Kamu perlu menaruh perhatian lebih jika gusi mulai mengeluarkan darah, karena dikhawatirkan darah yang keluar dari gusi menandakan suatu penyakit tertentu yang bisa menyebabkan permasalahan mulut lainnya.

Ketahui penyebab gusi berdarah, gejala, indikasi penyakit karena gusi berdarah, hingga cara mengobati gusi berdarah yang tepat.

Penyebab Gusi Berdarah

Gusi tidak begitu saja mengeluarkan darah tanpa penyebab yang pasti. Dilansir dari WebMD, ada beberapa penyebab gusi berdarah yang perlu kamu tahu, agar dapat dengan segera mengatasi permasalahan gusi berdarah jika kamu dapat mengidentifikasi penyebabnya.

1. Terlalu Keras Ketika Menyikat Gigi

Hal paling dasar yang paling banyak menyebabkan gusi berdarah adalah ketika kamu membersihkan gigi menggunakan sikat yang kurang lembut dan menyikat terlalu keras sehingga gusi berdarah.

Oleh sebab itu, ikuti aturan dan cara yang benar ketika menyikat gigi, supaya tidak lagi menyebabkan gusi berdarah.

Penyebab yang satu ini tidak terlalu berbahaya, karena kamu hanya perlu mengubah cara menyikat gigi yang benar dan baik.

2. Kurang Vitamin C

Vitamin C biasanya dikenal dengan vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga dapat menyembuhkan sariawan.

Fungsi lain dari vitamin C yang berkaitan dengan bagian mulut lainnya adalah menguatkan gigi supaya tidak mudah rapuh dan patah.

Ketika tubuh kamu kekurangan vitamin C, dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan gusi dan gigi, yang menyebabkan gusi berdarah.

3. Kurang Vitamin K

Gusi berdarah bisa disebabkan karena tubuh juga kekurangan vitamin K.

Vitamin K sendiri berperan dalam hal pembekuan darah, namun jika tubuh tidak memiliki jumlah vitamin K yang cukup, akan sulit untuk menghentikan darah ketika ada luka yang terbuka.

4. Salah Melakukan Flossing

Ketika kamu baru pertama kali melakukan flossing gigi, mungkin bisa saja mengalami kesalahan.

Jika kamu membuat kesalahan ketika sedang flossing gigi, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah gusi menjadi berdarah. Lakukan flossing gigi dengan tepat untuk menghindari gusi berdarah.

5. Penumpukan Plak

Pada sebagian orang, plak yang menempel pada giginya dibiarkan saja dan tidak dilakukan penanganan. Plak gigi yang tidak dibersihkan dengan segera bisa menimbulkan banyak permasalahan pada mulut, salah satunya adalah gusi berdarah.

Plak yang terlalu berdekatan dengan gusi, dapat mengganggu kesehatan gusi, sehingga menjadi penyebab gusi berdarah.

6. Perubahan Hormonal

Pada ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan, perubahan hormonal sering terjadi. Perubahan tersebut dapat berpengaruh pada beberapa hal yang salah satunya adalah gusi berdarah.

Kejadian gusi berdarah saat hamil ini memang sering terjadi pada sebagian orang.

Tetaplah jaga kebersihan mulut saat hamil, pastikan kamu menyikat gigi dengan perlahan untuk menghindari agar kondisi gusi berdarah tidak semakin parah.

Baca juga: 7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

Gejala Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa menimbulkan beberapa gejala yang akan dibahas oleh klinik gigi SATU Dental di bawah ini:

• Gusi akan berdarah ketika membersihkan gigi dengan flossing ataupun sikat bulu.

• Mulut mulai mengeluarkan bau tidak sedap yang tidak nyaman jika harus dihirup oleh orang sekitar. Bau mulut dapat menimbulkan ketidaknyaman untuk diri kamu sendiri.

• Gusi mulai berubah warna dari merah muda menjadi merah pekat.

• Gusi mengalami pembengkakan hingga mengganggu kenyamanan mulut, baik ketika diam ataupun berbicara.

• Bisa juga gusi terkadang terasa sakit dan nyut-nyutan.

Kemungkinan Indikasi Penyakit Karena Gusi Berdarah

Periodontitis termasuk salah satu indikasi penyakit karena gusi berdarah. Periodontitis merupakan penyakit yang menyerang tulang penyangga hingga jaringan pada gigi.

Biasanya periodontitis bisa terjadi akibat radang gusi yang tidak ditangani lebih lanjut. Tak hanya menyebabkan gusi berdarah saja, periodontitis mungkin juga bisa menyerang gigi dan membuatnya tanggal.

Jika kamu mengalami periodontitis, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan. Periodontitis bisa diketahui jika kamu memperhatikan gusi yang warnanya semakin merah pekat dan mulai membengkak. Jika sudah parah, periodontitis bisa menyebabkan beberapa gigi tanggal.

1. Periodontitis

2. Radang Gusi

Gusi berdarah juga bisa menjadi tanda atau indikasi dari penyakit radang gusi atau yang lebih dikenal dengan sebutan gingivitis.

Biasanya radang gusi bisa disebabkan dari plak yang menumpuk pada gigi dengan posisi plak yang juga menempel dengan gusi.

Ketika kamu mengalami radang gusi, gusi bisa saja berdarah walaupun kamu sudah mencoba untuk menyikat gigi secara perlahan. Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk dapat mengetahui apakah gusi kamu mengalami peradangan.

Biasanya, jika gusi mengalami peradangan, maka warna gusi yang merah muda akan terlihat menjadi lebih kemerahan dan gusi mulai terlihat membengkak sampai mengganggu kenyamanan mulut.