Klinik Gigi SATU Dental

Apa Perbedaan Veneer Gigi dan Bleaching Gigi, Mana yang Lebih Baik

Apa Perbedaan Veneer dan Bleaching Gigi, Mana yang Lebih Baik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apakah kamu ingin memiliki gigi cerah? Jika iya, maka sebaiknya kamu dapat membaca artikel berikut ini terlebih dahulu. Terdapat beberapa jenis cara memutihkan gigi yang dapat dilakukan, baik dengan menggunakan bahan alami hingga sederet produk pemutih gigi. 

 

Namun, untuk dapat menghasilkan gigi cerah yang maksimal, diperlukan prosedur perawatan yang tentunya aman dan dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tindakan perawatan di klinik gigi. Sebab, kamu akan mendapatkan penanganan langsung dari dokter gigi.


Ada beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi, di antaranya, yaitu bleaching gigi dan veneer gigi. Keduanya merupakan prosedur yang dapat ditempuh untuk mendapatkan warna gigi lebih cerah. Meski tampak serupa, tetapi sejatinya kedua jenis perawatan ini memiliki perbedaan, lho. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Table of Contents

Pengertian Bleaching Gigi

Salah satu prosedur cara memutihkan gigi yang paling populer adalah bleaching gigi. Metode perawatan gigi yang satu ini dapat meningkatkan estetika atau penampilan gigi dengan cara membuat gigi menjadi lebih putih dari sebelumnya. Hal ini tentu bermanfaat pada kondisi warna gigi yang telah berubah akibat berbagai penyebab, seperti noda dari kopi atau tembakau, cedera, konsumsi antibiotik tetrasiklin, atau kadar fluoride yang tinggi saat gigi sedang berkembang, dan lain-lain.

 

Anda dapat memerlukan prosedur ini untuk mendapatkan hasil gigi cerah. Dokter gigi akan mengoleskan cairan pada gusi untuk melindungi gusi dan jaringan lunak sekitar gigi dengan menggunakan gel pelindung. Selanjutnya, akan dioleskan bahan whitening sebanyak tiga kali pengolesan, dan setiap sesinya membutuhkan waktu 15 menit, lalu diamkan dengan cahaya khusus atau laser.

Manfaat Bleaching Gigi

Memiliki beragam manfaat, menjadikan metode bleaching gigi banyak diminati masyarakat. Adapun beragam manfaat tersebut di antaranya, yaitu sebagai berikut.

 

  1. Memperbaiki penampilan gigi
  2. Memutihkan gigi
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
  4. Mengatasi perubahan warna gigi

 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam, Penyebab dan Tips Mencegah Gigi Hitam

Prosedur Bleaching Gigi

Bleaching gigi merupakan salah satu cara memutihkan gigi yang terbilang efisien, aman, dan efektif untuk mencerahkan gigi. Tindakan bleaching dapat dilakukan dengan dokter gigi yang telah berpengalaman. Adapun prosedur yang dilalui saat melakukan bleaching gigi, yaitu sebagai berikut.

 

1. Konsultasi dengan dokter gigi

Sebelum melakukan prosedur  bleaching, dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menilai tingkat perubahan warna seperti apa yang dapat dihasilkan pada kondisi gigi tersebut.

 

2. Scaling atau pembersihan gigi

Selanjutnya, gigi akan melalui prosedur scaling agar gigi yang akan di-bleching terbebas dari karang gigi/kotoran makanan yang dapat mengganggu proses  bleaching gigi. Melalui proses ini, diharapkan gigi dapat menjadi lebih bersih dan dapat melalui proses  bleaching dengan maksimal.

 

3. Pengolesan gum barrier dan pemasangan cheek retractor

Kemudian, dokter gigi akan mengoleskan cairan pada gusi dengan menggunakan penghalang pelindung atau gel pelindung, untuk melindungi gusi dan jaringan lunak sekitar gigi.

 

4. Pengolesan bahan bleaching

Pada tahap ini, dilakukan pengolesan bahan  bleaching sebanyak tiga kali, dan setiap sesinya membutuhkan waktu 15 menit. Setelah mengoleskan bahan  bleaching, gigi lalu didiamkan dengan cahaya khusus atau laser. 


Baca juga: Harga Bleaching Gigi, Pengertian, Prosedur dan Cara Menjaga Kualitasnya

Pengertian Veneer Gigi

Apa itu veneer gigi? Veneer gigi merupakan prosedur menempelkan sejenis cangkang tipis bewarna gigi pada permukaan depan gigi. Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi masalah gigi patah atau rusak, gigi yang berubah warna, adanya rongga antargigi, gigi berbentuk tidak wajar atau runcing, ataupun ukuran gigi yang tidak sama.

 

Veneer gigi paling sering dibuat dari porselen atau resin komposit dan membutuhkan proses persiapan yang intensif. Proses veneer gigi biasanya waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan bleaching gigi, tetapi dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama. Sebelum veneer gigi dipasang, terlebih dahulu dokter gigi akan memilih bentuk dan ukuran veneer yang sesuai agar hasilnya dapat terlihat lebih natural.

 

Baca Juga: Prosedur Cabut Gigi Geraham, Biaya dan Manfaat Cabut Gigi Geraham

Manfaat Veneer GIgi

Tak hanya memutihkan gigi, veneer gigi juga memiliki banyak manfaat yang dapat mengatasi beragam kondisi gigi, antara lain sebagai berikut.

 

  1. Memperbaiki penampilan gigi
  2. Mencerahkan gigi
  3. Meningkatkan rasa percaya diri
  4. Membuat senyum menjadi lebih baik
  5. Membuat gigi menjadi lebih putih
  6. Mengatasi perubahan warna pada gigi
  7. Memperbaiki bentuk gigi
  8. Menutup celah antargigi
  9. Memperbaiki gigi yang patah


Baca juga: Biaya Veneer Gigi Paling Umum di Indonesia, Cek Sebelum Treatment!

Prosedur Veneer Gigi

1. Konsultasi dengan dokter gigi

Pada tahap ini, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terhadap gigi dan mulut pasien dengan rontgen panoramic.

 

2. Persiapan gigi

Selanjutnya, pasien akan diberikan anestesi lokal, sebab gigi pasien akan akan digerus terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan enamel gigi.

 

3. Pemilihan warna dan bentuk

Kemudian, dokter akan memilih bentuk dan ukuran veneer yang sesuai untuk menciptakan tampilan gigi yang harmonis dan alami.

 

4. Pemasangan sementara

Sebelum veneer permanen dibuat, dokter akan memasang veneer sementara.

 

5. Pemasangan veneer permanen

Veneer permanen kemudian akan ditempatkan pada permukaan gigi dengan menggunakan bahan semen khusus.

 

6. Penyesuaian akhir

Setelah itu, dokter akan menggunakan cahaya khusus (light-curing) untuk mengeraskan semen dan mengikat veneer secara permanen pada gigi.

 

Baca Juga: Apakah Veneer Gigi Bisa Dilepas? Ini Biaya dan Risikonya

Mana yang Lebih Tahan Lama, Bleaching GIgi atau Veneer Gigi?

Tidak ada perawatan pemutihan gigi yang bertahan selamanya. Namun, tentunya kamu dapat melakukan beragam cara untuk menjaga gigi cerah dan tetap bersinar selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

 

Agar lebih tahan lama, sebaiknya lakukan rutinitas perawatan yang rutin dan menggosok gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kurangi juga konsumsi kopi dan soda untuk mengurangi kemungkinan gigi menguning lebih cepat.

 

Tertarik untuk bleaching gigi ataupun veneer gigi? Keduanya prosedur perawatan gigi ini dapat dilakukan di Klinik Gigi SATU Dental. Klinik gigi ini memiliki tim dokter gigi yang berpengalaman dan terpercaya untuk menangani prosedur perawatan yang ingin kamu lakukan dengan kualitas yang terbaik 


Kunjungi klinik SATU Dental yang berlokasi di daerah Jakarta, Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang, dan Bekasi atau cek lokasi Klinik Gigi SATU Dental terdekat di sekitarmu. Gigi sehat dan kuat? Ya, di SATU Dental aja!

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental