Klinik Gigi SATU Dental

Harga Pasang Behel di Dokter Gigi dan Prosedurnya

Harga Pasang Behel di Dokter Gigi dan Prosedurnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pemasangan behel, juga dikenal sebagai perawatan ortodontik, adalah prosedur yang umum dilakukan oleh dokter gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata atau tidak teratur.

 

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang behel, penting untuk memahami prosedurnya dan faktor-faktor yang memengaruhi harga pemasangan behel di dokter gigi.

 

Klinik Gigi SATU Dental akan memberikan penjelasan mengenai prosedur pemasangan behel dan juga berapa harga pasang behel di dokter gigi. Temukan banyak informasi tentang harga pasang behel di dokter gigi dan prosedurnya di sini.

Table of Contents

Apa Itu Behel Gigi

Apa Itu Behel Gigi

Behel gigi atau kawat gigi adalah salah satu perawatan ortodontik yang bertujuan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata, gigi yang berjarak, dan gigi yang maju.

 

Dengan menggunakan behel, seseorang dapat memiliki struktur gigi yang ideal dan menarik secara estetis. Behel yang dipasang pada gigi akan memberikan tekanan, sehingga gigi dapat bergerak ke posisi yang diinginkan.

 

Saat ini, penggunaan behel untuk memperbaiki bentuk dan susunan gigi semakin populer di kalangan masyarakat. Tak hanya membantu merapikan gigi, behel gigi juga menjadi salah satu alat ‘estetika’ untuk menambah poin estetika seseorang.

 

Baca juga: Perubahan Wajah Setelah Pakai Behel

Harga Pasang Behel Gigi di Dokter Gigi Berdasarkan Jenisnya

Harga pemasangan behel di dokter gigi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi praktek, pengalaman dokter gigi, kompleksitas kasus ortodontik, dan jenis behel yang digunakan.

 

Behel memiliki banyak jenis dan kegunaannya masing-masing. Banyaknya jenis dan keunggulannya yang berbeda-beda tentunya juga mempengaruhi biayanya. Semakin banyak keunggulan yang diberikan, maka semakin mahal biaya yang dibutuhkan.

 

Berikut adalah kisaran harga pasang behel berdasarkan jenisnya:

1. Behel Konvensional

Behel konvensional, juga dikenal sebagai metal braces, adalah jenis behel yang banyak digunakan saat ini. Perawatan menggunakan behel konvensional biasanya memakan waktu sekitar 2 tahun.

 

Behel ini terbuat dari logam stainless steel dan dipasang dengan cara menempelkan kawat pada bagian depan gigi menggunakan semen khusus. Kawat ini kemudian dihubungkan menggunakan karet elastis.

 

Biaya pemasangan behel konvensional berkisar antara Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000.

2. Behel Lingual

Behel Lingual, juga dikenal sebagai Lingual Braces, merupakan jenis behel yang mirip dengan behel konvensional. Perbedaannya terletak pada posisi pemasangan behel itu sendiri. Jika behel konvensional ditempatkan di bagian depan gigi, behel Lingual ditempatkan di sisi dalam gigi bagian belakang.

 

Karena behel Lingual ditempatkan di sisi dalam, pengguna akan mengalami perubahan dalam artikulasi bicara. Pengguna behel Lingual juga mungkin mengalami rasa sakit pada lidah. Itulah mengapa lebih banyak yang menyarankan untuk menggunakan behel konvensional.

 

Meskipun ada risiko tersebut, penggunaan behel Lingual dianggap cukup efektif. Estimasi biaya untuk behel ini berkisar antara Rp22.000.000 hingga Rp35.000.000.

3. Behel Keramik

Behel keramik ini memiliki warna yang hampir sama dengan gigi, sehingga lebih tidak terlihat seperti sedang memakai behel. Keunggulan lainnya adalah warna behel yang bening memberikan kesan yang lebih menarik bagi pengguna.

 

Namun, meskipun memiliki keunggulan ini, behel keramik juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan, yaitu kawat giginya yang mudah berubah warna.

 

Selain itu, behel keramik juga memiliki kelemahan lain yakni sifatnya yang mudah rapuh dan pecah. Behel keramik memerlukan perawatan yang lebih lama dan pengguna perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya.

 

Biaya pemasangan behel keramik ini biasanya lebih mahal dan standarnya berkisar antara Rp25.000.000 hingga Rp50.000.000.

Baca juga: Behel Keramik: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

4. Invisalign

Behel Invisalign, juga dikenal sebagai behel transparan, memiliki penampilan yang transparan sehingga tidak mengganggu penampilan pengguna.

 

Selain tampilannya yang transparan, keunggulan lain dari behel Invisalign adalah kemampuannya untuk dipasang dan dicopot, sehingga lebih praktis dibandingkan dengan kebanyakan behel lainnya.

 

Karena keunggulannya ini, biaya pemasangan behel Invisalign tergolong mahal. Biayanya berkisar antara Rp13.000.000 hingga Rp21.000.000.

5. Alergi

Behel self ligating mirip dengan behel konvensional. Namun, terdapat perbedaan dalam tampilan antara keduanya. Behel konvensional menggunakan karet sebagai pengunci, sedangkan behel self ligating tidak memerlukan karet.

 

Behel self ligating memiliki sejumlah keunggulan, seperti pengguna sangat mudah untuk menyikat gigi meskipun sedang menggunakan behel. Selain itu, behel self ligating juga memungkinkan pengguna untuk tidak perlu mencabut gigi sebelum atau setelah pemasangan behel.

 

Behel self ligating memiliki harga yang cukup tinggi. Biaya pemasangan behel self ligating berkisar antara Rp25.000.000 hingga Rp40.000.000 atau bahkan lebih.

 

Perlu diingat bahwa harga pemasangan behel tersebut dapat bervariasi. Harga behel dapat lebih mahal atau bahkan lebih terjangkau tergantung pada dokter gigi yang dikunjungi. Standar harga dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dokter dan lokasi tempat prakteknya.

 

Baca juga: Behel Damon: Harga dan Keunggulan

Prosedur Pemasangan Behel Gigi

Prosedur Pemasangan Behel Gigi

Proses pemasangan behel melibatkan beberapa tahap yang dilakukan oleh dokter gigi atau ortodontis. Berikut adalah tahapan umum dalam prosedur pemasangan behel:

  • Konsultasi awal – Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan mulut serta melakukan evaluasi yang mendalam. Selama konsultasi ini, kam dapat berdiskusi tentang tujuan perawatan, pertanyaan yang mungkin kamu miliki, dan kemungkinan opsi perawatan lainnya.

  • Pencitraan – Setelah konsultasi awal, dokter gigi akan meminta pencitraan gigi, seperti foto rontgen, foto gigi, dan cetakan gigi. Pencitraan ini membantu dokter gigi dalam merencanakan perawatan ortodontik yang tepat untuk kamu.

  • Rencana perawatan – Berdasarkan evaluasi dan pencitraan, dokter gigi akan membuat rencana perawatan khusus untuk kebutuhan ortodontik. Rencana ini akan mencakup estimasi durasi perawatan dan jenis behel yang direkomendasikan.

  • Pemasangan behel – Setelah rencana perawatan disetujui, proses pemasangan behel akan dimulai. Pada tahap ini, dokter gigi akan membersihkan gigi dan menerapkan perekat pada permukaan gigi. Kemudian, kawat dan bracket behel akan dipasang secara hati-hati di gigi. 

  • Penyesuaian dan pemeliharaan berkala: Selama periode perawatan, kamu perlu mengunjungi dokter gigi secara berkala untuk penyesuaian behel. Dokter gigi akan mengatur kembali kawat behel dan bracket untuk memperbaiki pergerakan gigi yang diinginkan. Kunjungan rutin ini penting untuk memastikan perawatan ortodontik berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang diharapkan.

Biaya Kontrol Behel Gigi di Dokter Gigi

Kondisi behel juga dapat mempengaruhi besaran biaya kontrol. Saat ini, rata-rata dokter gigi menetapkan harga kontrol behel mulai dari Rp250.000 per kunjungan.

Beberapa dokter gigi juga seringkali menawarkan paket kontrol gigi untuk 5 hingga 10 kali kunjungan dengan harga yang lebih murah.

Perlu diingat bahwa besaran biaya kontrol behel tersebut dapat bervariasi, tergantung pada tingkat kompleksitas perawatan dan tempat pelayanan. Oleh karena itu, disarankan untuk menyediakan anggaran yang lebih tinggi dari perkiraan di atas sebagai langkah pencegahan jika terjadi penyesuaian tarif layanan.


Kunjungilah dokter gigi dan
klinik gigi SATU Dental untuk mendapatkan pemeriksaan dan pemasangan behel gigi terbaik. Kamu bisa mendapatkan harga pasang behel di dokter gigi dan prosedur terbaik dengan mengunjungi cabang Klinik Gigi SATU Dental yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Cibubur, Tangerang, dan juga Bekasi. Dapatkan pemasangan behel gigi terbaik datang ke klinik gigi profesional!

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental